Comscore Tracker

5 Tips Hadapi Kegelisahan Jelang Pernikahan, Jangan Berlebihan!

#IDNTimesLife Kegelisahan berlebihan tak baik, lho

Merencanakan pernikahan memang tidaklah mudah sebab ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Belum lagi dengan beberapa konflik yang sering kali mewarnai persiapan pernikahan.

Tak heran bila banyak pasangan yang mengalami kegelisahan menjelang hari pernikahannya. Jika kamu sedang berada dalam fase ini, maka atasi kegelisahan tersebut dengan beberapa hal berikut ini.

1. Berikan waktu untuk diri sendiri atau bersama pasangan tanpa membahas pernikahan

5 Tips Hadapi Kegelisahan Jelang Pernikahan, Jangan Berlebihan!ilustrasi pasangan (Unsplash/Milan Popovic)

Dibalik kerumitan persiapan pernikahan, tak ada salahnya bila kamu dan pasangan dapat saling memberikan waktu untuk rehat sejenak. Sisihkan waktu untuk melakukan beberapa kegiatan positif bersama pasangan untuk membuat otak lebih tenang. Namun, pastikan untuk tidak membahas hal-hal tentang pernikahan saat sedang bersama, ya.

2. Lakukan meditasi

5 Tips Hadapi Kegelisahan Jelang Pernikahan, Jangan Berlebihan!ilustrasi meditasi (Pexels/Andrea Piacquadio)

Tak ada salahnya bila kamu melakukan meditasi untuk memberikan dampak positif pada kesehatan mentalmu. Meditasi dapat dilakukan pada pagi atau sore hari dalam keadaan tubuh yang rileks. Cara ini dapat membantu meredakan stres sejenak dari beban pikiran tentang pernikahan.

3. Ketidaksempurnaan dalam pernikahan adalah hal yang wajar

5 Tips Hadapi Kegelisahan Jelang Pernikahan, Jangan Berlebihan!ilustrasi pesta pernikahan (Pexels/Rene Asmussen)

Menuntut kesempurnaan dalam suatu acara pernikahan adalah hal yang sulit karena memang melibatkan banyak orang. Ketidaksempurnaan adalah hal yang sangat wajar selama tidak merugikan banyak orang dan membuat acara tetap berjalan lancar. Dengan pola pikir yang seperti ini, maka kamu tak perlu khawatir tentang persiapan pernikahan.

Baca Juga: Ganggu Hubungan, 5 Hal Ini Bisa Muncul Jelang Pernikahan

4. Membagi tanggung jawab

5 Tips Hadapi Kegelisahan Jelang Pernikahan, Jangan Berlebihan!ilustrasi bridal party (Pexels/Jonathan Borba)

Persiapan pernikahan bukan hanya menjadi tanggunganmu bersama pasangan. Kamu dapat meminta pihak keluarga untuk turut membantu. Cara ini akan sangat membantu dalam membagi tanggung jawab yang ada sehingga tak akan memberatkanmu bersama pasangan.

5. Atur pola tidur dan makan

5 Tips Hadapi Kegelisahan Jelang Pernikahan, Jangan Berlebihan!ilustrasi orang malas (Unsplash/Adrian Swancar)

Kunci utama dalam mengatasi kegelisahaan adalah dengan mengatur pola tidur dan makan dengan tepat. Cara ini akan tetap membuat tubuh menjadi bugar. Kesalahan dalam mengatur pola tidur dan makan dapat berpotensi membuat mood menjadi tak stabil sehingga mudah stres dan merasa gelisah.

Merasa gelisah jelang pernikahan memang merupakan hal yang sangat wajar. Namun jangan sampai justru mengambil alih fokus, ya. Semoga lancar sampai hari H!

Baca Juga: 5 Hal yang Dirasa Sepele Namun Bisa Datangkan Kegelisahan dalam Diri

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya