5 Tips Pakai Maskara biar Bulu Mata Lentik Tanpa Gumpalan

Terlihat rapi dan cantik alami

Bulu mata lentik jadi dambaan dari sentuhan akhir riasan. Namun, untuk mendapatkan riasan mata dengan hasil sempurna terkadang gak gampang, apalagi kalau maskara yang digunakan cenderung menggumpal. Nah, gumpalan maskara ini malah bisa mengurangi kesan menarik dari riasan mata. 

Untungnya, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Berikut lima tips pakai maskara biar bulu matamu terlihat lentik alami dan bebas gumpalan. Yuk, simak!

1. Gunakan penjepit bulu mata sekitar lima detik

5 Tips Pakai Maskara biar Bulu Mata Lentik Tanpa Gumpalanilustrasi penjepit bulu mata (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Siapkan penjepit bulu mata yang bagus, supaya gak menyebabkan kerontokan saat digunakan. Alat ini membantu memberikan lengkungan alami bentuk bulu matamu, sehingga lebih terangkat dan lentik. Pastikan selalu jaga kebersihannya saat akan digunakan untuk mencegah mata iritasi.

Tempatkan penjepit di pangkal bulu, jangan terlalu dekat kulit, lalu tekan lembut perlahan selama lima detik. Pastikan gak ada bulu mata yang terlipat, ya. Setelah menggunakan penjepit, akan ada efek lebih lentik secara alami.

Baca Juga: 5 Panduan Memakai Glitter Eyeshadow untuk Eye Makeup Menawan

2. Mulai aplikasikan maskara dari akar bulu mata dan sedikit menggoyangkannya

5 Tips Pakai Maskara biar Bulu Mata Lentik Tanpa Gumpalanilustrasi mengaplikasikan maskara (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Tarik sikat maskara keluar dari tabungnya. Bersihkan ujungnya jika ada gumpalan atau terlalu banyak produknya. Mulailah mengaplikasikannya dari akar bulu mata, tarik ke atas perlahan dengan gerakan zig-zag. Pelan-pelan, pastikan sikatnya menyentuh setiap bulu matamu supaya volumenya lebih merata.

Setelah itu, aplikasikan lagi dengan menggoyangkan sikat maskara ke kiri dan kanan, tarik ke atas perlahan. Ini bisa memisahkan bulu mata yang mungkin masih ada yang menempel. Lapisi juga bagian dalam, tengah, dan luarnya supaya benar-benar tak ada gumpalan.

3. Rawat sikat maskara secara rutin

5 Tips Pakai Maskara biar Bulu Mata Lentik Tanpa Gumpalanilustrasi sikat maskara (pexels.com/Shiny Diamond)

Sikat maskara perlu perhatian juga karena inilah yang terkadang membuat gumpalan, apalagi sudah sering banget digunakan. Biasanya ada sisa bulu mata yang rontok menempel di sikatnya karena sering dipakai. Nah, biar lentik bebas gumpalan, rutinlah merawat sikat maskaranya.

Bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan pembersih mata secukupnya. Saat penggunaan, pakai dengan lembut supaya gak cepat rusak. Namun, kalau sikatnya sudah gak enak digunakan, jangan lagi dipakai agar hasil bulu matamu bisa lentik bebas gumpalan dan mencegah iritasi.

4. Gunakan dua jenis maskara

5 Tips Pakai Maskara biar Bulu Mata Lentik Tanpa Gumpalanilustrasi orang menggunakan maskara (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Kombinasi jenis maskara bisa memberi efek lebih panjang dan bervolume rapi. Sesuaikan juga dengan kondisi bulu matamu, kalau kondisinya tipis dan gak terlalu panjang maka awali dengan maskara yang memanjangkan. Gunakan sikat yang agak berjarak supaya setiap bulu matanya terlapisi maskara.

Setelah mulai kering, barulah mengaplikasikan maskara yang dirancang menebalkan bulu mata. Gunakan sikat berbeda yang lebih tebal dan rapat. Biar bulu matamu awet lentiknya, gunakan maskara versi waterproof.

5. Pilih produk maskara yang berkualitas dan rajin merawat bulu mata

5 Tips Pakai Maskara biar Bulu Mata Lentik Tanpa Gumpalanilustrasi bulu mata lentik (pexels.com/Shiny Diamond)

Sesuaikan dengan kebutuhanmu, dan pilih maskara yang berkualitas. Dengan begitu, bulu mata lentik, dan gak khawatir rontok. Rajinlah juga merawat bulu mata. Bersihkan setiap kali selesai beraktivitas dan gunakan serum bulu mata supaya sehat dan akarnya kuat.

Dengan pemilihan produk yang tepat, rajin perawatan, serta latihan menerapkan kelima tipsnya, menciptakan tampilan bulu mata lentik mengagumkan bisa kamu dapatkan. Jika maskara sudah mengering, jangan lagi digunakan supaya gak ada butiran yang masuk ke mata dan menyebabkan perih hingga memerah iritasi.

Tips pakai maskara di artikel ini bisa kamu praktikkan untuk mendapatkan riasan mata anti gumpal. Bulu mata pun juga bakal terlihat lebih lentik alami, lho! Mata yang indah tentu bakal menambah daya tarik wajahmu.

Baca Juga: Tips Memilih Bentuk Kuas Maskara yang Tepat, Sesuaikan Fungsi

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya