Comscore Tracker

5 Tips Pacaran untuk Kamu yang Baru Menjalin Hubungan di Usia 30an

Tidak pernah ada kata terlambat kok!

Siapa bilang usia 30 adalah usia yang sangat terlambat untuk memulai hubungan? Tidak kok, tak pernah ada patokan kapan orang baru boleh terakhir pacaran. Dan tidak ada yang tahu juga kapan jodoh akan datang. Bisa jadi besok, bisa jadi saat kamu berusia 35 tahun.

Nah karena usia kamu yang sudah matang, tentu gaya pacaran di usia ini akan lebih dewasa dari yang masih menjalin hubungan di usia 20an. Tentu menjalin hubungan di usia 30an, gol yang jelas terlihat adalah hubungan ini serius sampai ke jenjang pernikahan. Berikut beberapa tips pacaran yang bisa kamu jadikan pegangan saat baru menjalin hubungan di usia 30an!

1. Ketahuilah apa yang kamu mau sebelum mantap menjalin hubungan tersebut

5 Tips Pacaran untuk Kamu yang Baru Menjalin Hubungan di Usia 30anunsplash.com/Giorgio Trovato

Ketika masih berusia 20an, kriteria pacar yang kamu inginkan adalah orang yang bisa memperhatikan kamu kapan pun dan di mana pun. Namun ketika sudah menginjak usia 30an, kriteria pacar yang kamu butuhkan adalah orang yang bisa diajak berdiskusi.

Jadi di masa PDKT, kamu sudah tahu apa yang kamu butuhkan dalam menjalin hubungan ini. Kamu tahu hal apa yang membuat kamu bahagia, sifat apa yang tidak cocok denganmu. Diskusikan ini semua dengan pikiran yang terbuka. Jika memang dia adalah orang yang kamu inginkan untuk bersamamu, tak ada salahnya untuk saling berkompromi satu sama lain.

2. Jangan pasang 'pelindung' dirimu terlalu tinggi

5 Tips Pacaran untuk Kamu yang Baru Menjalin Hubungan di Usia 30anunsplash.com/Jonathan Rados

Bisa jadi sebelum kamu menjalin hubungan lagi di usia 30an, kamu sudah pernah mengalami sakit hati dalam hubungan sebelumnya. Rasa sakit hati yang mendalam ini membuat kamu memasang 'pelindung' tinggi, supaya kamu tak perlu mengulanginya lagi.

Namun saat berusia 30 dan ada orang yang mendekatimu, janganlah kamu tolak mentah-mentah. Terimalah dia apa adanya, jadilah sahabat dulu. Jika memang kamu tak nyaman dengan caranya yang terang-terangan, diskusikan saja kalau kamu memang mau memulai menjalin hubungan ini dengan perlahan. Kalau dia jodohmu, dia pasti bertahan dan mendampingimu kok.

3. Fokuslah pada hubungan yang bersenang-senang

5 Tips Pacaran untuk Kamu yang Baru Menjalin Hubungan di Usia 30anunsplash.com/Hian Oliveira

Sudah bukan di usianya, kamu perlu menahan diri agar hubungan pacaran di usia 30an ini kelihatan seperti relationship goals. Sudah bukan usianya, membohongi diri soal jati dirimu yang sebenarnya. Justru di usia ini, kamu harus bisa melepaskan ekspektasi hubungan yang dilihat bahagia itu seperti apa.

Lebih fokuskan diri pada bersenang-senang sambil mengenal orang yang menjadi pasanganmu ini. Lagipula, apa gunanya menjalin hubungan di usia berapa pun jika kamu tidak bisa bersenang-senang? Hubungan yang bahagia itu tidak membuat depresi, tapi justru mendatangkan kegembiraan, tawa, dan cinta, baik di usia kamu 21 tahun ataupun 37 tahun.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Hubunganmu Bagai 'Pacaran Tapi Kayak Gak Pacaran'

4. Komunikasi dan rasa saling percaya adalah kunci

5 Tips Pacaran untuk Kamu yang Baru Menjalin Hubungan di Usia 30anunsplash.com/Matt W Newman

Kunci hubungan yang bahagia adalah komunikasi yang baik serta rasa saling percaya satu sama lain. Ketika kamu menjalin hubungan di usia 30an, kamu harus bisa saling membicarakan apa pun itu dengan terbuka dan jujur pada pasanganmu.

Begitu juga saat bertengkar. Jangan diam-diaman seperti layaknya anak kecil, justru kamu harus saling berbicara apa solusinya dan apa yang bisa kamu lakukan untuk hubungan yang lebih baik lagi. Banyak quality time dan mengenal pasanganmu, akan menjamin hubungan ini bertahan sampai jenjang pernikahan.

5. Jangan buang waktu, percayakan pada instingmu

5 Tips Pacaran untuk Kamu yang Baru Menjalin Hubungan di Usia 30anunsplash.com/Devone Divine

Jika memang tidak cocok, jangan buang waktumu dan mencoba untuk bertahan. Hubungan yang didasarkan ini semua punya akhir yang sama, salah satu dari kalian akan merasakan sakit hati yang mendalam.

Percayakan pada instingmu juga. Jika memang kamu melihat dia tidak nyaman dengan hal-hal yang kamu sukai, lebih baik akhiri saja. Hidupmu terlalu singkat untuk dihabiskan dengan orang yang tak bisa membuat kamu jadi 'kamu' yang lebih baik lagi.

Siapa pun berhak menjalin hubungan pacaran yang bahagia, termasuk kamu yang sudah memasuki usia 30an. Lagipula, usia itu hanyalah angka bukan? Jadi jangan terlalu dipikirkan model hubungan bahagia itu harusnya gimana, tapi ciptakan sendiri hubungan bahagia versimu dan pasangan.

Baca Juga: Belum Pernah Pacaran dan Pengen Pacaran? Pahami Dulu 8 Konsekuensi Ini

Winnie Hw Photo Verified Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya