Comscore Tracker

5 Fakta Menarik dari Met Gala, Acara Tahunan Vogue yang Spektakuler

Dilakukan setiap hari Senin pertama pada bulan Mei

Acara bergengsi, Met Gala ini memang harus ditunda akibat penyebaran COVID-19. Namun selain ajang bergengsi dalam fesyen, acara ini juga menggalang dana untuk Metropolitan Museum of Art's Costume Institute New York. 

Bahkan acara ini sudah ada sejak tahun 1948, Met Gala ini juga dihadiri dengan orang-orang pilihan dalam dunia seni dan fesyen. Berikut adalah fakta menarik dari Met Gala. 

1. Hadir sejak tahun 1948

5 Fakta Menarik dari Met Gala, Acara Tahunan Vogue yang Spektakulerstraitstimes.com

Met Gala pertama kali diperkenalkan ke masyarakat New York pada tahun 1948 oleh humas fesyen, Eleanor Lambert, dengan tiket seharga $ 50 dan acara tersebut adalah acara khusus yang dirancang untuk mengumpulkan uang untuk Metropolitan Museum of Art's Costume Institute New York. 

Hari ini, seseorang harus dipilih oleh ketua wanita yaitu Anna Wintour yang menjadi editor in chief Vogue. Tujuan di balik acara masih tetap sama; untuk mengumpulkan uang bagi Lembaga Kostum yang kini berusia 71 tahun, seperti yang dikutip oleh Tatler. 

2. Harga tiket yang selangit 

5 Fakta Menarik dari Met Gala, Acara Tahunan Vogue yang Spektakulernypost.com

Jika cukup beruntung untuk berada di daftar tamu maka kamu tidak perlu membayar untuk hadir. Jika seseorang tidak ada dalam daftar, tetapi telah berhasil mendapatkan kesempatan hadir, tiket masing-masing dihargai sekitar $ 30.000 (£ 24.000), dengan meja seharga sekitar $ 275.000 (£ 215.000) seperti yang dikutip dari Vogue. 

Dalam event ini berbagai desainer akan mendesain baju sesuai tema yang diberikan. Para desainer pun juga diberi kesempatan untuk memilih artis dan model sebagai inspirasi mereka untuk acara Met Gala.  

Tak hanya itu, kursi acara Met Gala ini terbatas, hanya 600 orang saja yang bisa menghadiri acara tersebut. 

Baca Juga: Kocak, 9 Kostum Unik Met Gala ala Nassar Ini Viral

3. Tema berbeda tiap tahunnya

5 Fakta Menarik dari Met Gala, Acara Tahunan Vogue yang Spektakulervanityfair.com

Setiap tahunnya Met Gala akan memiliki tema yang berbeda, seperti
Alexander McQueen: Savage Beauty pada 2011 yang ditujukan untuk mengenang desainer Alexander MacQueen. Salah satu event Met Gala yang paling sukses adalah Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination di mana mereka mengumpulkan dana sebesar $15 juta. 

Tahun ini, Met Gala akan memiliki tema About Time: Fashion and Duration. Namun akibat COVID-19 Met Gala tahun ini harus mengganti jadwal mereka ke bulan Oktober mendatang, seperti yang dikutip dari Vogue. 

4. Ada lima peraturan khusus yang diikuti 

5 Fakta Menarik dari Met Gala, Acara Tahunan Vogue yang Spektakulerbillboard.comt

Ada lima peraturan unik bagi orang-orang yang menghadiri Met Gala. Antara lain, tidak ada selfie, melarang anak di usia 18 tahun ke bawah, tidak boleh merokok, tidak ada hidangan dengan bumbu bawang yang menyengat, dan pengaturan tempat duduk yang ketat, seperti yang dikutip dari The Independent. 

Namun meski ada pelarangan selfie, selebriti seperti keluarga Kardashian dan selebriti lainnya tetap melakukannya di dalam toilet. 

Sedangkan untuk tempat duduk, orang-orang yang akan bekerja di event tersebut harus mematiskan bahwa tamu Met Gala belum duduk atau bertemu bersama. Salah satu tujuan acara ini adalah bertemu dengan orang-orang baru.

5. Dilakukan setiap hari Senin pada awal bulan Mei

5 Fakta Menarik dari Met Gala, Acara Tahunan Vogue yang Spektakulernytimes.com

Dikutip dari The Independent bahwa sebelumnya Met Gala ini pernah dilaksanakan pada bulan April pada tahun 2001-2004.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di The New York Times pada Mei 2000, tanggal acara tahunan di museum berubah setelah pembatalan pameran karya perancang busana Prancis, Coco Chanel.

Pameran dibatalkan setelah kematian kurator kepala museum, Richard Martin, pada November 1999, karena diduga "mustahil" bagi museum untuk menyiapkan retrospektif tepat pada waktunya untuk tanggal yang dijadwalkan.

Artikel itu menambahkan bahwa pameran musim dingin di Metropolitan Museum of Art's Costume Institute New York dianggap sebagai "acara budaya dan sosial yang penting di New York", dihadiri oleh banyak donor amal.

Menyusul pembatalan pameran musim dingin, museum mengadakan pameran untuk menghormati mantan ibu negara AS Jacqueline Kennedy pada tahun 2001 dari 1 Mei hingga 29 Juli.

Tahun itu, Kostum Institute Git Benefit Institute, juga dikenal sebagai "Pesta Tahun Ini", diadakan pada tanggal 23 April. Gala itu tidak diadakan pada tahun 2002, setelah serangan teroris 9/11.

Acara akhirnya dilanjutkan pada 28 April tahun berikutnya, dan kemudian pada 26 April 2004.

Pada tahun 2005, Met Gala diadakan pada hari Senin pertama bulan Mei, dengan sebuah pameran yang memberikan penghormatan kepada rumah mode Prancis Chanel.

Sejak itu, sudah menjadi kebiasaan bagi pesta bertabur bintang untuk berlangsung pada hari Senin pertama bulan Mei.
 

 
 
 
 

Baca Juga: Kisah Anna Wintour, Pimpinan Vogue yang Kudu Diketahui Penyuka Fashion

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya