Comscore Tracker

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan LDR

#IDNTimesLife Selesaikan masalah dengan bijak, ya

Hubungan percintaan tak akan selamanya berjalan mulus tanpa hambatan. Tak jarang banyak pasangan yang bertengkar meskipun telah lama bersama. Hal serupa juga tentunya pasti pernah dirasakan oleh para pasangan yang melakukan hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR).

Meskipun sama-sama berisiko untuk sering bertengkar, namun ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika bertengkar. Alasannya adalah karena beberapa tipe pertengkaran dalam hubungan LDR sangat berisiko membuat hubungan jadi bubar. Beberapa tindakan berikut ini tak boleh kamu lakukan saat bertengkar dengan pasangan yang sedang LDR.

1. Merembet ke masalah lain

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan LDRilustrasi orang sedang menelepon (Pexels.com/Breakingpic)

Menjalani hubungan jarak jauh memang bukan lah hal yang mudah, apalagi dengan komunikasi yang seadanya atau bahkan dengan perbedaan waktu yang jauh. Kadang kala ketika emosi menguasai, justru hanya amarah yang mendominasi diri. Jika sudah begitu, maka kamu dan pasangan pun jadi lebih mudah cek cok.

Hal ini kemudian akan cenderung membuat pasangan cenderung mengungkit kembali masalah yang telah lampau. Padahal pada dasarnya hal tersebut justru tak akan menyelesaikan masalah apa pun. Salah-salah, hubunganmu dengannya pun bisa bubar.

2. Bersikap egois memutuskan kontak sepihak

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan LDRilustrasi orang sedang video call (Pexels.com/Artem Podrez)

Komunikasi jarak jauh tentu berbeda ketika berkomunikasi dengan pasangan yang jaraknya berdekatan. Pentingnya komunikasi akan membangun chemistry dan keeratan bagi satu sama lain. Selain itu, komunikasi yang buruk juga akan membuat masalah dengan pasangan tak akan membaik.

Jika kamu sering memutuskan kontak secara sepihak, hal tersebut sangat terkesan egois. Berikan ruang untuk tetap saling berkomunikasi agar kamu dan pasangan bisa menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan. Hindari memutuskan kontak secara sepihak karena justru akan membuatmu tampak pengecut dalam menyelesaikan masalah.

3. Membiarkan masalah berlarut-larut

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan LDRilustrasi orang sedih (Pexels.com/Andrew Neel)

Dengan jarak yang membentang sudah tentu akan membuatmu dan pasangan bisa saja mengulur waktu untuk berbaikan. Butuh waktu sebentar untuk berpikir tentu boleh saja, namun terlalu mengulur waktu justru hanya akan membuat masalah semakin menjadi-jadi. Kamu dan pasangan tak bisa terus-terusan mengulur waktu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Jika sudah sudah terlalu lama mengulur, hubungan pun jadi sulit diperbaiki. Kamu dan pasangan pun jadi terbiasa lari dari masalah sehingga takut dalam memperbaikinya. Tipe pasangan yang seperti ini justru tampak kekanak-kanakan.

Baca Juga: 5 Hal Berat dalam Hubungan yang Harus Kamu Alami saat LDR

4. Menceritakan semuanya pada orang lain yang tak ada hubungannya

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan LDRilustrasi orang sedang mengobrol (Pexels.com/Keira Burton)

Pada saat seperti itu memang kamu pasti membutuhkan orang untuk bercerita, meskipun kadang kala orang tersebut tak ada hubungannya sama sekali. Mencari jalan alternatif untuk bercerita dimaksudkan agar suasana hati menjadi lebih tenang dan tidak khawatir memikirkannya. Meski hal tersebut faktanya tak bisa menjadi solusi terbaik untuk dicoba.

Sebaiknya kamu dapat mencoba berkomunikasi terlebih dahulu dengan pasangan untuk saling mendengarkan dari sisi satu sama lain. Jika hanya bercerita lewat versimu, mungkin saja keliru dan membuat orang lain salah menilai. Kamu dan pasangan dikhawatirkan akan semakin sulit memercayai satu sama lain.

5. Menyalahkan jarak sebagai alasan

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan LDRilustrasi orang sedang marah (Pexels.com/Alex Green)

Rasa khawatir dan amarah pada saat pertengkaran biasanya akan memicu seseorang untuk mencari objek untuk disalahkan. Nantinya jarak lagi-lagi akan dijadikan alasan dari semua masalah ini. Kamu dan pasangan pun jadi cenderung meluapkan hal-hal yang semestinya tak perlu dibawa-bawa.

Padahal, ketidakmampuan dalam berkomunikasi dan saling mengerti adalah kunci dari permasalahan tersebut bisa terjadi. Jika sudah seperti ini, hubungan jarak jauhmu tak akan bisa diselamatkan kembali. 

Meskipun bertengkar adalah bumbu dalam hubungan, namun pertengkaran untuk pasangan jarak jauh bisa berdampak buruk bila melakukan hal-hal seperti yang di atas. Selesaikan dengan kepala dingin agar semua masalah dapat selesai, ya!

Baca Juga: Bikin Hati Remuk, 10 Chat Pacaran LDR Ini Kasihan Banget

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya