Comscore Tracker

5 Cara Menebalkan Rambut yang Tipis secara Alami, Cepat dan Ampuh

Jangan lupa dipraktikkan!

Memiliki rambut yang sehat dan tebal bisa menjadi impian banyak orang. Sebagian orang memilikinya secara alami, namun beberapa lainnya perlu usaha keras dan bisa memakan waktu untuk mendapatkan rambut yang tebal dan indah.

Tentu, kamu bisa mendapatkan rambut yang lebih tebal dengan cara instan, misalnya dengan ekstensi. Namun, kamu juga bisa mendapatkan rambut yang lebih tebal dengan cara alami yang tentunya lebih aman dan tahan lama.

Dilansir dari laman Medical News Today dan Mind Body Green, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat rambut menjadi lebih tebal.

1. Alpukat

5 Cara Menebalkan Rambut yang Tipis secara Alami, Cepat dan Ampuhilustrasi buah alpukat (pixabay.com/coyot)

Alpukat adalah superfood yang kaya akan vitamin E, dan telah lama diandalkan sebagai pelembab yang baik dan membuat rambut jadi lebih tebal. Untuk mendapatkan manfaatnya, buat masker alpukat sederhana dan aplikasikan dua kali seminggu.

Begini cara membuat masker alpukat:

  • Siapkan mangkuk, hancurkan satu buah alpukat berukuran kecil dengan satu sendok makan minyak zaitun;
  • Aplikasikan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala;
  • Biarkan selama sekitar 30 menit dan bilas dengan sampo hingga bersih.

2. Gel lidah buaya

5 Cara Menebalkan Rambut yang Tipis secara Alami, Cepat dan Ampuhilustrasi gel lidah buaya (pixabay.com/mozo190)

Tanaman lidah buaya bisa memberikan manfaat untuk tubuh, dari ujung kaki hingga ujung kepala. Mengaplikasikan lidah buaya atau minyak lidah buaya langsung ke rambut dan kulit kepala dapat membantu memperkuat dan membuat rambut menjadi lebih kuat seiring waktu.

Selain menggunakan lidah buaya segar, kamu juga bisa menggunakan produk kecantikan berbahan lidah buaya yang banyak tersedia di pasaran. Produk ini sering kali berbentuk gel dan bisa dioleskan langsung ke kulit kepala dan rambut.

Tapi, jika kamu ingin menggunakan tanaman lidah buaya secara langsung, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan membiarkannya selama 30 menit baru kemudian dibilas hingga bersih. Atau, kamu juga bisa menggunakan campuran lidah buaya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Masker lidah buaya ini bisa digunakan satu atau dua kali setiap minggu.

Baca Juga: Kuatkan Rambut, Ini 5 Nutrisi Penting untuk Mengatasi Rambut Rontok

3. Telur

5 Cara Menebalkan Rambut yang Tipis secara Alami, Cepat dan Ampuhilustrasi telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Telur merupakan sumber protein yang tinggi, protein memiliki peran penting bagi tubuh untuk membangun rambut yang kuat dan tebal. Jika digunakan secara teratur, perawatan rambut dengan telur dapat membuat rambut menjadi lebih tebal dan kuat.

Untuk menggunakan perawatan telur:

  • Pecahkan satu atau dua butir telur ke dalam wadah dan kocok;
  • Oleskan telur ke seluruh kulit kepala dan rambut dalam keadaan basah. Diamkan selama sekitar 30 menit;
  • Keramas dengan sampo yang lembut dan bilas dengan air hingga bersih.

Menggunakan telur untuk merawat rambut selama satu atau dua kali tiap minggu selama beberapa minggu dapat membantu memperkuat rambut.

4. Perbanyak konsumsi vitamin C

5 Cara Menebalkan Rambut yang Tipis secara Alami, Cepat dan Ampuhilustrasi buah-buahan sitrus (pexels.com/Karolina Grabowska)

Makanan kaya vitamin C dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala. Efek antioksidan dari vitamin C bukan hanya dapat melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas, namun juga memaksimalkan pertumbuhan dan ketebalan rambut, serta membuat rambut tampak lebih penuh.

Vitamin C memainkan peran penting dalam produksi kolagen dan membantu memperkuat rambut. Selain jeruk, beberapa sumber vitamin C terbaik adalah kubis Brussel, brokoli, cabai merah, kangkung, stroberi, dan kiwi.

5. Cukupi kebutuhan protein

5 Cara Menebalkan Rambut yang Tipis secara Alami, Cepat dan Ampuhilustrasi sumber protein (pixabay.com/RitaE)

Protein merupakan makronutrien kunci dalam menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Faktanya, rambut sebagian besar terdiri dari protein, sehingga tidak mendapatkan cukup protein dapat membuat rambut menjadi semakin tipis.

Asupan beberapa jenis protein dapat membantu membangun rambut yang lebih sehat. Selain mengonsumsi makanan kaya protein biasa, tiram dan biji labu menyediakan seng, salmon dan sarden kaya akan asam lemak omega-3, dan telur mengandung biotin, semuanya merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan atau pertumbuhan rambut.

Hasil dari perawatan rambut secara alami akan bervariasi tergantung pada masing-masing individu. Kelebihan dari pengobatan rumahan ini adalah membutuhkan biaya yang rendah dan minim risiko, sehingga patut dicoba.

Namun, individu dengan masalah kerontokan atau penipisan rambut secara tiba-tiba harus berkonsultasi dengan dokter karena mungkin ada alasan medis yang mendasari masalah tersebut.

Baca Juga: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Efektif Mengurangi Kerontokan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya