Comscore Tracker

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Makeup Remover Lho

#GirlThing Waterproof juga bisa hilang!

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk membersihkan makeup. Mengabaikannya tetap menempel di wajah selama kita tidur karena rasa malas, justru akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan kerusakan kolagen lho! Dampak negatifnya, kulit menjadi mudah berjerawat dan mempercepat penuaan.

Nah cara paling praktis membersihkan makeup adalah menggunakan makeup remover. Sayangnya, komposisi makeup remover pada beberapa produk mengandung banyak bahan kimia. Gak semua jenis kulit cocok. Penggunaannya kadang bisa menyebabkan iritasi. Tetapi kamu gak perlu khawatir, ada alternatif remover dari bahan-bahan alami seperti di bawah ini. 

1. Susu dan yogurt

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Makeup Remover LhoUnsplash/Frank Luca

Susu dan yogurt sangat mudah kamu cari di pasaran sebagai makeup remover. Kandungan asam laktat pada yogurt mampu mengangkat sel kulit mati dan mengencangkan kulit. Sedangkan kandungan protein, asam lemak dan antioksidan pada susu akan menghilangkan kotoran dari dalam, melembabkan kulit, menghilangkan noda hitam dan membuka sumbatan pori-pori.

Cukup campurkan plain yogurt dengan susu cair. Lalu celupkan kapas pada larutan tersebut, peras sedikit. Kemudian gosokkan dengan lembut pada kulit wajah untuk menghapus make up. Setelah itu bilas dengan air hangat. 

2. Minyak zaitun

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Makeup Remover LhoUnsplash/Kelly Sikkema

Maskara dan eyeliner waterproof bisa hilang dengan eye remover. Namun, ternyata minyak zaitun juga bisa menghapus riasan pada mata dengan sempurna. Caranya mudah, tuangkan 2-3 sendok teh minyak zaitun pada kapas. Kemudian bersihkan riasan pada area mata secara perlahan. Diamkan selama 3 menit agar maskara dan eyeliner hilang. Bilas dengan air bersih.

3. Mentimun

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Makeup Remover LhoUnsplash/Igor Miske

Jika kulitmu sedang berjerawat tentunya kamu mencari bahan untuk mengurangi peradangan dan iritasi, bukan? Nah, mentimun bisa menjadi bahan alami membersihkan makeup. Parut satu mentimun. Peras dan ambil airnya saja. Celupkan kapas lalu gosokkan ke wajah dengan lembut. Jika make up sulit dihapus, tambahkan 2-3 tetes minyak zaitun atau susu. Terakhir bilas dengan air hangat.

4. Minyak kelapa

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Makeup Remover LhoUnsplash/ Jonas Dücker

Buat kamu yang memiliki tipe dry skin, minyak kelapa bisa menjadi alternatif make up remover lho! Kandungan minyak kelapa akan bermanfaat untuk melembabkan kulit. Ambil satu sendok teh minyak kelapa. Tuangkan ke tangan, gosok secara lembut hingga hangat dan cair.

Lalu gosokkan ke seluruh wajah. Minyak kelapa akan mengangkat riasan mata, foundation dan concealer dengan baik. Bersihkan dengan kapas lalu bilas menggunakan air bersih.

5. Madu

6 Bahan Dapur Ini Bisa Jadi Pengganti Makeup Remover LhoUnsplash/Amelia Bartlett

Madu, gak hanya jadi bahan campuran dessert saja. Madu juga bisa menjadi produk skincare yang ramah diaplikasikan ke kulit. Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam madu, mampu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan melembutkan kulit.

Campurkan madu dengan 2-3 tetes minyak esensial. Supaya gak lengket dan mengurangi teksturnya yang tebal. Lalu oleskan secara merata ke kulit wajah. Tunggu 2 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

Membersihkan wajah dari makeup yang menempel seharian itu perlu dan harus menjadi ritual wajib. So, jangan lupa ya girls

Afifah Khoirunnisa Photo Verified Writer Afifah Khoirunnisa

Suka menulis prosa dan puisi. Boleh mampir lho ke instagramku @afififah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya