Comscore Tracker

5 Pertimbangan Utama sebelum Memutuskan untuk Berbulan Madu

#IDNTimesLife Pasutri baru wajib tahu, nih!

Bulan madu merupakan sesuatu yang banyak dipilih oleh para pasangan setelah melangsungkan pernikahan. Memang bulan madu identik dengan liburan menyenangkan selepas legal dan sah menjadi pasangam suami istri.

Meski banyak diincar oleh banyak pasangan, namun memutuskan untuk berbulan madu bukan lah hal yang mudah. Perlu pertimbangan yang matang sebelum akhirnya memutuskan untuk berbulan madu bersama pasangan. Beberapa tips penting ini bisa jadi pertimbangan utama sebelum akhirnya memutuskan untuk berbulan madu.

1. Lokasi tujuan bulan madu

5 Pertimbangan Utama sebelum Memutuskan untuk Berbulan MaduIlustrasi berbulan madu (Unsplash/Wayan Parmana)

Lokasi menjadi pertimbangan utama yang perlu kamu perhatikan. Banyak orang yang salah dalam mempertimbangkan tujuan berbulan madu karena ketidaktahuannya.

Padahal lokasi bulan madu sangat berpengaruh terhadap banyak hal, dari mulai biaya, transportasi, hingga akomodasinya. Dengan begitu, maka persiapan untuk berbulan madu bisa lebih matang.

2. Budget yang dibutuhkan

5 Pertimbangan Utama sebelum Memutuskan untuk Berbulan Maduilustrasi uang di dalam dompet (Pexels/Karolina Grabowska)

Tentu saja pertimbangan yang tak akan terlewat dalam berbulan madu adalah mengenai soal budget yang dibutuhkan. Biaya yang dibutuhkan tentu saja menjadi pertimbangan utama sebelum akhirnya memutuskan untuk berangkat atau tidak.

Kamu tentu saja perlu memperhitungkan biaya terlebih dabulu dengan matang. Bila sekiranya cocok dan tak membebani kantong, maka tak masalah.

Baca Juga: 10 Ucapan Anniversary Bernuansa Islami untuk Pasutri, Tenteramkan Hati

3. Memastikan apakah kebutuhan primer rumah tangga sudah terpenuhi atau belum

5 Pertimbangan Utama sebelum Memutuskan untuk Berbulan Maduilustrasi pasangan tertawa (Pexels/Ketut Subiyanto)

Memasuki fase baru dalam berumah tangga, tentunya bukan lah sesuatu yang sepele. Ada banyak hal yang pada akhirnya harus diperhatikan dalam menyambut status baru sebagai suami istri.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mengenai kebutuhan primer yang perlu dipenuhi. Apabila sekiranya kebutuhan primer rumah tangga sudah terpenuhi, maka berbulan madu pun tak masalah. Namun, apabila justru sebaliknya, maka tentu saja sebaiknya pikirkan kembali untuk berbulan madu.

4. Rencana lain selain berbulan madu

5 Pertimbangan Utama sebelum Memutuskan untuk Berbulan MaduIlustrasi pasangan sedang berbisnis (Unsplash/Leon)

Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan setelah pernikahan. Kamu tentunya bisa mendiskusikan hal tersebut bersama dengan pasangan.

Selain melakukan rencana berbulan madu, kamu juga bisa mencoba rencana lain seperti membuka usaha bersama dan beragam rencana lainnya. Tentunya hal tersebut juga tergantung dengan kesepakatan antar pasangan.

5. Pertimbangan untuk tabungan jangka panjang

5 Pertimbangan Utama sebelum Memutuskan untuk Berbulan MaduIlustrasi buku tabungan (keyisathailand.com)

Bagi sebagian pasangan mungkin rencana jangka panjang sangat penting untuk kehidupan berumah tangga. Bahkan, tak jarang jika pasangan lebih mengutamakan kebutuhan masa depan daripada berbulan madu.

Tentunya dari pada terlalu sibuk untuk merencanakan bulan madu, kebanyakan pasangan akan cenderung memilih untuk menabung sebagai tabungan jangka panjang. Dengan demikian, maka kebutuhan masa depan tetap terjaga.

Tentunya apapun pertimbangan utama dari melakukan bulan madu, semuanya harus disesuaikan dengan kemampuan diri. Kalau kamu ingin tetap berbulan madu atau tidak?

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hubungan Suami-Istri Minim Drama

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya