TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Dia 5 Perbedaan Purging & Jerawat Biasa, Jangan Sampai Keliru!

Kenali masalah yang terjadi pada kulitmu, biar gak keliru

stylecraze.com

Jerawat purging dan jerawat biasa (breakout) sering disalah artikan oleh banyak wanita. Meskipun sama-sama diawali dengan kata ‘jerawat’, kedua masalah kulit ini sangat berbeda antara yang satu dan yang lainnya.

Baik purging dan jerawat biasa, keduanya bisa terjadi karena pengaruh skincare yang digunakan setiap hari. Terutama jika kamu sering gonta-ganti produk, sehingga kulitmu perlu melakukan penyesuaian ulang dengan kandungan yang terdapat pada skincare tersebut.

Lantas, masalah apakah yang saat ini menimpa kulitmu? Hanya purging atau jerawat biasa yang nantinya bisa merebah ke seluruh area wajah? Biar gak keliru, berikut perbedaan antara purging dan jerawat biasa yang harus kamu tahu!

1. Area tempat jerawat bersarang

truselforganics.com

Purging sering terjadi di area wajah yang sering berjerawat, misalnya pipi, dahu, atau dagu. Sementara jerawat biasa terjadi di area baru yang sebelumnya gak pernah mengalami masalah kulit, misalnya di ubun-ubun, area dekat telinga, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Girls, 10 Kebiasaan Ini Malah Bikin Jerawatmu Tambah Mekar Lho

2. Jangka waktu penyembuhan

stylecraze.com

Purging sifatnya sementara, sedangkan jerawat biasa tidak. Itulah sebabnya kenapa purging lebih cepat sembuh daripada jerawat biasa. Pada umumnya, purging terjadi sekitar 2-4 minggu saja, sedangkan jerawat biasa 6-8 minggu.

3. Reaksi yang terjadi pada kulit

skinbase.co.uk

Purging berawal dari munculnya komedo kecil di wajah. Lama-kelamaan, komedo ini berubah menjadi blackhead, whitehead, atau bahkan jerawat kecil-kecil.  Sedangkan jerawat biasa ditandai dengan kemunculan inflamasi dan jerawat yang meradang di area wajah.

4. Proses mengangkat sel kulit mati

acnefreeguide.com

Purging bisa terjadi apabila produk skincare yang kamu gunakan berfungsi untuk mempercepat regenerasi kulit. Hal ini gak seharusnya ditakutkan. Kulitmu hanya sedang berusaha untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Sedangkan jerawat biasa adalah kebalikan dari purging, dimana masalah kulitmu semakin memburuk setiap hari.

Baca Juga: 5 Alasan Kulit Rentan Jerawat Harus Hindari Produk Berbahan Silikon

Verified Writer

Louisa Gabe

Living extraordinary

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya