TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kulit Wajahmu Sudah Over Eksfoliasi, Sakitnya Bukan Main!

Terlalu bersih itu juga gak enak guys~

skintour.com

Muka jadi bersih dan bercahaya karena eksfoliasi itu memang menyenangkan. Siapa sih sebenarnya yang gak mau punya glowing skin ala Korea gitu. Tapi hati-hati, terlalu over eksfoliasi justru akan merusak kulit wajahmu lho.

Berikut adalah lima tanda kamu terlalu banyak mengeksfoliasi wajahmu dan cara untuk mengatasinya.

1. Kena apa pun, kulitmu akan terasa sakit

theskincareedit.com

Over eksfoliasi itu sakit guys, banget! Jika rangkaian skincare yang biasa kamu gunakan terasa sakit di kulitmu, itu salah satu tanda kamu sudah over eksfoliasi. Dengan hilangnya lapisan pelindung luarmu, kulitmu akan menjadi lebih sensitif terhadap kandungan bahan skincare.

Baca Juga: Punya Kulit Wajah Berminyak? Ini 5 Cara Gampang untuk Menguranginya

2. Kamu akan merasa kulitmu aneh, beda dari biasanya

health.com

Kulitmu akan jadi sangat kering dan teksturnya aneh ketika disentuh. Orang umumnya salah mengira kondisi kulit seperti ini, yang terjadi adalah mereka akan mengeksfoliasi kulitnya lagi untuk mengembalikan wajah yang mulus. Bukannya tambah baik, kondisi kulit wajahmu malah justru makin aneh.

3. Atau bisa saja, kulitmu jadi sangat berminyak

kamdora.com

Kalau sudah begini, yang orang lakukan biasanya akan menggunakan masker penyerap minyak atau terus-menerus menggunakan blotting papers. Padahal minyak-minyak yang diproduksi kulitmu itu karena dia bekerja untuk membentuk lapisan kulit baru yang melindungi wajahmu lho.

4. Warna kulitmu akan jadi kemerahan

youtube.com/Best Beauty Tips

Reaksi gatal dan kulit terasa terbakar dan berwarna kemerahan merupakan tanda paling jelas kulit wajahmu sudah over eksfoliosi. Wajah yang kemerahan karena reaksi tubuh yang mengirim sel darah untuk memperbaiki daerah yang iritasi. Belum lagi kalau kena sinar matahari, kulitmu akan jadi gatal tak tertahankan.

5. Kulit wajahmu akan mengalami breakout

acne.org

Ketika pelindung kulitmu hilang, otomatis bakteri akan mudah masuk ke lapisan kulit wajah. Yang ada, kulit wajahmu akan mengalami breakout atau jerawat kecil di mana-mana. Kalau sudah begini jangan panik dan jangan tambah dibersihkan, coba perhatikan dulu.

Kalau sudah seminggu lebih kamu bersihkan dan kasih obat juga tidak membaik, itu artinya kulit wajahmu over eksfoliasi. Kulitmu bisa jadi radang kalau kamu terus membersihkannya.

Baca Juga: Skincare 101: Makna Jerawat di Bagian Wajahmu, Ternyata Gak Semua Sama

Verified Writer

Liem Ling

"Don't let the muggles get you down." -Ron Weasley

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya