Comscore Tracker

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Ink

Sangat menginspirasi anak muda zaman now!

Siapa yang tidak mengenal brand yang dikenal sebagai H&M-nya Indonesia ini? Khususnya para remaja wanita, nama Cotton Ink pasti sudah tak asing di telinga kamu. Brand yang terkenal dengan koleksinya yang beragam tetapi tetap simpel ini ternyata dirintis oleh Carline dan Ria, dua wanita yang telah bersahabat lebih dari 17 tahun. Yuk, simak 10 fakta mereka!

1. Carline dan Ria sudah bersahabat sejak SMP

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkinstagram.com/carlinedarjanto

Awet banget ya, persahabatan mereka! Walaupun sama-sama sudah menikah dan memiliki anak, persahabatan mereka tidak luntur.

2. Keduanya merintis Cotton Ink pada tahun 2008

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkinstagram.com/carlinedarjanto

Tak mau ketinggalan, inilah #10yearschallenge ala Carline dan Ria. Foto sebelah kiri diambil tahun 2008 saat keduanya baru saja merintis Cotton Ink. Saat itu, mereka tengah membuat booth sendiri di Brightspot Market. Kala itu pun mereka belum memiliki karyawan.

Sedangkan foto sebelah kanan diambil pada tahun 2018 saat Cotton Ink telah sukses dikenal masyarakat Indonesia. Mereka pun dibantu lebih dari 100 karyawan yang memproduksi lebih dari 30.000 produk tiap bulannya. Keren abis!

3. Asal mula nama Cotton Ink ternyata unik lho!

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkhighstreet.co.id

Jika sekarang Cotton Ink menjual berbagai macam produk seperti blus, dress, kemeja, sepatu, tas, dan lain-lain, dahulu saat Cotton Ink baru saja dirintis, Carline dan Ria hanya menjual satu macam produk yaitu t-shirt yang disablon.

Cotton Ink berasal dari kata “Cotton” yang berarti katun (t-shirt) dan “Ink” yang berarti tinta (sablon). Unik dan mudah diingat ya!

4. Cotton Ink terdaftar dalam ketiga acara ID Creative Week 2018

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkinstagram.com/carlinedarjanto

Tidak semua brand bisa mengikuti ketiga rangkaian acara ini. Carline dan Ria berkesempatan menjadi pembicara di Idea Fest, memamerkan karya Cotton Ink di Jakarta Fashion Week, serta membuka booth di Brightspot MRKT.

5. Berawal dari online shop, sekarang Cotton Ink sudah terdapat di 3 pusat perbelanjaan ternama di Jakarta

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkmarketeers.com

Pada awalnya, Carline dan Ria mendirikan Cotton Ink dengan modal awal Rp1 juta. Saat itu, Cotton Ink hanya bisa dibeli secara online. Hal ini juga menarik karena pada sekitar tahun 2008, bisnis online belum begitu digandrungi masyarakat. Tetapi, dua sahabat ini telah memulainya dan sukses hingga banyak yang menanyakan kapan mereka akan membuka toko Cotton Ink.

Akhirnya, pada tahun 2005 toko Cotton Ink dibuka di daerah Kemang. Sekarang, toko Cotton Ink sudah terdapat di Mal Pondok Indah 2, Kota Kasablanka, dan Plaza Senayan Jakarta.

Koleksi Cotton Ink juga tersedia di The Goods Dept. yang tersebar di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta. Kalian juga bisa melihat koleksi Cotton Ink secara online di akun Instagram @cottonink dan website cottonink.co.id

Baca Juga: Masuk Majalah Forbes, Pendiri Cotton Ink Ini Sukses di Bawah Usia 30 Tahun

6. Nama Carline terdaftar dalam 30 Under 30 Forbes Asia lho!

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkinstagram.com/carlinedarjanto

Sungguh membanggakan! Menjadi salah satu dari 30 orang di bawah usia 30 tahun yang paling berpengaruh di Asia tentu bukan hal yang mudah. Kesuksesan Cotton Ink mengantarkan Carline ke penghargaan tersebut, tepatnya dalam bidang retail and e-commerce. Bahkan Ria pun berkata bahwa Carline adalah inspirasinya!

7. Cotton Ink juga meraih banyak penghargaan dalam bidang fashion lho!

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkinstagram.com/cottonink

Cotton Ink meraih penghargaan Most Favorite Brand di Brightspot Market dan The Most Innovative Local Brand di Cleo Fashion Award pada tahun 2010. Keren banget!

8. Carline dan Ria pernah menjadi pembicara dalam Scale Up Asia 2018

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkinstagram.com/carlinedarjanto

Konferensi bergengsi ini menghadirkan pembicara-pembicara yang merupakan enterpreneurhebat dari seluruh dunia, termasuk Carline dan Ria. Sungguh membanggakan nama Indonesia ya!

9. Clothing line ini berkolaborasi dengan Dian Sastro, Isyana Sarasvati, Vanesha Prescilla, dan Raisa

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkinstagram.com/carlinedarjanto

Semuanya cantik-cantik ya! Kolaborasi Cotton Ink dengan keempat wanita idola Indonesia ini menghadirkan gaya yang berbeda di tiap koleksinya. Kolaborasi dengan Raisa menghadirkan koleksi yang feminin. Pokoknya cewek banget! Berbeda dengan koleksi Vanesha yang lebih santai dan sporty. Sedangkan koleksi Dian Sastro terkesan lebih edgy. Lalu, koleksi Isyana terlihat lebih ceria. Style kamu yang mana nih?

10. Carline dan Ria juga membuat koleksi pakaian anak dengan brand Cotton Ink Mini

10 Fakta Carline Darjanto-Ria Sarwono, Dua Sahabat Pendiri Cotton Inkcottonink.co.id

Koleksi Cotton Ink untuk anak-anak ini sangat bervariasi lho! Tak hanya pakaian, juga terdapat sepatu untuk melengkapi gaya si kecil.

Kisah Carline dan Ria sangat menginspirasi ya! Mereka membuktikan pepatah yang berkata bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha. Sebagai generasi millennial, kita tiru semangat Carline dan Ria yuk!

Baca Juga: 7 Tips Bikin Kartu Nama yang Kece Antimainstream Buat Pebisnis Muda

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya