Comscore Tracker

Acne Mechanica: Jerawat yang Timbul karena Pakai Masker Wajah

Siapa yang wajahnya jerawatan kalau pakai masker?

New normal, katanya. Keluar rumah harus selalu pakai masker, bawa hand sanitizer, gak boleh salaman sama orang, gak boleh dekat-dekat, dll. Mau gak mau kita memang harus beradaptasi dengan hal-hal ini. Meski pakai masker adalah hal yang wajib dilakukan, kadang saat mengawali kebiasaan ini tentu akan ada beberapa perubahan.

Jerawat, contohnya. Gak jarang bagi pemilik kulit sensitif atau acne prone, menggunakan masker justru malah membuat wajah berjerawat dan breakout. Kenapa, ya?

1. Gak seperti jerawat biasa, jerawat yang muncul ini bernama acne mechanica

Acne Mechanica: Jerawat yang Timbul karena Pakai Masker WajahIlustrasi masker. unsplash.com/@portuguesegravity

Acne mechanica dapat muncul di mana saja di wajah atau tubuh (seperti punggung, bahu, atau bokong). Jika kulitmu memang sudah cenderung berjerawat/acne prone, kamu akan lebih mungkin mengalami acne mechanica. Jenis jerawat ini dipicu oleh panas berlebih, tekanan, dan gesekan benda terhadap kulit. Dalam kasus ini, masker wajah yang kita pakai kalau mau keluar rumah.

Jerawat ini bentuknya bervariasi, mulai dari komedo kecil yang tidak mencolok hingga papula dan pustula yang meradang dan bernanah.

Pada tahap awal, kulit mungkin terasa kasar atau bergelombang, bahkan kamu tidak dapat melihat jerawat yang sebenarnya. Tetapi ketika acne mechanica berkembang, jerawat kecil ini dapat menjadi iritasi dan berkembang menjadi jerawat yang lebih jelas dan meradang.

2. Selain masker, apa penyebab acne mechanica?

Acne Mechanica: Jerawat yang Timbul karena Pakai Masker Wajahunsplash.com/@pillepriske

Perbedaan terbesar antara acne mechanica dan jerawat biasa (disebut acne vulgaris) adalah penyebabnya. Ketika jerawat biasa penyebabnya adalah hormon, penyebab acne mechanica sepenuhnya bersifat fisik dan bermuara pada satu kata: gesekan.

Apa pun yang memerangkap panas pada tubuh untuk waktu yang lama, menggosok atau memberi tekanan pada kulit dapat memicu acne mechanica. Misalnya:

  • Peralatan atletik, pembalut, dan helm
  • Tali dari ransel, tas, dan dompet
  • Topi dan ikat kepala
  • Tali bra
  • Pakaian dan pakaian dalam ketat
  • Masker wajah

Semua hal ini menjebak dan menahan panas dan keringat pada kulit, menyebabkan folikel rambut (pori-pori) tersumbat. Dengan terus adanya gesekan, pori-pori menjadi teriritasi dan noda kecil itu berubah menjadi jerawat merah yang lebih besar.

Bukan hanya pakaian yang bisa menyebabkan acne mechanica. Pemain biola juga mungkin akan berjerawat pada area dagu tempat instrumen mereka bersandar. Berbicara di telepon dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan jerawat di sisi wajah yang terkena telepon.

Baca Juga: 5 Acne Spot Gel ini Ampuh Atasi Jerawat, Produk Drugstore Semua Lho

3. Gimana cara membedakan acne mechanica dengan jerawat biasa?

Acne Mechanica: Jerawat yang Timbul karena Pakai Masker Wajahunsplash.com/@amikacin

Acne mechanica dan jerawat biasa terlihat hampir identik. Tapi dengan sedikit ketelitian, kamu akan mampu membedakan keduanya dengan mudah.

Jika jerawatmu adalah acne mechanica:

  • Kulitmu relatif bersih di area lain, tetapi breakout di tempat-tempat tertentu. Misalnya, wajahmu bersih kecuali di mana garis topimu berada. Atau kamu hanya memiliki jerawat di satu bahu, dan itu bahu yang sama yang memegang tali tasmu.
  • Jerawat di tubuh tiba-tiba muncul setelah kamu mulai berolahraga (karena pakaian olahraga yang terlalu ketat).
  • Jerawat punggung dan bahu hilang selama liburan tapi ketika kembali beraktivitas akan muncul kembali.

Acne mechanica benar-benar akan hilang jika penyebabnya bisa dihindari. Namun, sayangnya tak banyak orang yang mampu menghilangkan penyebabnya. Kalau kamu pemain biola atau atlet, gak mungkin kan kamu berhenti beraktivitas karena jerawat? Sama seperti pemakaian masker, kan gak mungkin kita gak pakai masker karena takut jerawat?

4. Cara perawatan acne mechanica

Acne Mechanica: Jerawat yang Timbul karena Pakai Masker Wajahunsplash.com/@stenuitj

Sebagian besar kasus acne mechanica merespon dengan baik terhadap penggunaan asam salisilat atau benzoil peroksida yang banyak dijual bebas. Cobalah pembersih wajah atau sabun yang mengandung salah satu bahan ini, dan gunakan setiap hari.

Bersihkan area yang terkena dampak secara menyeluruh, tetapi jangan menggosok terlalu keras. Gesekan tambahan yang disebabkan oleh scrubbing pada kulit sebenarnya dapat memperburuk jerawat. Cara terbaik adalah menggunakan kain lap lembut atau tangan kosong saja.

5. Pencegahan acne mechanica

Acne Mechanica: Jerawat yang Timbul karena Pakai Masker Wajahunsplash.com/@samtillo

Karena jenis jerawat ini memiliki penyebab yang jelas, kamu dapat mencoba mencegah acne mechanica dengan:

  • Mandilah segera setelah berolahraga atau berkeringat--pastikan kulit dibersihkan sepenuhnya.
  • Menggunakan pembersih yang mengandung bahan asam salisilat untuk membantu membersihkan kulit dari keringat dan kotoran.
  • Tidak mengenakan topi, helm, masker atau ikat kepala untuk waktu yang lama. Masker hanya disarankan dipakai tidak lebih dari dua jam, sebaiknya memang tidak usah keluar rumah jika tidak diperlukan.
  • Mengenakan baju yang terbuat dari katun untuk membantu menyerap keringat dan meminimalkan gesekan kulit.
  • Tidak memakai pakaian yang terlalu ketat.

Sekarang kamu tahu apa yang mungkin menyebabkan jerawat di bahu atau di wajahmu, dan kamu dapat mengambil langkah-langkah untuk mencegah acne mechanica dengan melindungi kulit dan menjaganya tetap bersih agar tidak berjerawat.

Baca Juga: 7 Manfaat Masker Berbahan Utama Kopi, Bisa Mencegah Jerawat Juga Lho!

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya