TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ubah Kebiasaan Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

Pelan-pelan ubah kebiasaan yang satu ini, yuk!

Shutterstock.com/Mindscape studio

Sebagian dari kita mungkin masih cuek perihal kebiasaan yang satu ini. Masih banyak juga, lho yang sering mencuci muka menggunakan sabun mandi. Segelintir alasan umum yang sering terdengar di antaranya lebih praktis dan gak mau ribet. Jika kamu salah satunya segera ubah kebiasaanmu yang satu ini.

Kira-kira kenapa, ya? Kalau kamu penasaran dengan alasannya, cari tahu sama-sama, yuk.

1. Membuat kulitmu jadi makin kusam

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Meski mungkin menurutmu ribet karena harus menggunakan sabun pembersih wajah namun, mau gak mau harus kamu lakukan. Sabun pembersih wajah memang dibuat khusus untuk membersihkan serta merawat wajahmu sekaligus mengangkat sisa debu dan kotoran yang menempel.

Memang benar jika sabun mandi juga bisa mengangkat sisa debu dan kotoran tapi formulanya ditujukan hanya untuk badan kita saja, lho. Kandungan yang terdapat pada sabun mandi tentu gak sesuai jika digunakan sebagai sabun pencuci muka. Makanya, kulitmu akan jadi kusam. Gak cuma kusam tapi juga kering, lho.

Baca Juga: Banyak Bedanya, 5 Alasan Tidak Menggunakan Sabun Mandi untuk Cuci Muka

2. Menimbulkan komedo membandel

themanual.com

Kalau kamu sering bertanya kenapa komedo di wajahmu selalu muncul dan semakin parah, salah satunya karena penggunaan sabun mandi yang kamu biasa gunakan untuk cuci muka. Umumnya cowok, nih yang sering cuek dengan menggunakan sabun mandi sebagai sabun muka.

Mulai diganti, ya guys dengan sabun muka khusus cowok. Supaya komedo di hidung dan di area dagu gak semakin membandel. Biar kamu juga makin percaya diri dengan penampilanmu.

3. Bikin wajahmu cepat keriput

pokocbd.co.uk

Mencuci wajah dengan sabun mandi hanya akan membuat kulit wajahmu timbul efek kesat, kencang, seperti tertarik. Hal ini menandakan bahwa kandungan dalam sabun mandi ga tepat untuk kulit wajah kita.

Jika dibiarkan lama-lama kulit wajahmu akan mengalami kekeringan atau dehidrasi. Akibatnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput akan segera nampak di wajahmu. Pasti gak mau dong keriput sebelum waktunya?

4. Wajah dan badan punya tekstur kulit yang berbeda

healthline.com

Coba deh pegang kulit wajahmu lalu pegang kulit di badanmu. Sangat terasa, bukan perbedaannya? Yup, kulit wajah kita memiliki tekstur kulit yang jauh lebih lembut jika dibanding dengan kulit yang ada di badan kita.

Karenanya, sabun yang digunakan untuk wajah dan badan pun dibedakan. Biasanya produk sabun memiliki tingkat pH berbeda baik untuk kulit wajah ataupun untuk badan kita. Nah, maka dari itu mulai yuk mengurangi penggunaan sabun mandi untuk digunakan sebagai sabun muka.

Baca Juga: Kulit Kaku dan Jerawatan, Ini 5 Tanda Kamu Salah Pilih Sabun Cuci Muka

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya