Comscore Tracker

7 Tips Sederhana agar Hubungan LDR Kamu Awet dan Berharga

Bukan soal jarak, yang terpenting adalah komitmen

Ngomong-ngomong tentang hubungan jarak jauh atau LDR, tidak semua orang bisa dengan cepat terbiasa melakoninya. Apalagi kalau kamu sudah berpacaran hingga bertahun-tahun sejak zaman sekolah. Awalnya pasti akan sangat berat untuk menjalaninya.

Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa hubungan LDR akan lebih sulit ketimbang hubungan jarak dekat. Memang benar adanya. Namun, bukan berarti hubungan LDR pasti akan kandas. Berikut tujuh tips yang perlu kamu lakukan agar jarak tidak mengganggu hubungan LDR dengan pasangan.

1. Perhatikan emosi dengan baik

7 Tips Sederhana agar Hubungan LDR Kamu Awet dan Berhargailustrasi mengelola emosi (unsplash.com/carolineveronez)

Emosi negatif seperti sedih, marah, atau cemas sangat berpengaruh dalam hubungan. Jauh dari pasangan mungkin adalah tantangan yang bisa membuat kamu tertekan. Maka dari itu, jadilah orang yang pandai mengelola emosi kalau kamu ingin memiliki hubungan yang awet dengan pasangan.

Usahakan agar emosi negatif yang kamu rasakan saat sedang tertimpa masalah tidak membuat pasangan terkena imbasnya dengan menjadi bahan pelampiasan disaat kamu sedih atau marah.

2. Lihat kondisi pasangan ketika kamu ingin curhat

7 Tips Sederhana agar Hubungan LDR Kamu Awet dan Berhargailustrasi wanita sedang bersedih (unsplash.com/anthonytran)

Pahami situasi dan kondisi pasangan. Ketika kamu mengetahui pasangan sedang dalam masalah, tahan diri untuk menceritakan masalah. Ini bukan saat tepat untuk curhat.

Ambil jeda, tunggu kondisi pasangan membaik. Kamu harus pandai memilih waktu yang tepat. Bisa juga bercerita ke sahabat lebih dulu. Hal ini agar pasanganmu tidak terbebani dengan masalah yang kamu hadapi.

3. Sadari bahwa jarak bukan fokus utama sebuah hubungan 

7 Tips Sederhana agar Hubungan LDR Kamu Awet dan Berhargailustrasi hubungan LDR (unsplash.com/hollowaykryan)

Salah satu tantangan para pejuang LDR adalah jarak yang memisahkan. Bisa jadi kamu tinggal di kota atau bahkan negara yang berbeda dengan pasangan. Ada kalanya mungkin kamu berpikir kalau hubungan kalian tidak akan bertahan lama karena jarang bertemu.

Padahal, faktor terpenting awetnya hubungan bukan dari sesering apa kalian bertemu melainkan komitmen dari pasangan itu sendiri. Kalau sudah sama-sama komitmen, lama-lama kamu pasti terbiasa dengan hubungan jarak jauh.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Pernah Ragu untuk Menjalani Hubungan meski LDR

4. Selalu bersikap dan memandang positif hubungan LDR

7 Tips Sederhana agar Hubungan LDR Kamu Awet dan Berhargailustrasi pria sedang tersenyum (unsplash.com/leirenestrong)

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada saja orang yang berkomentar negatif tentang hubungan kalian. Apalagi kalau jarak kamu dengan pasangan relatif jauh. Akan sangat mungkin kamu akan terpengaruh omongan negatif orang lain.

Maka dari itu, kamu harus optimis memperjuangkan hubungan kamu itu dengan percaya pada proses LDR yang sedang kamu jalani. Asal kamu menemukan orang yang tepat, maka jarak tidak akan menjadi masalah.

5. Kirim hadiah spesial untuk pasangan 

7 Tips Sederhana agar Hubungan LDR Kamu Awet dan Berhargailustrasi kotak hadiah (unsplash.com/jl1232006)

Menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan bukanlah alasan bagi kamu untuk tidak bisa romantis dengannya. Kamu tetap bisa bersikap romantis dengan mengirimkan hadiah yang disukai oleh pasanganmu.

Tidak perlu hadiah mahal, pasanganmu pasti akan tetap menghargai pemberianmu apapun jenisnya. Dengan saling melakukan tindakan sederhana, chemistry kalian akan semakin terjaga.

6. Sempatkan waktu untuk  bertemu langsung dengan pasangan

7 Tips Sederhana agar Hubungan LDR Kamu Awet dan Berhargailustrasi bertemu dengan pasangan (unsplash.com/anestislove)

Ketika sedang menjalani LDR, memang sulit untuk menyempatkan waktu untuk bertemu. Bukan hanya soal jarak, tapi juga waktu yang pas. Padatnya pekerjaan adalah sebab pasangan sulit mendapat kesempatan untuk saling bertemu secara langsung.

Mengunjungi pasangan sangat disarankan ketika kamu sedang berhubungan LDR dengannya. Walau kamu hanya bisa bertemu sekali dalam setahun, itu sudah cukup untuk mempererat hubungan kalian berdua sebagai pasangan.

7. Simpan hadiah pemberian pasangan sebaik mungkin 

7 Tips Sederhana agar Hubungan LDR Kamu Awet dan Berhargailustrasi wanita menerima hadiah (unsplash.com/kadh)

Simpanlah hadiah pemberian dari pasanganmu agar kamu bisa lebih menghargainya. Hadiah pemberian itu juga bisa membantu kamu untuk mengatasi kerinduan dengannya selama menjalani hubungan LDR. Maka dari itu, jagalah barang pemberian pasanganmu sebaik mungkin karena pemberiannya sangat berharga.

Awetnya hubungan sebenarnya bukan karena faktor jarak yang memisahkan, melainkan komitmen dari pasangan yang menjalani hubungan itu sendiri. Kalau kamu dan pasangan merasa cocok dan berpandangan positif terhadap satu sama lain, maka percayalah hubungan kalian akan baik-baik saja. Bukan tidak mungkin hubungan kalian berjalan sampai ke jenjang pernikahan.

Yuda Pratama Mukti Photo Verified Writer Yuda Pratama Mukti

Introvert and The Bathroom Singer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya