TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Cepat Memanjangkan Rambut Secara Alami, Mudah Banget!

Ternyata memanjangkan rambut tidak perlu mahal

Ilustrasi rambut hitam panjang (pexels.com/Kristina Paukshtite)

Kebanyakan orang membutuhkan proses memanjangkan rambut lebih lama karena rambut tumbuh rata-rata sekitar 6 inci setiap tahun. Menurut The American Academy of Dermatology Assosiation, kebanyakan orang kehilangan 50-100 helai rambut setiap hari, lho!

Pada akhirnya, beberapa dari kita memilih menggunakan jasa hair extension yang biayanya tidak murah. Namun, sekarang kamu bisa menggunakan cara alami untuk memanjangkan rambut. Apa saja? Yuk simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Konsumsi protein

Ilustrasi kacang almond (pexels.com/Kafeel Ahmed)

Memanjangkan rambut tidak hanya bergantung pada produk yang digunakan, tetapi juga pada apa yang kamu konsumsi sehari-hari. Kamu bisa mengonsumsi makanan tinggi protein seperti ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Selain mengonsumsi makanan yang tinggi protein, kamu juga harus mengonsumsi vitamin A, C, E, mineral, zat besi, dan asam lemak omega 3. Makanan ini juga dapat membantu rambutmu tumbuh panjang dan sehat.

2. Jangan keramas setiap hari

Ilustrasi keramas di salon (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika kamu mencuci rambut setiap hari, sebaiknya hentikan kegiatan tersebut. Mencucian rambut setiap hari dapat menurunkan sebum alami di rambut dan menyebabkan rambut menjadi kering.

Sebaiknya, kamu mencuci rambut 2 hingga 3 kali dalam seminggu agar sebum dapat menghidrasi rambut kamu. Untuk rambut yang lebih tebal dan penuh, kamu bisa menggunakan produk yang formulanya bersifat volumizing atau thickening.

3. Potong rambut yang teratur

Ilustrasi potong rambut (pexels.com/Kampus Production)

Pasti kamu merasa aneh dengan poin ini, bukan? Namun, memotong rambut secara teratur ternyata bisa membantu rambut tumbuh lebih sehat dan panjang.

Kamu gak perlu memotong rambut banyak-banyak. Kamu bisa memotong sedikit di ujung rambut yang bercabang. Jika kamu membiarkan rambut bercabangmu tumbuh, itu akan membuat rambut rusak dan memperlambat tumbuhnya rambut.

4. Gunakan kondisioner dan masker rambut

Ilustrasi perempuan menyentuh botol kondisioner (pexels.com/cottonbro)

Kondisioner dan masker rambut dapat melembapkan serta membuat tekstur rambut menjadi lebih halus. Selain itu, penggunaan kondisoner dan masker rambut secara teratur dapat mencegah kerusakan pada ujung rambut.

Kamu bisa menggunakan kondisioner dan masker rambut yang ada di supermarket. Yang perlu diingat, jangan aplikasikan kondisioner ke kulit kepala karena akan membuat rambut kamu berketombe!

Baca Juga: 9 Ide Gaya Rambut ala Natasha Wilona, Rambut Panjang Merapat!

5. Jangan warnai rambut

Lisa Blackpink (https://www.instagram.com/lalalalisa_m)

Ketika melihat idol Korea yang kamu sukai, pasti ada keinginan untuk mengikuti style bahkan warna rambut mereka, bukan? Tapi, tahan dulu keinginan kamu untuk mewarnai rambut, ya!

Mewarnai rambut dengan metode bleaching bisa merusak kutikula rambut dan membuat ujung rambut bercabang. Sebaiknya, kurangi perawatan kimia agar pertumbuhan rambutmu lebih cepat dan baik.

6. Jangan sisir rambut dalam kondisi basah

Ilustrasi menyisir rambut (pexels.com/Yan Krukov)

Apakah kamu sering menyisir rambut setelah keramas atau dalam keadaan basah? Kamu harus berhenti melakukan ini karena rambut basah sangat rentan patah. Rambut yang sering patah akan membutuhkan waktu yang lama untuk panjang kembali.

Kamu bisa mengeringkan rambut dengan hairdryer bersuhu rendah atau handuk. Lalu, gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurangi rambut patah.

Baca Juga: 10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya