Comscore Tracker

6 Cara Mudah Membuat Rambut Lurus & Lembut Secara Alami

Gak perlu repot pergi ke salon, deh!

Rambut kering dan bergelombang tentu menjadi masalah hampir sebagian orang. Rambut akan sulit ditata jika dalam keadaan seperti ini. Biasanya rambut menjadi kering akibat terlalu sering diwarnai. Tak jarang kamu terpaksa harus menghabiskan banyak uang untuk meluruskan rambut di salon. Itu pun tidak dapat bertahan lama.

Well, kamu tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa kamu coba di rumah untuk membuat rambut kembali lembut dan lurus. Biar gak perlu repot-repot ke salon, lebih baik coba keenam cara di bawah ini.

1. Membilas rambut dengan air dingin setelah keramas

6 Cara Mudah Membuat Rambut Lurus & Lembut Secara AlamiPixabay.com/pexels

Tidak banyak yang tahu jika membilas rambut dengan air dingin membantu rambut agar lebih mudah ditata. Rambut juga cenderung akan terlihat lebih lurus daripada membilasnya dengan air biasa. Jangan lupa gunakan conditioner sebelum membilas rambut dengan air dingin. Conditioner membantu memberikan efek halus pada rambut sedangkan air dingin akan membuatnya bertahan lebih lama.

2. Membuat masker dari pisang

6 Cara Mudah Membuat Rambut Lurus & Lembut Secara AlamiPixabay.com/stevepb

Selain lezat dan mengenyangkan, pisang nyatanya dapat digunakan sebagai masker rambut. Pisang sendiri mengandung antioksidan yang berguna untuk merawat dan melembutkan rambut yang rusak. Cara membuat masker rambut ini sendiri sangatlah mudah. 

Cukup siapkan satu buah pisang dan dua sendok yogurt. Hancurkan pisang dan campurkan dengan yogurt. Setelah itu gunakan pada seluruh rambut dan diamkan selama 45 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih.

Baca Juga: Jangan Salah, 5 Gaya Rambut Ini Bikin Kamu Nampak Lebih Tua

3. Memanfaatkan cuka sari apel

6 Cara Mudah Membuat Rambut Lurus & Lembut Secara AlamiPixabay.com/MikeGoad

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari cuka sari buah apel. Salah satunya yaitu dapat meluruskan dan melembutkan apel. Cuka apel sangat recommended digunakan untuk menggantikan produk shampo yang berbahan kimia. Cara membuatnya yaitu dengan menyampurkan 1/4 gelas cuka apel dengan 1 gelas air lalu bilas pada rambut dan biarkan sampai mengering.

4. Menggunakan sampo yang sesuai dengan tipe rambut

6 Cara Mudah Membuat Rambut Lurus & Lembut Secara AlamiPexels.com/PolinaTankilevitch

Sampo yang kamu gunakan sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambutmu. Oleh karena itu, sangat penting untuk bersikap selektif dalam memilih sampo. Meskipun sekilas semua produk terlihat sama saja, nyatanya setiap shampo memiliki efek dan kegunaan yang berbeda-beda. Mulai dari mengatasi masalah kerontokan, ketombe hingga melembutkan rambut. Jadi, pilih sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu.

5. Memakai masker mayonaise

6 Cara Mudah Membuat Rambut Lurus & Lembut Secara Alamiepicurious.com

Mayonaise mengandung amino acid dan antioksidan yang kaya. Dua kandungan tersebut dapat membantu menyehatkan dan membantu rambut tumbuh lebih cepat. Kamu hanya membutuhkan 2 bahan untuk membuat masker ini yakni 1 mangkok mayonaise dan 2 sendok teh alpukat yang sudah dihancurkan.

Campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu hingga teksturnya mengembang. Gunakan pada rambut mulai dari akar hingga seluruh bagian rambut. Tutupi dengan penutup kepala atau shower cap selama satu jam lalu bilas bersih dengan menggunakan shampo.

6. Tidak terlalu sering memanaskan rambut

6 Cara Mudah Membuat Rambut Lurus & Lembut Secara AlamiPexels.com/gratisography

Ketahuilah bahwa alat seperti hair dryer, curling iron, dan catokan membuat rambut menjadi kering. Jika dirasa kamu terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut, sebaiknya kurangi pengunaannya. Biarkan rambut kering secara alami daripada mengeringkannya menggunakan hair dryer. Ini guna membuat rambut agar kembali sehat. Panas dari alat tersebut tidak baik untuk kesehatan rambut.

Nah, itulah enam tips mudah merawat rambut agar lebih lembut dan mudah ditata. Yuk, praktikkan mulai dari sekarang terutama kamu yang memiliki masalah rambut kering.

Baca Juga: 10 Gaya Rambut Amanda Manopo yang Paling Kece, Bisa jadi Inspirasi Nih

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya