Comscore Tracker

5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Enak Dimakan

Pepaya bisa dijadikan masker alami lho

Kamu suka makan pepaya? Buah berwarna oranye dengan rasa manis dan tekstur lembut ini punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi menyehatkan pencernaan dan cocok untuk program penurunan berat badan.

Selain itu, kandungan vitamin dan protein di dalam pepaya juga berkhasiat menjaga kesehatan kulit lho. Bisa digunakan sebagai bahan alami pengganti produk kecantikan. Manfaatnya pun gak main-main, mulai dari membasmi jerawat sampai mengatasi kulit pecah-pecah.

Simak nih lima khasiat buah pepaya untuk kesehatan kulit di bawah ini. Ada cara membuat maskernya juga lho!

1. Mencerahkan warna kulit

5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Enak Dimakanm.2gis.ru

Vitamin C alami dipercaya ampuh membantu mencerahkan kulit yang sering terpapar sinar matahari dan menyamarkan noda kusam. Meski kadarnya gak setinggi buah jeruk, vitamin C dalam pepaya juga punya khasiat serupa.

Kamu bisa membuat masker wajah dari buah pepaya asli. Caranya sangat mudah, cukup haluskan buah pepaya secukupnya dengan bantuan sendok. Balurkan merata di seluruh kulit wajah lalu biarkan mengering.

Masker ini juga bisa digunakan untuk kulit leher, tangan, hingga kaki. Khasiatnya lebih ampuh ketimbang produk kecantikan di pasaran yang mengandung ekstrak pepaya.

2. Menjaga kelembapan kulit

5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Enak Dimakanipface.pt

Pepaya termasuk golongan buah dengan kadar air tinggi. Rutin mengonsumsinya bisa membantu tubuh kita terhindar dari kekurangan cairan. Pastinya harus diimbangi dengan asupan air putih yang cukup ya.

Selain dikonsumsi, khasiat ini juga bisa didapat lewat masker pepaya. Cara pembuatannya sama seperti di atas, lalu tambahkan sedikit madu yang sama-sama berkhasiat menjaga kelembapan kulit.

3. Meredakan rasa ngilu akibat jerawat

5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Enak DimakanHopkinsmedicine.org

Ada beberapa jenis jerawat yang menimbulkan rasa ngilu dan bikin gak nyaman. Biasanya sampai membengkak dengan warna kemerahan, atau terdapat titik putih di bagian tengahnya.

Nah, buah pepaya bisa memberikan sensasi dingin dan meredam rasa ngilunya lho. Caranya gampang banget, potong buah pepaya dengan bentuk memanjang lalu simpan dalam kulkas selama 1-2 jam.

Setelah cukup dingin, keluarkan pepaya dari kulkas lalu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Kamu juga bisa sedikit menekannya atau mengusap dengan gerakan memutar. Lakukan secara rutin sampai jerawat mengempis.

Baca Juga: 10 Tahapan Korean Skincare yang Bikin Wajahmu Terlihat Glowing

4. Mengecilkan pori-pori kulit wajah dan membasmi komedo

5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Enak Dimakanglam.com

Dalam buah pepaya terkandung enzim papain yang biasanya digunakan untuk melunakkan tekstur daging. Tapi tenang, hal ini gak berlaku pada tubuh manusia karena daging kita terbungkus kulit.

Enzim papain mempercepat pengelupasan sel kulit mati, juga melunakkan komedo sehingga lebih mudah keluar dari pori-pori. Setelah itu, pemakaian masker pepaya akan membantu merapatkan lagi pori-pori sehingga kulit lebih halus.

5. Menghaluskan telapak kaki pecah-pecah

5 Khasiat Pepaya untuk Kesehatan Kulit, Gak Cuma Enak DimakanPixabay/tookapic

Gak cuma kulit wajah saja lho, khasiat pepaya juga bisa membantu mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah. Biasanya di bagian tumit, pecah-pecah ini muncul karena kondisi kulit kering dan rendah kadar kelembabannya.

Sama seperti membuat masker wajah, pepaya yang sudah dihaluskan dan dicampur sedikit madu bisa dioleskan langsung pada kaki. Fokuskan pada bagian kulit kaki yang pecah-pecah dan lakukan secara rutin.

Ternyata gak cuma enak dimakan dan kaya gizi, buah pepaya bermanfaat banget buat kesehatan kulit. Para cewek wajib coba nih, kandungan alaminya dijamin lebih aman buat kulit. Selamat mencoba!

Baca Juga: Jangan Coba-coba Pakai 5 Produk Kecantikan Ini Saat Wajahmu Berjerawat

Topic:

  • Dian Septi Arthasalina
  • Pinka Wima

Just For You