Comscore Tracker

Meski Dianggap Sepele, Ini 5 Keuntungan dari Menandai Siklus Haidmu

Jangan diremehkan ya siklus haidmu!

Sebagai seorang perempuan pastinya menstruasi bukanlah hal yang asing dan setiap bulannya siklus menstruasi selalu terjadi. Menstruasi merupakan proses pelepasan jaringan darah karena tak terjadi pembuahan atau tak terjadi pertemuan antara sel telur dan sel sperma. Nah baiknya siklus menstruasi ini selalu kamu tandai setiap bulannya karena kamu akan mendapatkan lima manfaat ini!

1. Tentunya kamu bisa mengantisipasi kebocoran yang tidak diinginkan

Meski Dianggap Sepele, Ini 5 Keuntungan dari Menandai Siklus Haidmuwisegeek.com

Ketika kamu tahu kapan akan haid, pastinya kamu akan lebih mempersiapkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran. Namun ketika kamu tak tahu siklus haidmu sendiri, pastinya saat menstruasi kebocoran bisa saja terjadi karena kamu tak mempersiapkan pembalut. So, lebih baik dari sekarang tandai kapan siklus haidmu datang agar kamu lebih mempersiapkan hal ini kedepannya.

2. Kamu bisa mempersiapkan dengan baik masa PMS yang mungkin mengganggumu

Meski Dianggap Sepele, Ini 5 Keuntungan dari Menandai Siklus HaidmuPexels/Rawpixel

Manfaat selanjutnya yang akan kamu rasakan adalah kamu bisa mengantisipasi terjadinya PMS yang mengganggu. Ketika kamu tahu kapan akan haid otomatis kamu akan mempersiapkan segala hal ketika PMS termasuk minum air putih yang banyak atau mengurangi junk food misalnya. Karena PMS bukan saja mengganggu aktivitas tetapi juga bisa menyebabkan nyeri yang lumayan bagi sebagian perempuan.

Baca Juga: Pergi Traveling Tapi Lagi Haid? Jangan Sampai Lupa Bawa 8 Benda Ini

3. Tentunya siklus haid yang kamu tandai akan bisa memperkirakan masa suburmu

Meski Dianggap Sepele, Ini 5 Keuntungan dari Menandai Siklus HaidmuPexels.com/Andre Furtado

Dengan menegtahui siklus haidmu, tentunya kamu pun akan mengetahui kapan masa suburmu berlangsung. Biasanya masa subur seorang perempuan adalah 12-16 hari sejak hari pertama haid. Nah tentunya hal ini akan sangat menguntungkan untukmu yang ingin segera hamil dan sedang dalam program hamil. So, jangan menyepelekan siklus haid ya karena memiliki banyak manfaat.

4. Kamu akan mudah menghitung usia kehamilan

Meski Dianggap Sepele, Ini 5 Keuntungan dari Menandai Siklus HaidmuPexels/Negative Space

Saat kamu tahu siklus menstruasimu, tentunya kamu pun akan lebih mudah menghitung usia kehamilan dan bisa memperkirakan kapan akan melahirkan. Hari terakhir menstruasi biasanya merupakan hari kehamilan pertama bagi seorang perempuan yang siklus haidnya sekitar 28 hari sekali. Tentunya hari menstruasi terakhir dan ditambahkan 40 minggu (9 bulan) bisa merupakan hari persalinanmu.

5. Berkat siklus haid, penyakit atau masalah seputar menstruasi akan lebih dini kamu ketahui

Meski Dianggap Sepele, Ini 5 Keuntungan dari Menandai Siklus Haidmumedlife.com

Dengan mengetahui kapan waktu haid, kamu pun akan lebih mudah mengetahui jika ada masalah atau gangguan pada siklus menstruasimu. Misalnya saja jadwal haidmu tak sesuai dengan waktunya boleh jadi tubuhmu memang sedang dalam kondisi yang tidak baik. So, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dengan menandai jadwal haidmu. Nah mulai sekarang lebih pedulikan lagi ya jadwal haidmu agar semua masalah yang tak diinginkan bisa diminimalisir!

Baca Juga: Girls, Periode dan Durasi Haid Ternyata Bisa Diatur Lho! Ini 7 Caranya

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You