Comscore Tracker

5 Fakta Hari Perempuan Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Maret

Setiap hari harusnya Hari Wanita, iya gak sih?

Setiap 8 Maret merupakan hari yang spesial bagi seluruh wanita di dunia. Pasalnya, tanggal tersebut merupakan Hari Wanita Internasional. Hari ini merupakan simbol para wanita di dunia untuk melawan kesenjangan dan ketidakadilan yang dialami oleh wanita. Berikut 5 fakta mengenai Hari Wanita Internasional yang harus kamu ketahui. 

1. Sejarah Hari Wanita Internasional

5 Fakta Hari Perempuan Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Maretjacobinmag.com/MeganTrudell

Awal dari munculnya hari bersejarah ini sudah dimulai ratusan tahun lalu, tepatnya pada tahun 1909. Saat itu, Partai Sosialis Amerika Serikat bersama 15.000 wanita melakukan aksi untuk memerangi upah yang rendah tetapi dengan jam kerja tinggi bagi kaum buruh wanita di sana. Aksi ini dilakukan di kota New York. 

Sejak kejadian ini, hari ini diperingati sebagai Hari Wanita Internasional oleh berbagai negara saat itu(kecuali Rusia), tepatnya pada tahun 1911. Rusia sendiri baru meresmikan Hari Wanita Internasional pada tahun 1913. Pada tahun 1917, lebih dari 10.000 wanita Rusia turun ke jalan untuk meminta hak-hak mereka.

2. Cara untuk merayakan Hari Wanita Internasional

5 Fakta Hari Perempuan Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Mareteuroweeklynews.com/EWNTEAM

Banyak sekali cara untuk merayakan Hari Wanita Internasional. Kamu bisa mengikuti aksi jalanan atau "women march" yang biasa diselenggarakan di berbagai kota. Kamu juga bisa mengikuti konferensi yang khusus untuk memperingati hari ini. Jika kamu tak bisa melakukan keduanya, kamu bisa menggunakan pakaian berwarna ungu ketika keluar rumah. 

3. United Nations meresmikan hari ini pada tahun 1975

5 Fakta Hari Perempuan Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Maretpexels.com/Jakob

Pada tahun 1975, United Nations resmi mengumumkan bahwa setiap tanggal 8 Maret merupakan Hari Wanita Internasional. Sejak saat itu, United Nations resmi membantu kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kesetaraan gender ataupun perayaan Hari Wanita Internasional di berbagai penjuru dunia. United Nations dapat memberikan sponsor baik kepada organisasi resmi pemerintah hingga komunitas. 

Baca Juga: 7 Pelajaran Hidup dari Captain Marvel untuk Jadi Perempuan Tangguh

4. Di beberapa negara, Hari Wanita Internasional dijadikan hari libur

5 Fakta Hari Perempuan Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Maretnypost.com/EPA

Untuk memperingati Hari Wanita Internasional, sebagian negara meliburkan aktivitas di hari ini. Negara-negara yang telah menerapkan kebijakan ini ialah Afghanistan, Kuba, Vietnam, Uganda, Mongolia, Georgia, Laos, Kamboja, Armenia, Belarus, Montenegro, Rusia, dan Ukraina. Di tahun 2020, 8 Maret sendiri bertepatan dengan hari Minggu. 

5. Laki-laki juga dapat merayakan Hari Wanita Internasional

5 Fakta Hari Perempuan Internasional yang Dirayakan Setiap 8 Maretusatoday.com/SophiaTulp

Pastinya setiap orang dapat merayakan hari istimewa ini, termasuk bagi para laki-laki. Tak jarang laki-laki yang ikut turun ke jalan. Hal yang paling mudah untuk merayakan hari ini bagi para lelaki ialah memberikan ucapan atau hadiah kepada ibu, istri, pacar, ataupun kolega wanita. 

Nah, itu dia 5 fakta mengenai Hari Wanita Internasional yang harus kamu ketahui. Apakah kamu tertarik ikut berpartisipasi dalam perayaan tahun ini?

Baca Juga: 6 KDrama Ini Gambarkan Perjuangan Tangguh Perempuan di Tempat Kerja

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya