Comscore Tracker

Gak Perlu Sulam, Ini 5 Cara Ampuh Membuat Bibir Jadi Pink Alami  

Asal telaten, hasilnya pasti maksimal

Beberapa kebiasaan buruk, seperti merokok, menggunakan lipstik, dan kurang minum dapat membuat bibir menjadi kering dan lebih gelap daripada warna asli, yang kadang-kadang membuat sebagian orang menjadi kurang percaya diri.

Jika kamu termasuk salah satu yang terlanjur mengalami hiperpigmentasi pada bibir, kamu tidak perlu cemas. Sebab, warna pink pada bibir dapat dikembalikan dengan cara yang alami dan aman, tanpa harus melakukan sulam bibir atau prosedur kecantikan lainnya.

Apa saja cara untuk mengembalikan warna pink alami bibir? Simak baik-baik pembahasan di bawah ini ya.

1. Lakukan eksfoliasi bibir  

Gak Perlu Sulam, Ini 5 Cara Ampuh Membuat Bibir Jadi Pink Alami  unsplash.com/Rafael Rocha

Sebelum tidur di malam hari, biasakan untuk mengoleskan lip balm pada bibir. Setelah bangun tidur, gunakan waslap yang telah dibasahi atau sikat gigi yang lembut untuk mengeksfoliasi bibir sel kulit mati atau kering. Menurut laman Healthline, selain menghilangkan sel kulit mati, cara ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah ke area bibir.

Atau, kamu juga bisa membuat scrub bibir sendiri dari gula pasir dan madu atau minyak almond. Gula pasir mampu mengelupas kulit tipis di bibir sedangkan madu dan minyak almond akan memberikan kelembapan di area bibir.

2. Aplikasikan tabir surya atau lip balm dengan SPF pada bibir  

Gak Perlu Sulam, Ini 5 Cara Ampuh Membuat Bibir Jadi Pink Alami  unsplash.com/Kedar Dhond

Sinar matahari diketahui mampu merusak kulit, termasuk kulit bibir. Sayangnya, menurut studi dalam Dermatologic Surgery, dari 299 orang yang mengaplikasikan tabir surya, hanya 37 persen yang juga mengaplikasikannya pada bibir. Padahal, kulit sekitar bibir juga bisa menjadi rusak, kering, pecah-pecah, bahkan mengalami hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari.

Menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih setiap harinya dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Jadi, pastikan kamu selalu menggunakan lip balm dengan SPF. Jangan lupa juga untuk mengoleskan kembali tabir surya setiap jam untuk mendapatkan hasil terbaik

Baca Juga: 7 Rekomendasi Lip Scrub Lokal di Bawah 55 Ribuan & Bikin Bibir Merona

3. Oleskan gel lidah buaya 

Gak Perlu Sulam, Ini 5 Cara Ampuh Membuat Bibir Jadi Pink Alami  unsplash.com/Galina N

Lidah buaya adalah salah satu tanaman paling serbaguna, karena bisa dimanfaatkan sebagai pembersih udara, obat-obatan, dan untuk kecantikan, termasuk merawat bibir.

Mengoleskan gel lidah buaya ke bibir akan meningkatkan hidrasi bibir dan mencerahkan bibir. Sebab, dilansir dari laman Style Craze, lidah buaya mengandung hormon gibberellins dan auxin yang memberikan sifat anti-inflamasi serta penyembuhan, juga vitamin E yang membantu memulihkan kelembapan.

4. Gunakan lip balm dari buah bit 

Gak Perlu Sulam, Ini 5 Cara Ampuh Membuat Bibir Jadi Pink Alami  unsplash.com/FOODISM360

Buah bit dikenal sebagai pewarna merah alami yang aman dan manfaatnya bagi kulit serta kesehatan. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan buah berwarna merah ini sebagai pewarna alami bibir yang sekaligus merawat bibir.

Untuk membuat lip balm buah bit, kamu membutuhkan buah bit, shea butter, minyak zaitun, dan beeswax. Masukkan semua bahan ini ke dalam jar lip balm, lalu panaskan untuk melelehkan bahan-bahan tersebut dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Menurut laman Style Craze, lip balm buatan sendiri ini kaya akan vitamin A dan E yang membantu menenangkan bibir pecah-pecah. Juga, buah bit yang digunakan mengandung vulgaxanthin dan betanin, yaitu antioksidan dan anti inflamasi alami yang membantu mencerahkan bibir yang berubah warna. Kemudian, kandungan beeswax bertindak sebagai pelindung bibir, yang juga merupakan salah satu bahan utama dalam lip balm.

5. Hindari paparan racun  

Gak Perlu Sulam, Ini 5 Cara Ampuh Membuat Bibir Jadi Pink Alami  unsplash.com/Free to use sounds

Udara yang tercemar, asap, dan bahan kimia berbahaya, dapat membuat bibir lebih gelap serta cepat keriput. Kebiasaan tidak sehat, seperti merokok juga dapat memperburuk efek ini dan membuat warna pink bibir menjadi pudar.

Untuk itu, kamu perlu menghindari aktivitas merokok, paparan asap rokok, maupun polusi untuk meningkatkan penampilan bibir. Mengenakan masker untuk menutupi bibir juga dapat melindungi bibir dari paparan bahan berbahaya dan mencegah bibir menjadi gelap.

Demikianlah beberapa cara mengembalikan warna pink bibir secara alami. Asalkan bukan karena pengaruh genetika, cara di atas cukup efektif untuk mengembalikan warna bibir agar lebih merona.

Untuk kamu yang memiliki warna bibir gelap karena genetika, walaupun cara di atas tidak menjamin membuatmu mendapatkan bibir pink merona, tapi cara di atas tetap ampuh lho untuk membuat bibir jadi lembap, lembut, dan sehat.

Baca Juga: Punya Fungsi & Kemasan Unik, 6 Produk Perawatan Bibir Ini Wajib Dibeli

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya