Comscore Tracker

6 Cara Paling Efektif Hilangkan Kerutan di Muka Agar Nampak Awet Muda

#GirlThing Dari olahraga hingga pijat wajah…

Kerutan di wajah muncul sebagai gejala penuaan dini. Wajah yang keriput akan membuat kita nampak lebih tua. Kemunculan kerutan di area wajah seperti dahi, pipi dan bawah mata disebabkan oleh pola hidup yang buruk, mulai dari kurang tidur, merokok, konsumsi alkohol dan sebagainya. Jika kamu tidak ingin mengalami penuaan dini, maka hindarilah kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Buat wajahmu yang terlanjur mengalami kerutan di wajah, jangan khawatir. Kamu dapat melakukan perawatan sendiri dengan mengikuti kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

1. Rajin mengonsumsi air putih

6 Cara Paling Efektif Hilangkan Kerutan di Muka Agar Nampak Awet MudaUnsplash.com/Ethan Sykes

Kekurangan cairan akan membuat kulit menjadi kering dan keriput. Mengonsumsi banyak air putih dapat membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menjaga kelembaban kulit. Kulit yang lembab akan menghalangi munculnya kerutan-kerutan di area wajah dan anggota tubuh lainnya. Sesuai saran ahli, minumlah air putih minimal 8 gelas sehari.

2. Berolahraga secara teratur

6 Cara Paling Efektif Hilangkan Kerutan di Muka Agar Nampak Awet MudaPatrika.com

Rajin berolahraga membuat tubuh tetap bugar serta membantu mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh, termasuk radikal bebas di wajah. Lakukan olahraga seperti jogging, renang, senam dan sebagainya minimal 2 kali seminggu untuk menjaga kulitmu tetap segar dan kencang.

3. Mengelap wajah dengan lap basah

6 Cara Paling Efektif Hilangkan Kerutan di Muka Agar Nampak Awet MudaResveralife.com

Melakukan tepukan dengan lap basah pada bagian yang mengalami keriput mampu membantu menghilangkan kerutan di wajah. Basahilah lap lembut dengan air hangat, peras sedikit, kemudian tepuk-tepukkan pada bagian pipi, bawah mata maupun dahi secara merata. Lakukan kebiasaan ini secara rutin setiap sebelum kamu tidur dan setelah bangun di pagi hari.

4. Melakukan pijat wajah

6 Cara Paling Efektif Hilangkan Kerutan di Muka Agar Nampak Awet MudaSkincare.com

Memijat wajah ternyata cukup efektif menghilangkan kerutan di wajah. Pijatlah wajahmu secara rutin tiap hari dan usahakan memijatnya pada area getah bening. Pemijatan ini bertujuan untuk mengurangi berat air pada wajah.

Caranya, gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk memijat bagian kerutan dengan gerakan memutar. Ulangi gerakan pijatan sebanyak lima kali agar hasilnya optimal.

5. Masker lemon dan gula

6 Cara Paling Efektif Hilangkan Kerutan di Muka Agar Nampak Awet MudaHowfacecare.com

Lemon mengandung asam sitrat yang bersifat abrasif bermanfaat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan keriput di wajah. Kandungan vitamin C dalam lemon juga mampu meningkatkan jumlah kolagen yang membuat wajah menjadi lebih kencang dan halus. Sedangkan gula mengandung glikolat yang berfungsi memperbaiki kerusakan sel kulit.

Oleskan campuran air lemon dan gula organik pada wajah secara merata, jangan sampai terkena mata karena bisa perih. Biarkan selama 10 menit hingga kering lalu bilas dengan air dingin.

6. Rutin memakai pelembab wajah

6 Cara Paling Efektif Hilangkan Kerutan di Muka Agar Nampak Awet MudaRd.com

Moisturizer berfungsi untuk menjaga kelembaban wajah agar tidak kering, sehingga terhindar dari risiko keriput dini. Pilihlah pelembab yang cocok dengan jenis kulitmu kemudian oleskan secara rutin setiap hari setelah mandi atau mencuci wajah.

Yuk, lakukan kebiasaan sehat di atas mulai dari sekarang agar terhindar dari keriput dini.

 

Iis E. Photo Verified Writer Iis E.

A curious woman, sharing for healing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya