Comscore Tracker

5 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Mengembang dan Sulit Diatur

Gak sulit kok

Rambut yang mengembang dan sulit diatur bisa jadi masalah yang dialami oleh siapapun. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi.

Rambut yang mengembang disebabkan oleh rambut kering yang kurang lembap. Kemudian, rambut kering ini mencoba menyerap kelembapan dari udara, yang menyebabkan setiap kutikula rambut atau lapisan luar, membengkak dan terlihat kusut. Karenanya, apapun yang mengeringkan rambut bisa memperparah masalah ini.

Jika saat ini kamu memiliki masalah dengan rambut yang mengembang dan ingin rambut terlihat lebih mulus dan jatuh, ada beberapa perawatan rumahan yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan kelembapan dan mengempiskan rambut yang mengembang. Berikut ini akan diuraikan sejumlah perawatan rumahan untuk mengatasi rambut mengembang dilansir dari laman Good Housekeeping dan Healthline.

1. Singkirkan ujung-ujung rambut yang kering dan bercabang

5 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Mengembang dan Sulit Diaturilustrasi memotong ujung-ujung rambut (pixabay.com/jackmac34)

Agar rambut tidak mengembang, pastikan kamu menghilangkan ujung rambut yang kering dan bercabang. Ujung rambut yang bercabang dapat menjalar ke atas yang memicu lebih banyak kerusakan dan kusut, jadi sebaiknya segera potong ujung-ujung rambut saat mulai melihat rambut-rambut yang berjumbai.

Untuk individu yang tinggal di daerah dengan kelembapan tinggi, sebaiknya gunakan potongan rambut dengan garis-garis tumpul. Ini membantu menjaga berat pada potongan rambut, yang juga membantu menjaga rambut tetap jatuh.

2. Jangan terlalu sering mandi dengan air panas

5 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Mengembang dan Sulit Diaturilustrasi perempuan sedang keramas (pexels.com/ArtHouse Studio)

Mandi dengan air panas mungkin terasa nyaman untuk otot, namun hal itu justru tidak baik untuk rambut. Suhu air yang tinggi dapat menyebabkan kutikula naik dan saat kutikula terangkat, rambut membutuhkan lebih banyak kelembapan.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus selalu mandi dengan air dingin. Tapi, jaga agar air dalam suhu hangat dan tidak terlalu panas.

Baca Juga: 5 Pemicu Mengapa Cat Rambut Jadi Gagal Keren saat Mewarnai Sendiri

3. Gunakan masker alpukat

5 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Mengembang dan Sulit Diaturilustrasi buah alpukat (pixabay.com/coyot)

Alpukat dikenal sebagai superfood yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Selain untuk kesehatan tubuh, alpukat juga bisa memperbaiki rambut yang mengembang. Buah berlemak ini dikemas dengan nutrisi, beberapa di antaranya dapat membantu menyehatkan rambut, seperti vitamin A dan E. Alpukat juga dapat membantu melembapkan rambut dan mengatasi rambut mengembang.

Begini cara membuat masker rambut dari alpukat:

  • Hancurkan alpukat berukuran sedang yang sudah matang;
  • Masukkan ke dalam wadah dan tambahkan minyak kelapa sampai kamu mendapatkan konsistensi masker yang halus tapi tidak terlalu encer;
  • Aplikasikan masker ke kulit kepala dan rambut;
  • Tutupi rambut dengan shower cap. Diamkan masker selama 20 hingga 30 menit;
  • Cuci dengan sampo untuk menghilangkan masker.

Masker alpukat ini dapat digunakan satu atau dua kali setiap minggu.

4. Gunakan kondisioner tanpa bilas

5 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Mengembang dan Sulit Diaturilustrasi kondisioner tanpa bilas (pixabay.com/AdoreBeautyNZ)

Tidak seperti kondisioner pada umumnya yang harus dibilas sampai bersih, kondisioner tanpa bilas diaplikasikan pada rambut setelah keramas dan dibiarkan begitu saja tanpa perlu dibilas. Kondisioner tanpa bilas dapat membantu menambah kelembutan dan kelembapan pada rambut, menjaganya agar tidak kusut dan mengembang.

Tentu saja, kamu perlu menggunakan kondisioner yang diformulasikan secara khusus untuk tidak dibilas. Tapi selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak yang dibuat untuk rambut kusut dan mengembang.

5. Gunakan cuka sari apel

5 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Mengembang dan Sulit Diaturilustrasi cuka sari apel (pixabay.com/MikeGoad)

Rambut yang sehat memiliki tingkat pH asam, yang berada pada rentang 4,5 dan 5,5. Pada rentang pH tersebut, kutikula akan tetap tertutup. Namun, ketika rambut memiliki pH yang terlalu basa, kutikula bisa terbuka, yang memberikan tampilan mengembang.

Cuka sari apel adalah asam alfa hidroksi yang sedikit asam, yang bila dioleskan secara topikal mungkin bermanfaat untuk menjinakkan rambut mengembang. Sebagai bonus, cuka sari apel memiliki khasiat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengurangi ketombe.

Begini cara menggunakan cuka sari apel pada rambut:

  • Campurkan 80 ml cuka sari apel organik dengan 1 liter air hangat;
  • Tuang ke kepala dan rambut sebanyak yang kamu butuhkan. Kamu bisa menyimpan sisanya untuk digunakan lain waktu atau menggunakan semuanya, ini tergantung ketebalan dan panjang rambut;
  • Diamkan selama 1 hingga 3 menit;
  • Bilas dengan air dingin;
  • Gunakan sekali atau dua kali seminggu.

Cuka sari apel memang memiliki bau yang menyengat dan sedikit mengganggu bagi sebagian orang, namun kamu tidak perlu khawatir karena bau ini akan hilang dengan pembilasan.

Pada dasarnya, rambut yang mengembang berasal dari rambut kering yang berusaha menyerap kelembapan dari udara. Kamu dapat mengurangi masalah tersebut dan membuat rambut lebih jatuh dengan menggunakan perawatan rumahan, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Baca Juga: 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut, Efektif Mengurangi Kerontokan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya