Comscore Tracker

5 Basic Skincare yang Harus Kamu Punya, Pemula Wajib Tahu!  

Lakukan secara rutin supaya hasilnya maksimal

Skincare adalah serangkaian perawatan kulit demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Merawat kulit wajah tidak cukup dari makanan yang kamu konsumsi, namun juga dilakukan dari luar.

Dalam pemakaian skincare, terdapat tahapan yang harus dilakukan. Biasanya, mulai dari mencuci wajah dengan facial foam, lalu menggunakan toner, essence, serum, pelembap dan sunscreen.

Dari sekian banyak jenis skincare, ada beberapa macam yang wajib kamu punya. Pemula wajib tahu, berikut lima basic skincare yang harus kamu miliki.

1. Pelembab

5 Basic Skincare yang Harus Kamu Punya, Pemula Wajib Tahu!  Illustrasi pelembab dari lidah buaya(medicalnewstoday.com/articles/aloe-vera-for-face)

Jika kamu memiliki kondisi kulit wajah yang kering, pelembap sangat wajib kamu miliki. Selain melembapkan, manfaat pelembap adalah menutrisi wajah dan mencegah timbulnya masalah kulit baru. Pelembap mengunci semua skincare yang kamu pakai. 

Pelembap pun bermacam-macam, ada yang berupa krim atau gel. Jika kulitmu lembap, maka jika kamu menggunakan makeup, wajahmu akan tampak halus dan tidak pecah.  Aplikasikan pelembap setelah kamu menggunakan toner, ya. 

2. Sunscreen

5 Basic Skincare yang Harus Kamu Punya, Pemula Wajib Tahu!  Illustrasi sunscreen (oprahdaily.com/beauty)

Sunscreen tidak hanya dibutuhkan saat kita berada di cuaca panas, seperti di pantai saja, lho. Sunscreen wajib dipakai sehari-hari karena sinar UV dapat menimbulkan flek dan noda hitam di wajah. Selain itu, ini juga mencegah iritasi, lho.

Aplikasikan sunscreen sesudah kamu memakai serangkaian skincare dan sebelum menggunakan makeup. Dengan begitu, wajah jadi terawat dan jauh dari noda hitam, deh.

3. Serum

5 Basic Skincare yang Harus Kamu Punya, Pemula Wajib Tahu!  Illustrasi serum wajah (intothegloss.com/2015/07/hyaluronic-acid-serum/)

Penggunaan serum wajah cukup antara pagi atau malam hari sebelum tidur. Serum memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajahmu. Selain itu, serum wajah dapat melawan tanda penuaan kulit. seperti garis-garis halus dan kerutan.

Pilih serum yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Cara pakainya cukup teteskan ke wajah dan tepuk-tepuk perlahan sampai menyerap. Gunakan serum dengan rutin agar hasilnya maksimal.

Baca Juga: 7 Kesalahan Pemakaian Serum Wajah pada Pria yang Baru Mulai Coba!

4. Face wash

5 Basic Skincare yang Harus Kamu Punya, Pemula Wajib Tahu!  Illustrasi perempuan mencuci muka (rd.com/article/no-face-washing-shower/)

Mencuci muka jadi kewajiban saat pagi dan malam hari. Dengan mencuci muka, kotoran dan debu yang ada di wajah akan bersih dan tidak akan menyumbat pori-pori. Selain itu, face wash juga dapat mengangkat minyak berlebih, mencerahkan wajah, serta efektif menarik keluar sel kulit mati. 

Pilih face wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Kalau kulitmu berjerawat, jangan menggunakan face wash yang ada scrub karena dapat membuat wajah merah dan iritasi. Pastikan mencuci wajah dengan benar dan bersih, ya.

5. Toner

5 Basic Skincare yang Harus Kamu Punya, Pemula Wajib Tahu!  Illustrasi menggunakan toner (asianbeautyhub.com/pros-and-cons-of-rejuvenating-set/)

Toner menjadi salah satu skincare terpenting untuk wajahmu. Sebab, selain menyeimbangkan pH kulit wajah, toner juga mengecilkan pori-pori wajah, lho. Gak cuma itu, toner juga mengurangi produksi minyak berlebih pada kulitmu. 

Cara penggunaan toner adalah dengan teteskan di kapas dan tepuk perlahan ke wajahmu. Toner digunakan sehabis cuci muka, ya!

Perawatan wajah itu penting, selain membuat kulit sehat, tekstur jadi lebih halus dan bikin kamu semakin percaya diri. Skincare juga harus digunakan rutin setiap hari pada pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Semoga bermanfaat, ya! 

Baca Juga: 5 Kombinasi Kandungan Skincare untuk Hilangkan Jerawat dan Bekasnya

Gevani Soetadi Photo Writer Gevani Soetadi

Go with your passion :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya