Comscore Tracker

Cara Simpel Sembuhkan Luka Hati, Dijamin Gak Baper!

"Lalu mau sampai kapan kamu harus bersembunyi dibalik bingkai senyum?"

Mungkin selama ini banyak orang mengira kamu bahagia. Bahkan sebagian besar orang berkata, “Ah, orang seperti kamu sih nggak pernah punya masalah”.

Akan tetapi siapa yang tahu isi hati seseorang? Di tengah keramaian bisa saja kamu tertawa bergembira, tapi saat kamu sendiri tangismu pecah begitu saja.

Hei, sudah! Hentikan saja! Pura-pura bahagia itu capek, tahu? Lebih baik kamu bahagia beneran deh. Gak pakai pura-pura! Mau bahagia tanpa pura-pura? Ikuti langkah berikut ini yuk!

1. Hey, tidak usah malu. Jangan ingkari lagi, akui saja!

Cara Simpel Sembuhkan Luka Hati, Dijamin Gak Baper!netralnews.com

Percaya atau tidak, mengakui adalah hal pertama yang harus kamu lakukan jika kamu ingin sakit yang ada di hatimu hilang. Apa yang harus kamu akui? Hmm, banyak hal.

Akui saja jika kamu sakit hati. Akui hal yang sudah terjadi padamu. Akui dan terima saja kalau kamu sedang mengalami hal itu. Dengan mengakui hal itu, sebenarnya kamu sudah mengalahkan egomu sendiri lho.

2. Banyak faktor penyebabnya, tapi coba deh cari tahu pangkal alasan dari sakit hatimu!

Cara Simpel Sembuhkan Luka Hati, Dijamin Gak Baper!theodysseyonline.com

Setelah kamu mengakui apa yang sedang kamu rasakan, kamu pun bisa memikirkan apa yang sebenarnya terjadi dan apa penyebab dari masalahmu. Ini penting! Kenapa? Bagaimana kita bisa mencari dan menemukan sebuah solusi jika masalahnya saja tidak terdeteksi?

Nah, cari tahu penyebab sakit hatimu ya.

3. Sering galau atau bimbang? Carilah kedamaian hati dengan memaafkan

Cara Simpel Sembuhkan Luka Hati, Dijamin Gak Baper!Pinterest.com/nadyn.bz

Kalau kamu sudah bisa menemukan apa masalah yang sedang kamui hadapi, langkah selanjutnya adalah memaafkan. Dalam hal ini tidak hanya orang-orang yang menjadi penyebab sakit hatim, tapi juga dirimu sendiri.

Diri sendiri? Rasanya kurang masuk akal ya memaafkan diri sendiri. Namun pada kenyataannya memaafkan diri sendiri itu sangat sangat penting untuk menyembuhkan sakit hati.

Maafkan diri sendiri karena sudah melakukan kesalahan. Memaafkan diri sendiri artinya kamu berdamai dengan diri sendiri dan kenyataan yang terjadi dalam hidupmu. Lagi-lagi musuh sebenarnya yang sedang kamu hadapi adalah dirimu sendiri.

4. Kamu butuh perubahan, ubahlah cara pandangmu dalam menghadapi masalah

Cara Simpel Sembuhkan Luka Hati, Dijamin Gak Baper!photonews.mn

Jika hatimu sudah cukup damai, ubahlah cara pandangmu terhadap masalah yang sedang menimpamu. Ada banyak hal yang mungkin luput dari pemikiranmu hanya karena sudut pandangmu selama ini sama.

Cobalah untuk berpikir dengan sudut pandang yang berbeda. Kamu akan melihat berbagai kemungkinan yang selama ini bahkan tidak terbesit di pikiranmu.

5. Percuma banyak mikir, jika tidak ada tindakan nyata!

Cara Simpel Sembuhkan Luka Hati, Dijamin Gak Baper!Pinterest.com

Jika kamu sudah bisa mengubah cara hidup, kamu pasti bisa mengubah cara hidupmu. Ubah ke arah yang positif ya.

Cara hidupmu yang baru seharusnya bisa memperbaiki keadaan yang sedang menimpamu. Atau paling tidak menjauhkan dirimu dari masalah yang sedang kamu hadapi. Berusahalah menemukan solusi.

6. Hargai dan cintai dirimu sendiri dengan tetap menjadi diri sendiri

Cara Simpel Sembuhkan Luka Hati, Dijamin Gak Baper!videoblocks.com

Meski cara hidupmu sudah berubah, jangan lupa siapa jati dirimu. Jangan pernah menjadi orang lain karena itu tidak akan bertahan lama. Cintai dirimu sendiri. Bahwasannya kamu itu berarti dan berharga. Jika kamu bahkan tidak bisa mencintai dirimu sendiri, maka bagaimana dengan orang lain?

Well, langkah di atas mungkin terlihat gampang. Akan tetapi tidak semudah itu saat dipraktekan. Hal yang paling berat yang harus kamu hadapi adalah kamu harus melawan dirimu sendiri. Karena musuh terbesar yang harus kamu lawan adalah dirimu sendiri.

Tri Istiyani Photo Writer Tri Istiyani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya