Dry Shampoo Day! Sejarah Penting Inovasi Perawatan Rambut 

Dijadikan hari libur nasional di Eropa lho

Tahukah kamu tanggal 10 Maret setiap tahunnya diperingati sebagai Dry Shampoo Day, atau hari peringatan sampo kering.

Di balik fungsinya sebagai bahan perawatan rambut, dry shampoo punya sejarah panjang yang penting lho, sampai-sampai dibuatkan hari peringatan khusus.

Penasaran dengan sejarah lengkapnya?

1. Dry shampoo sudah mulai digunakan oleh orang Asia sejak abad ke-15 lho!

Dry Shampoo Day! Sejarah Penting Inovasi Perawatan Rambut buzznick.com

Meski penggunaannya masih kurang populer di Indonesia, dry shampoo ternyata sudah sangat lama digunakan oleh orang-orang Asia, sejak abad ke-15 lho!

Dilansir dari hasil penelusuran Toni & Guy Hairdressing Academy, bukti penggunaan dry shampoo di masa lampau adalah kebiasaan orang kuno membubuhkan serbuk tanah liat di permukaan kulit kepala sebelum memakai penutup kepala.

2. Produk dry shampoo komersil pertama dijual pada tahun 1940

Dry Shampoo Day! Sejarah Penting Inovasi Perawatan Rambut glowsly.com

Di abad ke-17 hingga ke-18, orang-orang Eropa mulai melakukan hal serupa, membubuhkan tepung ke permukaan kulit kepala sebelum mengenakan wig atau rambut palsu.

Kebiasaan ini cukup populer di kalangan kerajaan yang menjadikan rambut palsu sebagai salah satu tanda kehormatan.

Produk dry shampoo komersil pertama yang diluncurkan ke pasaran adalah merek Minipoo, buatan Stephanie Brook Company of Jersey City di New Jersey. Target utamanya adalah wanita, untuk menghadapi kencan dadakan atau pengganti cuci rambut saat sedang sakit.

3. Inovasi besar di Prancis menjadi cikal bakal peringatan Dry Shampoo Day

Dry Shampoo Day! Sejarah Penting Inovasi Perawatan Rambut adorebeauty.com.au

Gak lama setelah kemunculan Minipoo di pasaran, seorang apoteker asal Prancis Barat Daya bernama Pierre Fabre mencetuskan ide membuat produk perawatan kecantikan yang ramah lingkungan.

Salah satu hasilnya adalah dry shampoo berbahan dasar tanaman organik, yang terus berinovasi hingga kini dikenal sebagai Klorane, merek dry shampoo ternama asal Eropa.

Karena penggunaan dry shampoo makin meningkat di seluruh belahan dunia, Klorane mengusulkan tanggal 10 Maret sebagai National Dry Shampoo Day sejak tahun 2017. Di Eropa sendiri, perayaan ini juga dijadikan hari libur nasional lho!

Baca Juga: Ini Dia 6 Tips Dasar Saat Kamu Pakai Dry Shampoo, Praktis Abis!

4. Perjalanan panjang dari serbuk tanah liat hingga tanaman organik

Dry Shampoo Day! Sejarah Penting Inovasi Perawatan Rambut beautifullyalive.org

Dry shampoo melewati perjalanan panjang hingga kini tersedia dalam berbagai merek dan varian. Dari yang awalnya berbahan dasar serbuk tanah liat, lalu berinovasi ke bahan baku tepung gandum, hingga yang termutakhir sudah dilengkapi dengan nutrisi tambahan untuk rambut.

Dry shampoo menjadi senjata ampuh mengatasi rambut lepek, berminyak dan kusut tanpa perlu mencuci rambut. Penggunaan produk ini juga bisa bikin rambut nampak lebih bervolume lho.

5. Sebanyak 17 persen wanita di dunia rutin menggunakan dry shampoo sebagai pengganti cuci rambut

Dry Shampoo Day! Sejarah Penting Inovasi Perawatan Rambut theluxuryspot.com

Brand dry shampoo ternama asal Eropa yaitu Klorane telah melakukan survey lewat hasil penjualan produknya di berbagai belahan dunia. Hasilnya, sebanyak 17 persen wanita di dunia sudah rutin menggunakan dry shampoo sebagai perawatan rambut utama.

Dry shampoo memang sangat praktis, menghemat waktu mencuci rambut plus gak perlu menunggunya sampai kering. Cocok banget buat para wanita yang punya mobilitas tinggi, jangan sampai kesibukan bikin rambutmu gak terawat.

Apakah kamu juga rutin menggunakan dry shampoo sehari-harinya?

Baca Juga: Rambut Sering Lepek? Bikin Dry Shampoo Sendiri Yuk!

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You