Comscore Tracker

5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit Sehat

Ternyata wanita Thailand gemar menggunakan bahan-bahan alami

Semua wanita pasti memimpikan kulit cantik dan sehat dong, pastinya. Bagi kebanyakan wanita Asia, rahasia kulit cantik dan sehat bisa didapatkan dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah didapatkan. Salah satu negara yang terkenal akan kecantikan dan kesehatan kulit para wanitanya ialah Thailand.

Dalam hal kekayaan rempah-rempah, negara yang satu ini tidak berbeda jauh dengan negara kita. Tapi dalam persoalan merawat kulit, mereka punya bahan-bahan tertentu yang sudah terkenal secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Pasti penasaran dong, bahan-bahan apa aja sih yang jadi rahasia kecantikan kulit wanita Thailand? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

1. Kunyit

5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit SehatPixabay/StockSnap

Selain digunakan untuk memasak, rupanya kunyit ini juga dijadikan sebagai salah satu bahan penting dalam merawat kecantikan kulit bagi orang Thailand, lho. Rupanya kunyit biasa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk facial scrub di Thailand.

Melansir dari Stylecraze, kamu bisa menghaluskan kunyit hingga menjadi bubuk, tambahkan sedikit air dan campur hingga merata, sesudah itu aplikasikan ke wajahmu dan gosok dengan perlahan selama 3-5 menit. Terakhir, cucilah mukamu dengan air. Kunyit juga dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat, lho.

2. Pepaya

5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit SehatUnsplash/Hiral Patel

Buah pepaya dikenal sebagai buah yang bisa membantu memperlancar pencernaan. Tapi sebenarnya, buah satu ini juga punya beragam fungsi dan manfaat untuk kecantikan, lho. Terkenal akan kandungan berbagai nutrisi seperti vitamin C, A, E, K, enzim papain, niacin, dan lain sebagainya, membuat pepaya banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan.

Wanita Thailand salah satu yang banyak memanfaatkan buah pepaya sebagai rahasia kecantikan alami mereka. Kamu bisa membuat masker dengan bahan buah pepaya yang dihaluskan, kemudian tambahkan dengan madu. Kulitmu bakal terlihat lebih cerah dan terasa lebih lembap!

3. Minyak kelapa

5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit Sehatpixabay/moho01

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan oleh orang Thailand untuk memasak dan membuat ramuan kecantikan. Minyak kelapa merupakan salah satu minyak paling aman untuk membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulitmu.

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering di wajah atau bagian lain tubuhmu, kamu bisa mengaplikasikannya dengan cara mengoleskan ke kulitmu, lalu pijat dengan perlahan hingga minyak tersebut meresap dengan sempurna ke dalam kulit. Bisa dipakai setelah kamu membersihkan sisa-sisa makeup atau sebelum tidur.

4. Daun serai/sereh

5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit Sehatfreepik.com

Siapa yang sudah tahu kalau daun serai/sereh rupanya punya manfaat eksfoliasi dan detoksifikasi untuk kulit? Seperti halnya di Indonesia, daun serai juga umum digunakan sebagai bahan masakan oleh orang Thailand. Namun wanita Thailand senang memanfaatkan daun ini untuk kecantikan dan kesehatan kulit mereka.

Masih melansir dari Stylecraze, daun serai ini bisa membantu mempermudah dalam membersihkan kotoran dan minyak berlebih di pori-pori wajah, lho. Caranya yakni dengan memasukkan potongan-potongan daun serai segar ke dalam air mendidih, biarkan selama 30 menit agar air tercampur dengan ekstrak daun serai. Saring, lalu hirup uapnya secara berulang selama 3 kali, biarkan uap menyerap ke dalam kulitmu. Uap itulah yang akan membantu membuka pori-pori wajahmu sehingga memudahkan kotoran dan minyak yang menyumbat di pori-pori.

Selain itu, menurut laman tastythailand.com, daun serai pun bisa menjadi minuman detoksifikasi. Caranya cukup sederhana, cukup potong-potong daun serai, tambahkan potongan kecil jahe, daun basil, dan melati. Rebus semua bahan ini selama 10 menit, setelah itu dinginkan. Setelah dingin kamu bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis biar lebih segar untuk diminum.

5. Minum-minuman Thailand, seperti green tea, fruit juice, atau fruit shake

5 Rahasia Cantik ala Wanita Thailand, Skincare Alami Bikin Kulit Sehatunsplash/oriento

Rupanya banyak wanita Thailand yang lebih memilih jenis-jenis minuman seperti green tea/teh hijau, jus buah, atau fruit shake untuk mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit mereka. Dibandingkan minuman beralkohol atau kopi, teh hijau termasuk minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh wanita Thailand. Hal ini didukung dengan fakta bahwa teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Selain itu, manfaat meminum teh hijau selain baik untuk kesehatan kulit, yakni juga membantu menurunkan berat badan hingga mengurangi bau mulut. Sebagai variasi, kamu juga bisa membuat green tea shake dengan menambahkan vanilla yoghurt dan lemon sherbet. Nikmat dan sehat banget buat kulitmu!

Itulah kelima rahasia kulit cantik nan sehat ala wanita Thailand. Bahan-bahan yang digunakan pun ternyata cukup umum dan mudah didapatkan di Indonesia juga. Apa kamu tertarik mengikuti facial & body treatment ala wanita Thailand dengan menggunakan bahan-bahan di atas? Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Wajib Tahu, Ternyata 5 Bahan Makanan Ini Gak Baik untuk Wajah, lho!

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya