Comscore Tracker

Bikin Kulit Bermasalah, Hindari Penggunaan Makeup di 5 Situasi Ini Ya!

Jangan pakai makeup dulu!

Makeup pastinya merupakan hal yang wajib bagi sebagian besar perempuan. Dengan menggunakan makeup setiap wanita cenderung merasa lebih percaya diri dan merasa lebih cantik. Hanya saja penggunaan makeup tidak bisa dilakukan kapan saja karena lima situasi di bawah ini akan menyebabkan masalah bagi kulitmu!

1. Saat berenang

Bikin Kulit Bermasalah, Hindari Penggunaan Makeup di 5 Situasi Ini Ya!Pexels/Vitor Castro

Jangan sekali-kali menggunakan makeup saat berenang. Hal ini karena air kolam biasanya mengandung kaporit atau klorin yang akan membuat wajahmu jadi iritasi saat kamu mengenakan makeup. Belum lagi makeup yang kamu pakai akan menyebabkan sisa klorin menempel di wajah sehingga bisa saja kamu alami peradangan jerawat

2. Saat berjerawat

Bikin Kulit Bermasalah, Hindari Penggunaan Makeup di 5 Situasi Ini Ya!verywellhealth.com/

Biasanya banyak orang yang merasa tidak pede memiliki kulit yang berjerawat dan cenderung menutupinya menggunakan concealer atau foundation. Padahal jerawat tersebut bisa semakin parah jika ditutupi karena pori-pori wajah menjadi tersumbat. Bukannya jerawat hilang yang ada malah semakin parah. Jika memang terpaksa menggunakan concelaer atau foundation baiknya pakai dalam kemasan tube dan pastikan tangan dalam keadaan bersih saat mengaplikasikan foundation tersebut.

Baca Juga: 7 Alat Makeup yang Diperlukan untuk Tampilan Wajah "Makeup No Makeup"

3. Ketika micro needling

Bikin Kulit Bermasalah, Hindari Penggunaan Makeup di 5 Situasi Ini Ya!everydayhealth.com

Ini merupakan metode perawatan wajah di mana jarum halus dimasukkan ke dalam kulit agar kulit senantiasa awet muda dan menolak tua. Oleh sebab itu baiknya tidak menggunakan makeup dulu selama minimal 6 hari setelah melakukan perawatan ini. Hal tersebut dikarenakan wajah cenderung berisiko alami iritasi jika langsung memakai makeup sesudah perawatan.

4. Ketika laser hair removal

Bikin Kulit Bermasalah, Hindari Penggunaan Makeup di 5 Situasi Ini Ya!freepik.com/

Biasanya treatment ini bertujuan mengangkat bulu-bulu halus di sekitar wajah. Dianjurkan saat melakukan treatment ini wajah bebas makeup supaya prosesnya tidak terhambat. Hal ini karena pengangkatan bulu halus butuh akses menuju folikel rambut sehingga ketika menggunakan makeup prosesnya jadi tidak maksimal.

5. Saat olahraga

Bikin Kulit Bermasalah, Hindari Penggunaan Makeup di 5 Situasi Ini Ya!Pexels/Nathan Cowley

Bukannya tidak boleh menggunakan foundation saat olahraga, hanya saja ketika wajah berkeringat foundation tersebut bisa menyumbat pori hingga akhirnya kulit wajah malahan berjerawat. Baiknya saat olahraga tidak perlu memakai makeup dulu, namun cukup memakai sunscreen yang formulanya ringan saja agar kulit tidak terbakar matahari.

Jangan dulu menggunakan makeup ya supaya keamanan kulitmu tetap terjaga!

Baca Juga: Nih 9 Tren Makeup Korea 2020, Berani Tampil Glowing?

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya