Comscore Tracker

5 Hal Krusial Ini Wajib Dilakukan Cewek yang Tinggal Sendirian

Biar tetap aman dan nyaman

Ketika menginjak usia dewasa, tak menutup kemungkinan kamu akan berpisah tinggal jauh dari kedua orangtua. Entah karena melanjutkan kuliah di luar kota, atau karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskanmu melancong ke kota orang. Sebagai wanita tentu ada rasa kawatir saat harus hidup nge-kost sendiri, apalagi tak memiliki sanak saudara yang berdekatan dan bisa dimintai bantuan.

Wajar kok, bila kamu masih saja merasa was-was. Karena sebagai perempuan, sering dianggap lemah dan rentan menjadi korban kejahatan. Biar gak semakin parno, coba perhatikan dan kerjakan 5 hal di bawah ini. Agar kamu lebih tenang dan percaya diri meski harus tinggal sendiri. 

1. Perhatikan keamanan lingkungan tempat tinggalmu

5 Hal Krusial Ini Wajib Dilakukan Cewek yang Tinggal SendirianUnsplash/ Jordan Bauer

Sebelum memutuskan untuk nge-kost atau mengambil rumah kontrakan, alangkah baiknya lebih dulu cek soal keamanannya. Jangan sampai, karena tergiur harga murah, kamu jadi mengabaikan poin penting ini. Tanyakan apakah di lingkungan sekitar ada satpam maupun petugas yang menjaga keamanan, atau tidak. Bila kamu memutuskan nge-kost, pastikan bahwa ada ibu kost atau penjaga yang mengawasi tempat kost-mu itu.

Di zaman modern seperti sekarang ini, beberapa kost atau lingkungan perumahan sudah dipasang kamera pengintai, atau CCTV namun itu belum cukup menjamin kemanan, lho. Harus ada petugas atau minimal satpam yang siap siaga berjaga-jaga.

2. Cari tempat kost atau rumah sewa yang dekat dengan kantor atau kampusmu

5 Hal Krusial Ini Wajib Dilakukan Cewek yang Tinggal SendirianUnsplash/ Alessio Lin

Ketika mencari kontrakan atau kamar kost, banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan. Selain harga, fasilitas dan keamanan jarak kost atau rumah dari kampus maupun kantor tempatmu bekerja, juga penting diperhatikan. Jangan sampai kamu memilih tinggal di kontrakan yang jaraknya sangat jauh dari kantor. Itu sangat tidak efisien waktu.

Misalnya, suatu hari kamu bangun kesiangan. Karena jarak rumah ke kantor terbilang jauh, yang ada dirimu jadi tergesa-gesa dan banyak hal detail yang bisa saja terlupakan. Seperti berkas yang ketinggalan dan lain sebagainya.

3. Berusaha akrab dengan warga sekitar

5 Hal Krusial Ini Wajib Dilakukan Cewek yang Tinggal SendirianUnsplash/Alexis Brown

Salah satu hal yang penting untuk kamu lakukan adalah, mencoba akrab dengan warga sekitar. Kita gak pernah tahu kan, bakal terjadi peristiwa apa ke depannya. Dengan mengenal dan dikenal baik oleh warga sekitar, akan memudahkanmu mendapatkan kenyamanan. Misalnya saat ada orang mencurigakan di sekitar tempat tinggalmu, tetangga akan dengan sigap memberitahu. Atau soal sepele seperti jemuran. Di saat hujan turun dan kamu belum pulang kerja, mereka akan suka rela membantu mengamankan cucianmu agar tidak basah kuyup.

Makanya penting bagimu untuk sesekali 'menampakkan diri" ke luar rumah atau kamar kost, sapa para ibu-ibu komplek dengan ramah, atau pergi belanja di tukang sayur langganan mereka dan biasakan mengobrol bersama warga yang lain. Percayalah, dengan bersikap demikian akan menjauhkan kamu dari bahan gosip. Jangan betah di dalam kamar terus, sampai lupa bersosialisasi, ya.

Baca Juga: Merantaulah dan Rasakan 7 Manfaat Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan Ini

4. Berpaikan sopan saat keluar rumah

5 Hal Krusial Ini Wajib Dilakukan Cewek yang Tinggal SendirianUnsplash/ Nicholas Green

Meskipun yang namanya kejahatan bisa terjadi pada siapapun, tapi gak ada salahnya kok untuk berupaya menekan terjadinya kejadian buruk tersebut. Salah satunya dengan tidak memakai pakaian seksi saat berada di luar rumah. Ingat, kamu tinggal sendirian dan keamanan diri adalah tanggung jawabmu sendiri. Ketika akan membeli mie instan di warung, misalnya. Gunakan baju yang sopan dan tak mengundang lawan jenis untuk memperhatikanmu lama-lama.

Tebarkan senyum dan sapa secukupnya pada warga yang kamu kenal. Dan biacaralah dengan santun pada orang yang lebih tua. Dijamin deh, image baik akan melekat padamu.

5. Cari teman yang bisa dimintai bantuan sewaktu-waktu saat diperlukan

5 Hal Krusial Ini Wajib Dilakukan Cewek yang Tinggal SendirianUnsplash/Bewakoof.com Official

Bersyukurlah jika saat merantau kamu telah memiliki teman yang memang sejak lama tinggal di kota itu. Dia bisa menjadi andalanmu saat kau masih bingung dengan kebiasaan serta suasana setempat. Tapi jika kamu benar-benar tak mempunyai saudara ataupun teman, jangan kawatir. Segeralah mengakrabkan diri dengan teman kantor maupun tetangga sekitar. Pasti ada kok satu-dua orang yang bisa dipercaya dan bersedia membantumu di kala susah.

Berbeda dengan laki-laki yang seolah bebas berpetualang sendiri kemana pun dia mau. Sebagai wanita kamu dituntut untuk bisa menjaga kehormatan diri, dan jangan sampai mengalami hal buruk. Orangtuamu pasti berat hati melepasmu hidup mandiri. Tapi yakin saja, selama kamu mau menerapkan 5 poin barusan, pasti suasana aman dan nyaman tetap dapat dirasakan walaupun harus berada jauh dari keluarga. 

Baca Juga: 5 Momen Kesedihan yang Pasti Dirasakan oleh Kamu yang Merantau

Angel Rose Photo Verified Writer Angel Rose

Jadikan tulisanmu sebagai virus yang menularkan kebaikan <3 ^^ Ig: @caecilia.angel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You