Comscore Tracker

5 Hal Penting Tentang Masa Pakai dan Kedaluwarsa Parfum, Hati-hati Ya!

Parfum yang kedaluwarsa bisa bahayakan kesehatan, lho!

Sama halnya dengan barang produksi lainnya, parfum tentu memiliki masa pakai dan bisa kedaluwarsa. Akan tetapi, berbeda halnya dengan makanan, produsen kosmetik tidak selalu mencantumkan masa pakai atau tanggal kedaluwarsa di setiap label kemasan.

Lalu bagaimana caranya mengetahui parfum kita sudah kedaluwarsa dan tidak boleh digunakan lagi? Padahal, menggunakan produk kedaluwarsa bisa membahayakan kesehatan.

Nah, di sana lah pentingnya kita mengetahui masa pakai dan kedaluwarsa parfum. Khusus untuk kamu, ada 5 hal penting nih yang perlu diketahui. Simak baik-baik ya, jangan hanya asal semprot saja!

1. Parfum itu terbuat dari apa sih?

5 Hal Penting Tentang Masa Pakai dan Kedaluwarsa Parfum, Hati-hati Ya!fabbon.com

Untuk tahu masa pakai sebuah barang, hal yang perlu kamu ketahui adalah komponen penyusunnya. Nah, pada parfum, sebagian besar jenis pewangi ini dibuat dari dua komponen utama yaitu minyak wangi dan alkohol pewangi.

Secara tradisional, minyak wangi dibuat campuran minyak nabati alami dan sekresi hewan yang kemudian dipadukan sehingga menghasilkan aroma tertentu. Akan tetapi, pada proses modern sekarang ini, parfum juga bisa diproduksi dengan menggunkan bahan kimia sintetis demi mengembangkan wangi unik yang tidak bisa kita temukan di malam manapun.

Berbeda dengan minyak wangi, komponen alkohol pada parfum seringkali tidak berkontribusi terhadap aromanya. Namun, peranan alkohol itu tetap sama pentingnya dengan minyak wangi itu sendiri karena bisa membawa aroma melalui udara dan mengontrol berapa lama aroma tersebut akan bertahan. Jadi, tanpa penggunaan alkohol, kebanyakan orang tidak akan bisa mencium aroma parfummu.

2. Berapa lama masa pakai parfum?

5 Hal Penting Tentang Masa Pakai dan Kedaluwarsa Parfum, Hati-hati Ya!.fragrancex.com

Seiring waktu, komponen parfum tentu bisa rusak. Dalam kebanyakan kasus, masa pakainya berkisar antara 3-5 tahun. Akan tetapi, jenis parfum dan beberapa faktor lain juga yang bisa mempengaruhi masa pakai parfum. Sebagai contoh eau de toilette yang memiliki kandungan alkohol lebih banyak cenderung lebih cepat kedaluwarsa ketimbang jenis parfum yang lebih murni.

Selain komponen, faktor yang bisa mempengaruhi masa pakai adalah ruang penyimpanan. Yang paling utama tentu adalah cahaya. Tidak hanya sinar matahari, sinar buatan juga bisa mengubah aroma karena mempercepat pengikatan ikatan kimia yang menyatukan aroma. Selain cahaya, perubahan suhu dan kelembapan juga memiliki efek pada parfum, karena mempengaruhi reaksi-reaksi antar komponen yang mudah menguap dan mengubah susunan kimiawinya.


Setelah dibuka, masa simpan parfum akan jauh lebih singkat. Pertama, parfum pasti akan terkena banyak bakteri yang secara langsung bisa mencemari campuran minyak wangi di dalamnya. Kedua, proses oksidasi yang terjadi karena sentuhan udara luar juga bisa susunan kimiawi parfum. Ketiga, jangan lupakan bahwa alkohol adalah zat yang mudah menguap karena paparan udara dan itu tentu saja bisa mengurangi volume parfum.

Baca Juga: Menebak Karakter Cowok Lewat Parfum, Apa Aroma Parfum Favoritmu, Bro?

3. Bahaya menggunakan parfum kedaluwarsa

5 Hal Penting Tentang Masa Pakai dan Kedaluwarsa Parfum, Hati-hati Ya!pills6vonline.com

Ciri umum parfum kedaluwarsa adalah aroma yang tidak menyenangkan plus tanggapan aneh dari orang-orang yang terganggu pada bau tersebut.

Namun selain urusan bau kurang sedam, parfum kedaluwarsa juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Parfum kedaluwarsa bisa menyebabkan iritasi kecil di kulit dan pada beberapa orang, perbedaan susunan kimiawi parfum ini juga bisa memicu reaksi alergi yang buruk.

Gejalanya bisa bervariasi pada setiap orang, tetapi pada umumnya orang akan mengalami migrain, nyeri otot dan bahkan mual. Pada beberapa kasus, insiden parfum kedaluwarsa ini juga berakibat fatal karena bisa menimbulkan reaksi shock dan bahkan kematian anafilaksis.

So, hati-hati ya. Periksa parfummu secara saksama dan juga berkala.

4. Cara memeriksa apakah parfummu sudah kedaluwarsa atau belum

5 Hal Penting Tentang Masa Pakai dan Kedaluwarsa Parfum, Hati-hati Ya!bustle.com

Cara terbaik untuk memeriksa adalah untuk menghidu untuk memastikan apakah baunya berbeda dari biasanya. Sebagian besar parfum kedaluwarsa akan memiliki aroma seperti cuka yang tidak menyenangkan, meski beberapa jenis lainnya tetap beraroma seperti seharusnya.

Jika wangi tidak berubah, tetapi kamu merasakan sesuatu yang tidak nyaman setelah memakai parfum tersebut, misalnya pusing dan mual, maka sebaiknya hentikan permakaiannya.

Selain itu, dari segi penampilan, parfum yang sangat kedaluwarsa juga tampak lebih gelap dan lebih buram. Selain mengubah bau, reaksi kimia antar komponen pada parfum juga akan berpengaruh pada warna.

Jika masih belum yakin setelah memeriksa perbedaan bau atau penampilan, kamu juga bisa memeriksa tanggal kedaluwarsa atau periode setelah parfum itu dibuka. Kamu bisa memeriksanya di label, tepatnya di kode PAO (Period After Opening).

Kode PAO ini adalah simbol kecil berupa botol/kaleng terbuka dengan nomor di tengahnya, lokasinya biasanya ada pada kemasan parfum. Nomor ini menunjukkan jumlah bulan parfum tersebut bisa digunakan setelah pembukaan segel.

Biasanya, waktu penggunaan yang disarankan adalah 30 bulan setelah parfum dibuka. Itu berarti sekitar dua setengah tahun setelah dibuka, kamu harus mulai mulai menguji kondisi parfum untuk melihat apakah sudah kedaluwarsa atau belum.

Meskipun tanggal kedaluwarsa parfum tersebut juga dipengaruhi oleh banyak faktor, masa pakai maksimal 5 tahun ini masih cukup akurat kok selama parfum disimpan dengan baik.

5. Bagaimana cara terbaik untuk menyimpan parfum?

5 Hal Penting Tentang Masa Pakai dan Kedaluwarsa Parfum, Hati-hati Ya!iamgeorgiana.com

Cara terbaik untuk memperpanjang masa simpan parfum adalah dengan memindahkannya dari tempat yang panas dan lembap seperti kamar mandi ke dalam wadah kering dan dingin seperti lemari atau bahkan kulkas. Kenapa harus wadah penyimpanan? Alasannya adalah karena tempat ini lebih sering berada dalam kondisi gelap dan memiliki suhu serta tingkat kelembapan yang stabil.

Selain itu, minimalkan paparan parfum terhadap udara. Tutup botol parfum erat-erat setelah digunakan dan pastikan tidak membukanya kalau tidak hendak digunakan. Cegah goyangan keras terhadap botol karena menyebabkan komponen-komponen di dalamnya bercampur dengan udara yang terperangkap.

Itulah 5 hal yang patut kamu ketahui mengenai masa pakai dan kedaluwarsa parfum. Pastikan periksa parfummu secara berkala ya, jika sudah melewati masa pakai dan memiliki perubahan wangi dan warna, segera ganti dengan parfum baru.

Baca Juga: Wangi Parfum Cepat Hilang? Ini Cara Pakai Parfum yang Benar

Suarcani Photo Verified Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya