Comscore Tracker

Jangan Keliru, 5 Produk Skincare Ini Hanya Boleh Dipakai di Malam Hari

Kalau kamu gunakan pagi hari, hasilnya bisa gak maksimal!

Penggunaan produk skincare atau perawatan kulit dapat secara signifikan membantu memperbaiki kondisi kulit asal digunakan secara tepat. Misalnya, digunakan pada kulit yang bersih, menggunakan tabir surya di siang hari, dan digunakan secara rutin. Dan yang tak kalah penting adalah memisahkan produk perawatan untuk siang dan malam hari.

Walaupun tampak sepele, tapi memisahkan produk skincare untuk siang dan malam hari adalah hal yang penting. Sebab, kondisi kulit di siang dan malam hari bisa berbeda, sehingga membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Nah, agar tidak salah lagi, simak baik-baik produk skincare apa saja yang hanya bisa kamu gunakan pada malam hari.

1. Retinoid

Jangan Keliru, 5 Produk Skincare Ini Hanya Boleh Dipakai di Malam Hariinstagram.com/revolutionskincare

Retinoid adalah bentuk vitamin A yang dikenal akan kemampuannya mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat hingga tanda-tanda penuaan. Dikutip dari laman Skincare, kamu hanya bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid di malam hari karena retinoid dapat menyebabkan sensitivitas matahari dan meningkatkan kemungkinan kulit terbakar.

Selain itu, jangan lupa oleskan tabir surya esok harinya karena setelah semalaman menggunakan produk retinoid, bisa saja menyebabkan kulit sensitif hingga esok harinya.

2. Vitamin C

Jangan Keliru, 5 Produk Skincare Ini Hanya Boleh Dipakai di Malam Hariinstagram.com/mariobasescu

Vitamin C umumnya ditemukan di dalam serum dan memberikan dosis antioksidan yang kuat. Vitamin C biasanya digunakan dalam skincare untuk membuat kulit terlihat lebih cerah dan membantu memudarkan bekas jerawat.

Menurut laman Women's Weekly, vitamin C sebaiknya hanya digunakan pada malam hari karena kadang-kadang dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap kerusakan UV. Akan tetapi, jika kamu perlu menggunakan produk vitamin C di pagi hari, penting untuk selalu melapisinya dengan tabir surya.

Baca Juga: 8 Produk Skincare Set Anti Aging, Buruan Pakai Sebelum Terlambat!

3. Face oil

Jangan Keliru, 5 Produk Skincare Ini Hanya Boleh Dipakai di Malam Hariinstagram.com/elfcosmetics

Face oil atau minyak wajah berfungsi memberikan kelembapan yang kuat sehingga kulit tetap kenyal. Akan tetapi, karena di pagi dan siang hari kulit wajah menghasilkan lebih banyak sebum. Maka, face oil tidak disarankan dipakai pada pagi atau siang hari karena bisa membuat wajah makin berminyak.

Jadi, waktu terbaik untuk menggunakan minyak wajah adalah malam, karena malam hari adalah waktu peremajaan kulit dan tingkat pergantian sel juga tertinggi.

4. AHA BHA

Jangan Keliru, 5 Produk Skincare Ini Hanya Boleh Dipakai di Malam Hariinstagram.com/cosrx

Untuk mengatasi jerawat, keriput, dan kulit kering, skincare yang mengandung AHA dan BHA adalah ahlinya. AHA atau alpha hydroxy acid cukup lembut untuk masalah kulit dewasa. AHA biasanya terdiri dari asam laktat dan asam glikolat, yang umumnya berasal dari susu dan gula. Sedangkan BHA atau beta hydroxy acid membantu melawan jerawat dari bawah permukaan kulit.

Jika keduanya dikombinasikan, maka akan bisa mengatasi jerawat dan tanda-tanda penuaan. Akan tetapi, dilansir dari laman Bustle, produk AHA BHA hanya bisa digunakan pada malam hari. Sebab, produk AHA BHA bersifat asam yang dapat menyebabkan kerusakan kulit jika terkena paparan sinar matahari. Kerusakan yang dapat terjadi, berupa luka bakar, pengelupasan, hingga perubahan warna kulit.

5. Eye cream

Jangan Keliru, 5 Produk Skincare Ini Hanya Boleh Dipakai di Malam Hariinstagram.com/olay

Dari semua produk skincare, umumnya eye cream atau krim mata adalah produk yang paling tinggi kemampuan melembapkannya. Sebab, kulit di bawah mata tidak secara langsung menampung kelenjar minyak, sehingga bagian tersebut mudah mengering.

Kendati demikian, eye cream sebaiknya hanya digunakan pada malam hari agar kulit bawah mata menjadi lembap semalaman. Sebaliknya, penggunaan eye cream di pagi atau siang hari akan membuat kulit bawah mata terlalu lembap dan lunak, sehingga menyebabkan penggunaan concealer dan riasan mata menjadi kurang menempel sempurna, cepat luntur, dan berantakan.

Nah, supaya tidak menjadi masalah bagi kulit, pastikan kamu hanya menggunakan produk skincare tersebut di malam hari ya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Terbaik yang Tidak Membuat Kantongmu Menjerit

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya