Comscore Tracker

Bahaya Jika Dilanjutkan, Ini 6 Langkah Pasti Move On dari Selingkuhan

Kasihan pacarmu yang sudah setia...

Tidak ada yang mau diselingkuhi di dunia ini. Tapi bagaimana jika selingkuh? Apakah semua orang berhasil melakukannya? Ternyata, tidak juga. Ada sejumlah alasan mengapa seseorang bisa selingkuh dari pasangannya. Entah karena disengaja atau tidak disengaja. Sampai suatu saat, seseorang tersadar kalau itu bukan hal yang baik dan ingin segera kembali ke pasangannya.

Kamu sudah selingkuh dan ingin "tobat"? Yuk, simak langkah pasti move on dari selingkuhan berikut ini!

1. Hilangkan rasa rindu padanya dengan menjauhi tatap muka & menghapus semua kontaknya. Sebaliknya, lampiaskan itu pada pasangan

Bahaya Jika Dilanjutkan, Ini 6 Langkah Pasti Move On dari SelingkuhanPexels/bruce mars

Gak ada cara lain untuk move on selain menjauhi tatap muka dan memutus kontak. Pada mulanya, proses ini pasti susah. Bayangan kemesraan kalian selalu muncul setiap saat. Kangen akan membuatmu tersiksa. Tapi, memang inilah risikonya. Hadapilah dan teguhkan hati untuk tidak bertemu dan menghubunginya.

Kalau perlu, hapus semua kontaknya. Unfollow juga semua media sosialnya. Mungkin ini terdengar kekanak-kanakan. Tapi kalau itu caranya kamu bisa melupakan, kenapa tidak? Apa gunanya putus tapi masih bisa melihat semua update darinya, lalu rindu lagi? Apa faedahnya masih bisa menghubunginya untuk hal-hal kecil karena kontaknya masih bersemayam di ponsel?

2. Terdengar awkward, tapi kamu harus meminta dukungan dari semua orang. Tak terkecuali dari pasanganmu sendiri

Bahaya Jika Dilanjutkan, Ini 6 Langkah Pasti Move On dari SelingkuhanPexels/Sleepi Alleyne

Sama seperti masalah-masalah lainnya, perkara move on dari selingkuhan juga perlu dukungan semua pihak. Dengan meminta dukungan mereka, secara tidak langsung kamu akan mendapatkan tekanan sosial agar tidak mencintainya lagi. Mulai dari diingatkan, dijauhkan saat hampir bertemu, sampai merekatkan hubungan lagi dengan pasangan.

Meski terasa aneh, namun lebih baik jujur pada pasangan sejak awal. Ketimbang pasangan tahu belakangan, namun masalahnya lebih rumit. Katakan jika kamu sudah memutuskan selingkuhan dan hendak menjalin hubungan yang lebih kokoh dengan pacar. Di masa-masa sulit ini, kalian bisa meningkatkan komunikasi, memberi kata-kata motivasi, dan jangan mengabaikan satu sama lain.

3. Jika perlu, kirim pesan terakhir padanya yang bernada ingin mengakhiri hubungan. Setelah itu, mulailah tegas pada diri sendiri

Bahaya Jika Dilanjutkan, Ini 6 Langkah Pasti Move On dari SelingkuhanPexels/Giftpundits.com

Agak kejam, sih. Tapi kalau tidak begini, kapan kamu akan bersikap tegas? Kalau permisif terus, rencana move on niscaya sebatas wacana saja. Setelah mengirimkan pesan kalau kamu ingin mengakhiri hubungan, segera menghilanglah. Respons darinya mungkin saja akan mati-matian menghubungi. Jangan ditanggapi atau blok bila perlu.

Apa yang kamu lakukan tadi adalah tanda jelas kalau keputusanmu tidak main-main. Kamu sudah sepenuhnya berkomitmen atas apa yang kamu katakan. Sebaiknya, ia pun bisa menerima apalagi kalau sedari awal tahu hubungannya itu terlarang.

Baca Juga: Pacar Kamu Selingkuh, Ini Cara Elegan untuk Bikin Dia Menyesal

4. Jangan terpancing ajakan jadi sahabat atau saudara-saudaraan. Percayalah, itu hanya taktiknya untuk menggodamu lagi!

Bahaya Jika Dilanjutkan, Ini 6 Langkah Pasti Move On dari SelingkuhanPexels/rawpixel.com

Memang, putus dan jadi sahabat sampai tua itu gambaran yang indah. Sayangnya, gak semua putus bisa seperti itu. Termasuk dengan selingkuhan. Alih-alih bisa menghentikan perasaan padanya secara permanen, yang ada kamu kembali lagi lantaran keakraban yang tidak bisa diduplikasi dengan orang lain.

Ingin jadi saudara atau kakak-adik? Kamu sudah punya saudara sendiri! Kamu juga pasangan yang baiknya bak keluarga. Kenapa harus mengiyakan? Hati-hati, ini cuma taktik dari selingkuhanmu!

5. Selidiki lagi alasan selingkuhmu dulu. Kalau tidak mengobati akar masalahnya, percuma juga kamu putus dari selingkuhanmu

Bahaya Jika Dilanjutkan, Ini 6 Langkah Pasti Move On dari SelingkuhanPexels/Sameel Hassen

Ada macam-macam alasan seseorang selingkuh. Ada yang ingin balas dendam lantaran pernah diselingkuhi, menyiapkan cadangan jika hubungan sudah terasa hambar, punya keyakinan kalau pacar bukanlah sosok yang tepat, hubungan stagnan, hingga ketidakmungkinan menjalani tahap yang lebih serius.

Apa pun itu, cari akar masalahnya. Diskusikan dengan pasangan dan temukan solusi bersama. Kalau akarnya saja sudah dibasmi, niscaya momen-momen kecil penggoda hubungan tidak akan muncul lagi. Kalau tidak begitu, masalah yang sama akan muncul dan pelampiasanmu pun jatuh ke selingkuh lagi.

6. Ambil cuti dari kantor dan biarkan dirimu menikmati liburan di tempat yang tak satu pun mengenalmu. Jauhi sinyal & nikmati perjalanan

Bahaya Jika Dilanjutkan, Ini 6 Langkah Pasti Move On dari SelingkuhanPexels/Vincent Gerbouin

Ambil cuti kira-kira seminggu ke tempat yang sangat asing. Tempat di mana tidak ada yang mengenalmu dan sinyalnya tidak terlalu apik. Kamu bisa melakukannya sendiri jika tujuanmu sekedar menghapus bayangannya. Atau kamu bisa berdua dengan pasangan jika sekaligus ingin meningkatkan kualitas hubungan.

Selama di tempat liburan, kamu dan pacar akan terlatih bekerjasama dalam keterbatasan dan lingkungan yang tidak diakrabi. Bahkan ini sudah dimulai semenjak kalian masih merencanakan liburan bersama. Asyik, bukan?

Itu dia langkah pasti move on dari selingkuhan. Percayalah, kamu bisa menjalani ini semua. Kembali ke pasangan yang sudah pasti setia, baik, dan menyayangi pasti lebih indah. Kalau selama ini dia berbuat kesalahan yang menyebabkanmu selingkuh, pahami dan diskusikan lagi. Siapa tahu, kalian hanya salah paham.

Baca Juga: Anti Selingkuh, 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Setia pada Pasangannya

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya