Comscore Tracker

5 Fakta Unik Silikon, Zat Aktif yang Sering Digunakan dalam Kosmetik!

Meski banyak manfaatnya, banyak pula kekurangannya!

Silikon merupakan zat kimia yang lebih sering ditambahkan pada kosmetik maupun skincare. Silikon merupakan salah satu unsur metaloid yang bersifat seperti logam namun merupakan unsur non logam. Silikon memiliki formual yang cair dan digunakan untuk berbagai kebutuhan lain, misalnya chip komputer. Nah meski penggunaannya sudah lumrah dan digunakan dimana saja, faktanya silikon masih menjadi pro dan kontra dalam penggunaannya pada kosmetik. Berikut lima fakta silikon yang harus kamu tahu dalam penggunaannya pada bidang kosmetik!

1. Salah satu rahasia agar kulit tampak glowing

5 Fakta Unik Silikon, Zat Aktif yang Sering Digunakan dalam Kosmetik!youtube.com/daddoa

Silikon seringkali ditambahkan dalam skin care karena bisa membuat kulit tampak cantik dan glowing. Teksturnya yang seperti gel membuat silikon mudah untuk dibaurkan dan silikon pun seringkali menutupi kekurangan pada wajah, misalnya keriput dan membentuk lapisan di atas kulit sehingga kulit tampak sempurna dan jauh dari cela. Bahkan silikon yang bersifat waterproof akan mengunci kelembaban kulit lebih tahan lama bahkan dari keringat sekalipun.

2. Silikon ditemukan di berbagai jenis kosmetik

5 Fakta Unik Silikon, Zat Aktif yang Sering Digunakan dalam Kosmetik!prelo.co.id/

Selain ada dalam skin care, faktanya silikon pun sering ditambahkan dalam kosmetik entah itu eyeshadow, bronzer, deodoran, eye-cream, bahkan pada produk shaving lotion. Karena sifatnya yang mudah dibaurkan dan membuat kulit terlihat lebih sempurna tentunya membuat silikon ditemukan dalam berbagai macam kosmetik. Sayangnya selain memiliki kelebihan, silikon pun memiliki kekurangan.

Baca Juga: Duh! 6 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kulitmu Cepat Rusak

3. Mempunyai nama lain

5 Fakta Unik Silikon, Zat Aktif yang Sering Digunakan dalam Kosmetik!independent.co.uk

Jangan tertipu dan menyangka produk yang kamu gunakan bebas dari silikon karena faktanya silikon memiliki nama lain. Nama silikon yang kerap muncul dalam kosmetik adalah dimetikon, trimetikon, siklometikon, amodimetikon dan masih banyak lagi nama-namanya yang harus kamu tahu. So, sebelum memutuskan membeli kosmetik, cobalah telaah dulu komposisi bahannya, karena siapa tahu dalam kosmetik yang hendak kamu beli memiliki kandungan silikon. Apalagi untukmu yang memiliki kulit sensitif, jelas harus croscek dahulu sebelum membeli.

4. Membuat kotoran terperangkap dalam lapisan kulit

5 Fakta Unik Silikon, Zat Aktif yang Sering Digunakan dalam Kosmetik!debronsbergen.nl/

Kekurangan yang ada pada silikon misalnya saja membuat kotoran terperangkap kedalam kulit sehingga membuat kulit sukar dibersihkan dan menjadi sarang jerawat. Alih-alih wajahmu mulus dan glowing, yang ada malah justru sebaliknya. Selain itu silikon pun membuat skin care sulit menyerap kulit sehingga malah mengurangi manfaat dari skin care tersebut. Oleh karena itu pastikan wajahmu benar-benar bersih dan gunakan pembersih yang mampu mengangkat silikon agar kulitmu tak memiliki banyak masalah terutama jerawat.

5. Pemakaian silikon dibatasi karena mengingat banyaknya kulit yang sensitif dan alergi

5 Fakta Unik Silikon, Zat Aktif yang Sering Digunakan dalam Kosmetik!lunagemme.com

Kini, penggunaan silikon semakin dibatasi dalam kosmetik dan skin care karena faktanya silikon tak cocok digunakan untuk pemilik kulit sensitif dan mudah alergi. Meski masih ada beberapa brand yang mempertahankan silikon dalam produknya, namun kini makin banyak brand yang menciptakan produk silicon free dan paraben free yang tentunya makin ramah untuk digunakan pada kulit.

Yuk mulai beralih!

Baca Juga: Jangan Bingung! Rawat Kulit Kombinasimu dengan 6 Tips Sederhana Ini

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You