Comscore Tracker

5 Manfaat Tak Terduga Air Mawar, Bikin Wajah Glowing Seketika 

Bisa ngilangin kantung mata juga

Air mawar sudah sejak lama digunakan sebagai bahan aktif perawatan kulit wajah. Ekstrak kelopak mawar dari penyulingan, menghasilkan cairan aromatik dan minyak yang mengandung bahan antiseptik yang memberi relaksasi kulit.

Selain itu, bahan yang sedang tren ada dalam kandungan skincare ini, mampu meredakan peradangan kulit serta mengandung Vitamin A,C, dan E. Kalau kamu masih penasaran apa saja manfaat air mawar untuk kulit, simak pada ulasan berikut ini yuk! 

1. Sebagai toner yang memberi kelembapan pada wajah

5 Manfaat Tak Terduga Air Mawar, Bikin Wajah Glowing Seketika pexels.com/Karolina Grabowska

Manfaat air mawar yang pertama adalah sebagai toner wajah. Banyak skincare berupa toner yang mengandung ekstrak air mawar dengan klaim mampu menyegarkan serta melembapkan kulit.

Selain itu, toner dengan kandungan air mawar sering dimanfaatkan sebagai pereda iritasi wajah akibat jerawat. Ini karena formulanya dalam membunuh bakteri.

Jika kamu memiliki masalah jerawat, gak ada salahnya mencari toner yang mengandung ekstrak air mawar untuk meredakan radangnya. Namun dengan catatan, produk yang kamu gunakan harus disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kamu sekarang, ya!

2. Mengatasi kantung mata atau mata bengkak karena kelelahan

5 Manfaat Tak Terduga Air Mawar, Bikin Wajah Glowing Seketika byrdie.com

Selain bau yang wangi, air mawar mampu mengatasi masalah pada mata, seperti kantung mata hitam karena kelelahan. Kamu bisa mengompres dengan cara menggunakan kapas yang sudah dibasahi air mawar.

Air mawar memiliki efek relaksasi. Karenanya, cara ini akan memberikan ketenangan pada kulit kantung mata.

Namun, hati-hati apabila jenis kulitmu sensitif atau mudah alergi. Hindari penggunaan jika terjadi iritasi dan pastikan kamu menggunakannya sesuai petunjuk pada kemasan produk air mawar.

3. Memberi efek cerah pada kulit

5 Manfaat Tak Terduga Air Mawar, Bikin Wajah Glowing Seketika pexels.com/Andrea Piacquadio

Manfaat air mawar selanjutnya adalah memberi efek cerah pada kulit. Kandungan vitamin A dan E di dalamnya, bekerja secara aktif untuk eksfoliasi wajah. Dengan begitu, sel-sel kulit mati dapat dengan mudah beregenerasi jadi jaringan sel baru yang lebih kuat. 

Selain itu, air mawar yang digunakan sebagai minyak esensial mengandung antioksidan untuk menyingkirkan radikal bebas pada kulit dan mencegah pori-pori tersumbat. Inilah kenapa air mawar ampuh membersihkan dan punya efek mencerahkan. 

Baca Juga: 8 Skincare Berbahan Dasar Air Mawar yang Punya Segudang Manfaat

4. Sebagai setting spray atau makeup remover

5 Manfaat Tak Terduga Air Mawar, Bikin Wajah Glowing Seketika brides.com

Selain dimanfaatkan sebagai toner , manfaat berikutnya adalah untuk pengganti setting spray. Jika makeup mulai luntur, kamu bisa menyemprotkan air mawar yang akan membantu mengembalikan kesegaran wajah.

Selain itu, DIY berupa air mawar dan aloe vera juga bisa dimanfaatkan sebagai facemist yang mengunci makeup kamu. Air mawar pun bisa digunakan sebagai makeup remover lho! Beberapa produk air mawar mampu membersihkan riasan mata tanpa iritasi.

5. Meremajakan kulit

5 Manfaat Tak Terduga Air Mawar, Bikin Wajah Glowing Seketika pexels.com/cottonbro

Kandungan antioksidan di dalam air mawar, mampu secara aktif menangkal bakteri serta mencegah penuaan dini. Rutin menggunakan toner air mawar juga dapat mengatasi masalah kulit kusam dan kering.

Kulit pun jadi lebih sehat dan tampak awet muda. Ini karena penggunaan minyak esensial air mawar membantu mencegah munculnya keriput dan garis halus. 

Selain harganya yang terjangkau, air mawar ternyata punya beragam manfaat untuk kulit wajahmu. Yakin kamu tidak mau mencobanya?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Body Butter Lokal Berbahan Mawar, Wanginya Feminin!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya