Comscore Tracker

Jangan Buru-buru, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Baru

Memulai dari nol memang perlu energi lebih!

Hubungan asmara yang kandas di tengah jalan kadang membuat patah hati luar biasa bahkan bisa menimbulkan trauma bagi sebagian orang. Menjalin hubungan dengan orang baru merupakan langkah terbaik untuk melupakan dan melanjutkan kehidupan usai putus menurut kebanyakan orang.

Namun, sebelum memutuskan untuk berkomitmen dengan orang baru, kamu terlebih dahulu harus memastikan bahwa pilihan tersebut bukan sekadar sebagai usaha pelarian. Untuk makin menguatkan perasaanmu, berikut adalah lima tanda bahwa kamu belum siap menjalin hubungan baru.

1. Kamu masih terdistorsi dengan masa lalu

Jangan Buru-buru, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Barufreepik/chinnarach

Salah satu indikasi kamu masih terdistorsi masa lalu adalah sulitnya menghapus bayangan mantan dari kepala meski hubungan kalian telah kandas berbulan-bulan lamanya. Sebelum kamu menjalin hubungan baru dengan seseorang, ada baiknya kamu benar-benar berhenti melakukan hal tersebut dan jujur kepada dirimu sendiri. Hal ini harus dilakukan agar hubungan barumu kelak tidak sekadar usaha untuk melupakan, melainkan jalanmu memperoleh kebahagiaan.

2. Kamu masih menyimpan banyak luka yang belum sembuh

Jangan Buru-buru, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Barufreepik/yanalya

Luka dan kenangan pahit bersama mantan di masa lalu memang bukan hal yang gampang dilupakan. Ada kalanya rasa sakit yang masih dirasakan membungkus amarah, benci dan rasa dendam yang memanaskan ingatan. Untuk membangun sebuah hubungan baru, hal yang harus kamu lakukan adalah mengikhlaskan dan menerima kenyataan bahwa hubunganmu di masa lalu hanyalah sebatas pembelajaran yang tidak harus dibawa terus maju ke depan.

3. Kamu masih menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan mantanmu

Jangan Buru-buru, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Barufreepik/freepik

Membangun sebuah hubungan baru harus dimulai dengan membuka hati untuk orang lain, bukan justru menyimpan segala sesuatu yang berkaitan dengan orang di masa lalu. Membuang atau menyingkirkan segala sesuatu yang berkaitan dengan mantan adalah hal yang wajib kamu lakukan agar hatimu kembali memperoleh kebahagiaan. Bukan sesuatu yang baik jika terus mengharapkan seseorang yang sudah jauh meninggalkanmu berjalan ke depan.

Baca Juga: 7 Tanda Hubunganmu Hanya Satu Pihak, Dipikir Lagi untuk Bertahan

4. Kamu masih memiliki ketakutan yang sulit dijelaskan

Jangan Buru-buru, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Barufreepik/freepik

Rasa kecewa dan patah hati yang dirasakan di masa lalu menyumbangkan ketakutan berlebih untuk menjalin hubungan di kemudian hari. Hal ini wajar terjadi terlebih jika hatimu belum pulih benar, biasanya rasa takut ini akan membuatmu enggan membuka hati dan terlihat menjaga jarak dengan orang baru karena menurutmu semua orang menyerupai sang mantan.

5. Kamu merasa malas dan tidak bersemangat dalam hubungan asmara

Jangan Buru-buru, Ini 5 Tanda Kamu Belum Siap Menjalin Hubungan Barufreepik/bearfotos

Hubungan baru dengan seseorang harusnya dapat membuat hidupmu merasa bahagia dan penuh warna kembali. Namun, jika kamu justru malas dan tidak bisa memberikan energi yang cukup ke dalam hubungan baru tersebut bisa jadi ini sebuah indikasi bahwa kamu belum benar-benar sembuh dari luka lamamu.

Jika kamu ingin menjalin hubungan baru, teruslah mendorong dirimu untuk melepas masa lalu dan berusaha membahagiakan orang baru yang bersedia membalut lukamu itu.

Nah, 5 tanda itulah yang bisa dijadikan indikasi bahwa kamu sesungguhnya belum siap menjalin hubungan baru dengan seseorang. Jangan buru-buru jatuh cinta kembali, namun  jangan pula terlalu menutup diri ya!

Baca Juga: 5 Alasan Humor Diperlukan dalam Suatu Hubungan, Bikin Langgeng!

Yulia Nor Annisa Photo Community Writer Yulia Nor Annisa

Menulislah dengan bijak dan tutuplah jalan perselisihan - Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You