Comscore Tracker

5 Pola Pikir Toksik yang Harus Kamu Singkirkan agar Mentalmu Sehat

Ingat baik-baik, ya!

Pola pikir toksik sering muncul akibat dari trauma, kegagalan, maupun masalah yang gak kamu selesaikan di masa lalu. Pola pikir tersebut secara gak sadar menguasai dirimu dan membuatmu kerap menyakiti mentalmu sendiri. Sering dianggap sebagai usaha penyelamatan diri, nyatanya ada beberapa pola pikir yang tampak positif tetapi nyatanya membawa toksik. 

Agar kamu gak terjebak di pola pikir yang salah, berikut beberapa bocoran pola pikir toksik yang harus kamu singkirkan agar mentalmu senantiasa sehat. Apa saja ya kira-kira? Keep reading untuk menemukan jawabannya! 

1. Aku memang gak bisa dan gak punya bakat apa-apa

5 Pola Pikir Toksik yang Harus Kamu Singkirkan agar Mentalmu SehatIlustrasi wanita bersedih (pexels.com/Ron Lach)

Siapa nih yang sering minder waktu ditanya punya bakat apa oleh orang lain? Sering kebingungan harus menjawab apa, sebagian orang bahkan merasa dirinya gak punya bakat apapun. Padahal pada dasarnya setiap manusia yang lahir pasti setidaknya punya satu bakat yang bisa ia banggakan. 

Hanya saja, kita sebagai manusia sering merasa malas untuk menggali bakat yang kita punya. Kita sering merasa puas dengan apa yang kita miliki saat ini. Nah, pola pikir semacam ini perlu kamu singkirkan untuk mental dan kehidupan yang lebih baik, nih! 

2. Aku pasti ditinggalkan oleh orang lain dalam hidupku

5 Pola Pikir Toksik yang Harus Kamu Singkirkan agar Mentalmu SehatIlustrasi wanita bersedih (pexels.com/RODNAE Productions)

Pernah dikhianati oleh orang yang sangat kamu percaya biasanya membuatmu sulit menaruh rasa percaya kepada orang lain. Bahkan biasanya, kamu akan beranggapan orang yang membersamaimu berpotensi meninggalkanmu sewaktu-waktu.

Setiap orang yang hadir dalam hidupmu memang gak bisa membersamaimu selamanya tetapi bukan berarti kamu gak boleh mempercayai siapapun di dunia. Kita sebagai manusia pasti memerlukan kehadiran orang lain di sisi kita. Kita gak akan bisa hidup sendirian dan bertemankan rasa curiga setiap harinya.

Perlu kamu benahi, pola pikir semacam ini lambat laun justru membuat mental kita gak sehat, lho! Setiap orang memang akan pergi entah karena kematian maupun keadaan, tetapi kamu harus senantiasa percaya bahwa orang baik di dunia ini masih tetap ada.

Baca Juga: Terapkan 5 Pola Pikir Ini Saat Memperjuangkan Cita-cita Kamu, Bro!

3. Aku harus selalu terlihat kuat di hadapan orang lain

5 Pola Pikir Toksik yang Harus Kamu Singkirkan agar Mentalmu SehatIlustrasi patah hati (pexels.com/Ivan Samkov)

Kamu memang harus menjadi orang yang pantang menyerah tetapi bukan yang selalu kuat pada saat ragamu memang lemah. Mengakui bahwa kamu tengah sedih, terluka maupun patah gak membuatmu menjadi orang yang gak bersyukur kok. Lagipula hidup itu juga harus seimbang, mengeluh sesekali bukan berarti kamu gak percaya Tuhan juga 'kan? 

Terbiasa pura-pura kuat justru membuat mentalmu jadi terganggu. Mengingkari perasaan sendiri sama halnya menyakiti diri tanpa menggunakan senjata. Toh, saat kesedihan mampu kamu tumpahkan biasanya ada perasaan lega yang akan kamu rasakan bukan?  

4. Aku harus menjadi orang hebat agar orang lain menghargaiku

5 Pola Pikir Toksik yang Harus Kamu Singkirkan agar Mentalmu SehatWanita sedang berpikir (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Setiap hari kepalamu sering menggaungkan kata yang sama, yaitu kamu harus menjadi orang hebat dan membanggakan. Tanpa sadar pola pikir demikian justru bisa membebani kepala seseorang. Keinginan kuat untuk menjadi hebat dan membanggakan kerap kali membuat seseorang melewati batas dirinya. 

Padahal sejatinya, kamu selalu tumbuh menjadi orang hebat untuk dirimu sendiri. Keinginan untuk dianggap hebat oleh orang lain justru yang bisa membuatmu hancur perlahan-lahan. Toh, kamu sebenarnya juga gak punya kewajiban membahagiakan semua orang 'kan? Hiduplah dengan ambisi sewajarnya agar kesehatan mentalmu tetap terjaga. 

5. Aku harus berjuang keras untuk mendapatkan sesuatu

5 Pola Pikir Toksik yang Harus Kamu Singkirkan agar Mentalmu SehatIlustrasi wanita lelah bekerja (pexels.com/Anna Shvets)

Memang untuk mendapatkan sesuatu kamu harus berjuang, tetapi ada kalanya kamu bisa mendapatkan sesuatu tanpa harus mengerahkan seluruh tenaga. Saat keberuntungan itu datang pola pikirmu bisa membuatmu merasa gak layak mendapatkan hal tersebut. Kamu merasa segala hal yang kamu dapatkan harus berjuang mati-matian dulu. 

Jika pola pikir ini gak segera kamu perbaiki, nantinya kamu seperti orang yang menolak keberuntungan. Padahal sejatinya, akan ada saja hal baik yang kamu peroleh sebagai bonus tanpa harus berjuang mendapatkannya.

Ingat ya, gak selamanya hidupmu dipenuhi kesulitan yang mengharuskanmu bekerja keras. Ada kalanya kamu diminta lebih bersantai dan menikmati hidup yang kamu miliki sekarang. 

 

Berpikir positif dan bersemangat setiap hati memang gak salah. Namun, jika porsinya gak tepat yang ada kamu malah meracik racun untuk kamu telan sendiri. Sudahi pola pikir yang salah itu yuk, mari belajar hidup jauh lebih baik lagi. 

Baca Juga: 5 Pola Pikir Positif yang Bisa Atasi Jenuhmu Selama Pandemi

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya