Comscore Tracker

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!

Kuncinya adalah membuat rambut dan kulit kepalamu sehat

Memiliki rambut yang tebal dan mengilap seperti bintang iklan sampo rasanya menjadi dambaan banyak orang. Namun, sayang sekali realitas tak seindah gambaran iklan.

Faktanya, seiring pertambahan usia, semakin banyak folikel rambut yang berhenti bekerja. Akibatnya, rambut menipis dan tak sebanyak sebelumnya. Hal ini pun semakin dibuat runyam dengan masalah kerontokan. Rasanya, setiap menyisir dan keramas, ada saja helaian rambut yang tercabut dari akar. 

Masalah ini tak terjadi padamu saja, kok, banyak orang yang mengalaminya. Akan tetapi, kamu tak perlu cemas, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rambut dan menjaga ketebalannya. Semuanya alami dan dijamin aman.

1. Aloe vera

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi aloe vera atau lidah buaya (pixabay.com/Rosina-Sch)

Tak perlu diragukan lagi, aloe vera atau lidah buaya terkenal mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Bahan ini juga efektif mengurangi masalah rambut rontok dan ketombe.

Tips penggunaan:

Oleskan gel aloe vera (bisa diambil langsung dari batangnya atau yang sudah diolah dalam kemasan) secara merata ke kulit kepala dan rambut. Pijat dan diamkan hingga rambut terasa lengket, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

2. Minyak kelapa

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi minyak kelapa (keckmedicine.org)

Selain aloe vera, kamu juga bisa memanfaatkan minyak kelapa. Kandungan asam lemak di dalamnya mampu menutrisi akar rambut dan mencegah kerontokan.

Tips penggunaan:

Minyak kelapa bekerja secara maksimal ketika kamu menggunakannya di kulit kepala. Berilah pijatan halus untuk merangsang sirkulasi darah, kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam. Setelah itu bilas dan keramas seperti biasa.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Gatal setelah Cukur Rambut Kemaluan

3. Teh hijau

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi teh hijau (pexels.com/Maria Tyutina)

Teh hijau mengandung antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang mampu menstimulasi folikel rambut serta mencegah kerusakan sel-sel. Alhasil, teh ini ampuh untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Tips penggunaan:

Seduh satu hingga dua kantong teh hijau dengan air mendidih. Diamkan selama lima menit. Gunakan air tersebut untuk membasuh rambutmu sebagai langkah terakhir keramas. Setelahnya, tak perlu dibilas lagi, ya! 

4. Ginseng

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi ginseng (pixabay.com/whaltns17)

Tumbuhan akar dari Korea Selatan ini juga ampuh untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Tips penggunaan:

Konsumsilah suplemen atau teh ginseng setiap hari. Antioksidan ginsenoside yang terkandung di dalamnya akan menutrisi rambutmu dari dalam. 

5. Air lemon

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi lemon (unsplash.com/blcksdz)

Kamu juga bisa menggunakan air lemon sebagai masker rambut. Kandungan asam di dalamnya akan menormalkan pH rambut, sehingga merangsang pertumbuhannya.

Tips penggunaan:

Aplikasikan air perasan lemon ke rambut yang kering. Setelah didiamkan selama kurang lebih 15 menit, kamu bisa membilasnya dan keramas seperti biasa. 

6. Kuning telur

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi kuning telur (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Vitamin A, E, dan folat dalam kuning telur ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan tersebut juga bisa membuat helaian rambutmu lebih lembut, lo!

Tips penggunaan:

Gunakan kuning telur sebagai masker rambut. Caranya, kocok hingga teksturnya sedikit cair, kemudian aplikasikan ke kulit kepala yang kering dengan gerakan memijat. Diamkan selama satu jam, lalu keramaslah menggunakan air dingin. 

Baca Juga: 6 Fakta Transplantasi Rambut, Ampuh Tutupi Kebotakan!

7. Minyak zaitun

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi minyak zaitun (pexels.com/Pixabay)

Minyak zaitun tak boleh dilewatkan ketika bicara tentang perawatan rambut. Selain merangsang pertumbuhan, minyak ini juga mampu melembutkan dan mencegah kerusakan rambut.

Tips penggunaan:

Seperti minyak kelapa, gunakan minyak zaitun sebelum keramas di kulit kepala. Aplikasikan dengan gerakan memijat untuk merangsang sirkulasi darah di area folikel rambut. Setelah didiamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat, kemudian kamu bisa keramas seperti biasa.

8. Jus bawang bombai

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi bawang bombai (unsplash.com/mkmy)

Kalau kamu tahan dengan baunya, gunakan jus bawang bombai sebagai masker rambut. Kandungan sulfur di dalamnya mampu meningkatkan produksi kolagen rambut.

Tips penggunaan:

Blender satu butir bawang bombai hingga halus. Aplikasikan secara merata pada kulit kepala dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dan keramaslah hingga bersih agar aroma bawang yang menyengat hilang. 

9. Minyak jojoba

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi mengaplikasikan minyak atau serum untuk rambut (pexels.com/Scandinavian Biolabs)

Khasiat utama minyak jojoba adalah melembapkan rambut. Namun, minyak ini juga mampu mempercepat regenerasi, sehingga rambut tumbuh lebih cepat dan sehat.

Tips penggunaan:

Teteskan minyak jojoba ke telapak tangan, lalu aplikasikan ke kulit kepala. Pijat sambil ratakan minyak selama 10-15 menit. Setelah itu, keramaslah dengan air dingin seperti biasa. 

10. Tips lain untuk merangsang pertumbuhan rambut

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut dengan Cepat dan Mudah, Anti Botak!ilustrasi rambut subur dan panjang (unsplash.com/yoannboyer)

Selain cara-cara di atas, masih ada tips lain yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Berikut ini di antaranya:

  • Selalu keramas dengan air dingin agar rambut tak mudah rontok.
  • Kurangi kebiasaan nyatok dan mengeringkan rambut dengan udara panas.
  • Sisir rambut dengan perlahan agar tidak mudah rontok.
  • Sering-sering pijat kulit kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.
  • Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, omega-3, dan vitamin E. Contohnya ikan, kacang-kacangan, buah-buahan, dan telur.
  • Hindari merokok untuk menjaga kelancaran sirkulasi darah ke kulit kepala.
  • Konsisten dan rutin menutrisi rambut dengan cara-cara yang disebutkan di atas.

Dari semua cara yang telah disebutkan, sebenarnya kunci untuk memperoleh rambut yang sehat lebat adalah dengan menjaga kesehatan kulit kepala dan folikel rambut. Ketika keduanya mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, rambut bisa tumbuh dengan lebih cepat. 

Mudah sekali, kan, cara-cara di atas? Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 8 Hal yang Akan Kamu Alami Saat Berhenti Mencuci Rambut, Jorok!

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya