Ini 7 Kesalahan Memakai Skincare yang Bisa Memicu Penuaan Dini

Jangan sampai wajahmu terlihat menua lebih cepat

Banyak perempuan yang mendambakan kulit wajah kencang, sehat, dan awet muda. Selain menerapkan pola hidup sehat, menggunakan produk skincare secara rutin juga bisa membantu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Namun, kamu harus ingat, memakai skincare juga gak boleh asal-asalan. Bukannya awet muda, ternyata kebiasaan yang salah dalam menerapkan skincare justru bisa membuat wajahmu terlihat menua lebih cepat.

Untuk itu, kamu harus bijak dalam memilih dan menggunakan produk skincare. Di bawah ini ada lima kesalahan pemakaian skincare yang bisa memicu munculnya penuaan dini. Yuk, simak baik-baik!

1. Tidak menghapus riasan sebelum tidur

Ini 7 Kesalahan Memakai Skincare yang Bisa Memicu Penuaan Diniilustrasi tidur dengan wajah penuh makeup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski terdengar sepele, nyatanya tidak menghapus riasan sebelum tidur bisa mengakibatkan kondisi kesehatan kulitmu menjadi menurun, lho. Bahkan, wajah kamu akan lebih rentan mengalami kerutan dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.

“Jangan tidur tanpa menghapus makeup dan mencuci muka,” tegas Dr. Lilliana Ramirez Garcia, MD, seorang dokter kulit bersertifikat dari Nava MD, dilansir Shefinds.

Membersihkan wajah merupakan langkah paling mendasar dalam rutinitas perawatan kulit yang berguna untuk menghilangkan kotoran, bakteri, polusi, dan bahan kimia dari produk makeup. Tidak membersihkan wajah sama saja dengan membiarkan berbagai kotoran tersebut menumpuk di pori-pori. Yang mana, hal itu bisa memicu berbagai masalah kulit tertentu, mulai dari jerawat, komedo, kulit kusam, hingga kerutan.

“Membiarkan riasan tetap menempel dapat menghalangi proses revitalisasi alami kulit kamu. Akibatnya, wajah akan tampak kusam, kasar, dan jauh dari kulit bercahaya serta awet muda yang seharusnya kamu dapatkan,” jelas Dr. Garcia.

2. Melewatkan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit di pagi hari

Ini 7 Kesalahan Memakai Skincare yang Bisa Memicu Penuaan Diniilustrasi mengaplikasikan sunscreen (pexels.com/Moose Photos)

Buat kamu yang suka malas menggunakan sunscreen, mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk tersebut, ya. Pasalnya, melewatkan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit di pagi hari bisa bikin kulitmu terbakar akibat sinar matahari. Selain itu, dapat mempercepat proses munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Dikutip Shefinds, seorang dokter kulit bersertifikat, Dr. Adam Mamelak, MD, menyatakan bahwa menggunakan sunscreen merupakan langkah perawatan kulit anti-aging paling penting dan tak boleh dilewatkan. Jadi, selalu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi atau minimal SPF 30.

“Aplikasikan sunscreen kembali setiap dua jam atau lebih jika kamu berenang atau berkeringat. Topi juga bisa digunakan untuk memberikan perlindungan maksimal pada kulitmu,” tuturnya.

Dilansir EatThis, Kathryn McDavid, selaku CEO Editor’s Pick, setuju, jika kamu ingin menjaga kulit wajah tetap sehat dan awet muda, maka jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan tabir surya setiap hari. Sinar matahari akan memberikan dampak buruk terhadap kulit. Meskipun dampaknya tidak langsung terasa, tapi jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin wajah kamu akan terlihat menua lebih cepat.

3. Mengaplikasikan produk skincare tidak sampai ke bagian leher

Ini 7 Kesalahan Memakai Skincare yang Bisa Memicu Penuaan Diniilustrasi seorang wanita memakai skincare (pexels.com/Sora Shimazaki)

Ketika merawat kulit wajah, penting juga untuk merawat kulit di bagian leher. Sayangnya, masih banyak perempuan yang lebih fokus merawat kulit wajahnya, sehingga lupa kalau kulit leher juga perlu dirawat.

Padahal sama halnya dengan kulit wajah, kulit di area leher juga merupakan bagian tubuh yang sering terekspos. Selain itu, kulit di area leher cenderung lebih tipis dan halus, sehingga sangat rentan mengalami tanda-tanda penuaan, seperti kulit kendur, kerutan, dan garis halus.

“Jangan lupakan lehermu! Lanjutkan rutinitas perawatan kulit kamu hingga ke area leher untuk menunda pembentukan garis halus, kerutan, dan bintik hitam di area tersebut,” saran Garcia.

4. Menggunakan produk skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit

dm-player
Ini 7 Kesalahan Memakai Skincare yang Bisa Memicu Penuaan Diniilustrasi mencuci muka (pexels.com/Ron Lach)

Kesalahan umum lainnya yang bisa memicu munculnya penuaan dini adalah menggunakan produk skincare yang tak sesuai dengan jenis kulit. Mungkin kamu tergoda dengan produk perawatan kulit terbaru yang ditayangkan iklan di televisi atau tertarik memakai produk skincare tertentu yang direkomendasikan oleh blogger kecantikan dan selebriti.

Namun, perlu diketahui bahwa sebaik-baiknya produk skincare adalah yang paling cocok dengan kulitmu. Itu artinya, betapapun bagusnya dan mahalnya produk skincare yang kamu miliki, jika itu memang tidak sesuai dengan kebutuhan kulitmu, maka kamu tidak akan mendapatkan efek atau hasil apa pun dari produk tersebut.  

Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan terlebih dahulu kondisi, jenis, dan kebutuhan kulitmu sebelum memutuskan membeli produk skincare. Apabila kamu kesulitan dalam mengidentifikasi jenis dan kondisi kulit, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan jawaban yang akurat.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Kulit, Skincare Saja Gak Cukup!

5. Malas melakukan eksfoliasi

Ini 7 Kesalahan Memakai Skincare yang Bisa Memicu Penuaan Diniilustrasi melakukan eksfoliasi (freepik.com/wayhomestudio)

Pada dasarnya, kulit secara alami akan mengalami proses regenerasi, yaitu pengelupasan sel kulit mati yang kemudian akan digantikan dengan sel kulit baru. Namun terkadang, beberapa sel kulit mati mampu bertahan lebih lama di dalam kulit. Akibatnya, sel kulit mati tersebut kian menumpuk, sehingga membuat pori-pori menjadi tersumbat.

Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi kulit secara rutin, maksimal tiga kali seminggu sangat penting untuk mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati, sehingga wajah terlihat lebih cerah, halus, dan bebas dari jerawat. Di sisi lain, melakukan eksfoliasi secara teratur dapat membantu meningkatkan produksi kolagen untuk membuat wajah terlihat muda dan meminimalkan munculnya kerutan serta kulit kendur.

“Gunakan produk pengelupasan kulit secara fisik, kimia atau enzim untuk mengangkat sel kulit mati,” ujar Ashley Holladay, sekalu Editor Senior di Skincare Lab, dikutip EatThis. “Tanpa eksfoliasi yang tepat sebanyak 2-3 kali seminggu, kulit akan tampak kusam dan tidak rata,” katanya menambahkan.

6. Melewatkan pemakaian moisturizer

Ini 7 Kesalahan Memakai Skincare yang Bisa Memicu Penuaan Diniilustrasi memakai pelembap wajah (pexels.com/Anna Shvets)

Menjaga kulit wajah tetap terhidrasi akan membantu meminimalkan terbentuknya tanda-tanda penuaan dini. Kulit yang lembap bisa meningkatkan fungsi skin barrier, sehingga kulit kamu tidak mudah mengalami berbagai masalah kulit, termasuk penuaan dini.

Namun, tidak sedikit orang yang masih melewatkan penggunaan moisturizer, terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Anggapan bahwa memakai moisturizer pada kulit berminyak bisa meningkatkan produksi minyak berlebih di wajah, membuat mereka enggan menggunakan moisturizer.

Padahal, saat ini, sudah banyak produk pelembap dengan tekstur yang lebih ringan dan mudah menyerap serta mengandung bahan-bahan yang diformulasikan khusus untuk oily skin type. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai produk moisturizer, ya. 

7. Menunda pemakaian produk skincare anti-aging

Ini 7 Kesalahan Memakai Skincare yang Bisa Memicu Penuaan Diniilustrasi menggunakan serum (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menurut seorang dokter kulit dari Your Doctor Online, Amna Khan, MD, kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak perempuan adalah menunda pemakaian produk skincare yang mengandung anti-aging. Mereka justru mulai merawat kulit dengan produk skincare anti-aging ketika tanda-tanda penuaan sudah mulai terlihat.

“Pada saat itu, sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk mengembalikan tanda-tanda penuaan dengan menggunakan krim yang dijual bebas,” ujar Dr. Khan, dikutip EatThis.

Untuk mencegah hal tersebut, Dr. Khan menyarankan agar kamu melakukan tindakan pencegahan, yaitu memakai produk skincare anti-aging tepat pada usia 23 hingga 25 tahun. Di sisi lain, produk skincare anti-aging yang kandungan retinol, Vitamin C, dan peptida sangat direkomendasikan karena dapat membantu mengatasi sekaligus mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan pada wajah.

Berikut tadi ulasan mengenai beberapa kesalahan memakai skincare yang dapat memicu penuaan dini. Jika kamu merasa pernah melakukan salah satu atau beberapa kesalahan di atas, mulai sekarang segera hentikan dan hindari, ya. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dari rutinitas perawatan kulitmu dan terhidar dari risiko mengalami penuaan dini.

Baca Juga: 5 Manfaat Lakukan Perawatan Wajah dan Tubuh  Sendiri di Rumah

Delvi Ayuning Photo Verified Writer Delvi Ayuning

Menulis bukan sekadar menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya