Comscore Tracker

5 Tips Mencuci Sweater Biar Awet Seperti Baru Membeli dari Toko

Selamat tinggal sweater melar

Sweater menjadi fashion item yang biasa dipakai saat musim dingin atau hujan. Berbahan wol seperti rajut, baju hangat ini punya tekstur bulu-bulu halus.

Memilih bahan kain lembut membuatmu perlu memberi perawatan spesial, termasuk ketika mencuci sweater. Kali ini, kami akan bagikan beberapa tips mencuci sweater agar tetap awet. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah!

1. Pisahkan pakaian saat mencuci

5 Tips Mencuci Sweater Biar Awet Seperti Baru Membeli dari Tokopexels.com/Karolina Ostrzolek

Sweater memiliki bahan yang mudah rusak seperti katun, polyester, dan benang sintetis seperti wol. Sehingga, kamu perlu memisahkan ketika akan mencuci dengan jenis pakaian lain, semisal bra, yang punya pengait besi. 

Selain itu, hindari mencuci dengan mesin pencuci. Sebaiknya cuci sweater menggunakan tangan dengan cara merendam selama beberapa menit, kucek perlahan, lalu bilas hingga bersih. 

2. Tak perlu memakai sikat

5 Tips Mencuci Sweater Biar Awet Seperti Baru Membeli dari Tokopexels.com/Karolina Grabowska

Jika sweater terkena noda yang susah dibersihkan, kamu cukup menggunakan pemutih untuk menghilangkan noda itu. Penggunaan pemutih akan membantu membersihkan, sehingga kamu tak perlu pakai sikat yang akan merusak permukaan sweater. 

Permukaan sikat yang keras lebih mungkin akan merusak bahan sweater. Apabila kamu menggunakan sikat, besar kemungkinan bahan sweater jadi melar karena terlalu banyak mendapatkan gesekan.

3. Gunakan sabun dan air hangat agar kotoran lebih mudah luruh

5 Tips Mencuci Sweater Biar Awet Seperti Baru Membeli dari Tokopexels.com/Karolina Grabowska

Kamu bisa merendam terlebih dahulu dengan sabun dan air hangat agar kotoran yang menempel lebih mudah luruh. Air hangat akan membantu mensterilkan sweater sehingga kamu tak perlu mengucek terlalu keras.

Kalau bisa, hindari penggunaan pengering atau mesin pemeras baju. Kamu cukup gunakan kedua tangan untuk membersihkan. 

Baca Juga: Catat, Bro! Ini 5 Tips Khusus Merawat Sweater Cowok Agar Lebih Awet

4. Keringkan dengan cara disampirkan, hindari penggunaan gantungan baju

5 Tips Mencuci Sweater Biar Awet Seperti Baru Membeli dari Tokopexels.com/Karolina Grabowska

Agar sweater yang kamu cuci tidak cepat melar dan rusak bahannya, hindari penggunaan gantungan baju. Kamu hanya perlu menyampirkan pada kawat besi pakaian. 

Angin-anginkan sampai kering dahulu sebelum memasukkannya pada lemari. Sweater punya bahan yang tebal. Untuk mengetahui kering atau belum, terkadang butuh kejelianmu.

5. Simpan sweater di lemari dengan cara dilipat

5 Tips Mencuci Sweater Biar Awet Seperti Baru Membeli dari Tokopexels.com/Francesco Paggiaro

Apabila sweater sudah benar-benar kering, kamu bisa melipatnya, lalu simpan dalam lemari. Hindari menyimpan sweater dengan cara menggantung dengan hanger agar tidak cepat rusak. 

Jika kamu nekat menggantung sweater melalui kerah, maka sweater lebih mudah melar. Jadi supaya awet, lipat saja sweater dan letakkan pada tumpukan pakaian di lemari. 

Baca Juga: 10 Inspirasi Casual Look dengan Sweater ala Luna Maya, Kece Abis!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya