Comscore Tracker

5 Pelajaran Penting Buat Cewek dari Lagu BLACKPINK 'DDU-DU DDU-DU'

#GirlThing Mengajarkanmu untuk jadi cewek mandiri

Pada 15 Juni 2018 kemarin, idol group besutan YG Entertainment, BLACKPINK, melakukan comeback dengan sebuah mini album bertajuk SQUARE UP. MV dari title track-nya yang berjudul DDU-DU DDU-DU bisa dibilang menuai kesuksesan yang cukup besar. Baru 6 jam setelah diunggah di YouTube, MV ini berhasil ditonton lebih dari 10 juta kali.

Selain MV-nya yang sarat akan makna tersembunyi, lagunya pun ternyata menyimpan banyak pelajaran penting yang bisa menginspirasimu untuk menjadi perempuan yang tangguh dan mandiri. Kira-kira apa aja, ya? Daripada penasaran, langsung aja kepoin, yuk!

1. Beranilah untuk menunjukkan warna aslimu

5 Pelajaran Penting Buat Cewek dari Lagu BLACKPINK 'DDU-DU DDU-DU'youtube.com/blackpink

Dari awal lagu, lirik yang disampaikan langsung menunjukkan kalau karakter para personel BLACKPINK bukanlah seperti yang kebanyakan orang pikir. Walaupun mereka terlihat manis, namun kenyataannya mereka tak bisa terus menerus bertingkah seperti itu.

Ada juga lirik yang menyuruh kita untuk berpikir dua kali karena mereka tidak selamanya bisa bertingkah baik di hadapan semua orang.

Nah, dari sini kamu bisa belajar untuk berani menunjukkan warna aslimu, tunjukkan bagaimana karaktermu yang sebenarnya. Jangan terjebak dengan terus memakai topeng untuk menyenangkan orang lain.

Hiduplah untuk membuat dirimu sendiri merasa bahagia, bukan membahagiakan orang lain tapi merelakan diri untuk tersiksa.

2. Jangan takut mengambil resiko

5 Pelajaran Penting Buat Cewek dari Lagu BLACKPINK 'DDU-DU DDU-DU'Soompi

Ada penggalan lirik di awal lagu yang dibawakan oleh Jennie yang mengatakan bahwa di balik tubuh para personel BLACKPINK yang langsing, mereka menyimpan sesuatu yang lebih besar di dalamnya. Mereka tidak akan menahan diri untuk melakukan sesuatu yang mereka pikir benar. Walaupun terlihat cantik manis, mereka bisa menjadi wanita yang buas.

Dalam artian, mereka berani melakukan sesuatu yang memiliki resiko besar. Hal tersebut mencerminkan bahwa mereka adalah sekumpulan wanita yang tangguh dan tidak takut dengan apapun.

Kamu bisa mengambil pesan moral dari sini, jangan sekalipun takut melakukan sesuatu selama itu benar dan tidak merugikan dirimu maupun orang lain. Jika ada orang lain yang menganggap kamu lemah, buktikan kalau kamu tidak seperti yang orang lain tersebut pikirkan.

3. Jangan pedulikan omongan buruk orang lain tentangmu saat kamu sedang terjatuh

5 Pelajaran Penting Buat Cewek dari Lagu BLACKPINK 'DDU-DU DDU-DU'Soompi

Saat kita sedang berada di puncak, sudah menjadi hal yang biasa jika orang-orang mendadak kagum dan berusaha untuk bisa dekat dengan kita. Segala macam pujian akan terlontar dari mulut mereka sebagai usaha untuk menjilat. Mereka akan berpura-pura untuk selalu peduli dengan apapun yang kita lakukan.

Namun, saat kita sedang terjatuh, berbagai macam hujatan tak henti-hentinya mengalir dari mulut mereka. Mereka akan berbondong-bondong menghakimi kita dengan tuduhan-tuduhan yang belum tentu benar dan sangat menyakitkan.

Hal ini tersirat dari adegan dalam MV-nya, di mana terdapat foto Jisoo yang menampikan dirinya dengan penampilan yang cantik dan elegan yang membuat banyak orang memusatkan perhatian kepadanya. Namun, saat ia menunjukkan kepribadiannya yang asli dan sedang terjatuh, semua orang langsung menghakiminya.

Untuk itu, jangan pernah kamu memikirkan omongan buruk yang orang lain katakan. Tetaplah berusaha untuk jadi diri sendiri dan lanjutkan hidupmu tanpa mempedulikan anggapan buruk dari orang lain tentangmu.

4. Kamu berhak memperoleh kebebasan

5 Pelajaran Penting Buat Cewek dari Lagu BLACKPINK 'DDU-DU DDU-DU'youtube.com/blackpink

Buat yang udah nonton MV-nya, pasti tahu kan adegan yang ada dalam foto di atas? Asap warna-warni ini menggambarkan sebuah sayap yang melambangkan kalau Lisa bisa terbang bebas. Hal ini bisa menjadi pelajaran yang sangat penting untukmu.

Jangan kekang dirimu sendiri dengan keraguan. Kalau kamu punya impian, kejarlah sampai impian tersebut terwujud. Kepakkan sayapmu untuk menggapai tujuan yang selama ini kamu inginkan.

5. Jadilah perempuan yang kuat

5 Pelajaran Penting Buat Cewek dari Lagu BLACKPINK 'DDU-DU DDU-DU'youtube.com/blackpink

Pesan terakhir yang akan kita bahas dari lagu terbaru BLACKPINK ini adalah jadilah seorang perempuan yang kuat. Dalam MV-nya, terdapat satu adegan di mana Jisoo melindungi dirinya dari percikan api dengan memakai payung. Hal ini menggambarkan bahwa ia mencoba melindungi dirinya dari sesuatu yang bisa membahayakan dirinya.

Hal ini bisa kamu contoh. Meskipun banyak hambatan dan rintangan yang berlalu lalang dalam hidup, kamu harus berusaha sekuat mungkin untuk tidak menyerah begitu saja. Karena belum pasti ada orang yang bersedia menolongmu saat kamu sedang kesusahan.

Jadilah perempuan yang kuat dan mandiri, tolonglah dirimu sendiri untuk lepas dari masalah tersebut.

Elsa Dewinta Photo Writer Elsa Dewinta

Pemeran figuran di kisah hidup orang lain

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya