Comscore Tracker

Kamu Harus Tahu, Ini 5 Tahapan CTMP untuk Basic Skincare Para Remaja

CTMP itu apa sih?

CTMP adalah tahapan termudah untuk merawat kulit, yaitu cleansing, toning, moisturizing, danprotecting. Masih banyak remaja yang belum tahu sama sekali tentang bagaimana tahapan basic skincare yang tepat untuk mereka dan juga pentingnya perawatan kulit bagi mereka. Entah tidak menjalani perawatan kulit secara rutin dan lengkap, atau bahkan sampai tidak menggunakan skincare sama sekali.

Nah, kalau kamu juga masih bingung apa saja sih tahapan basic skincare yang tepat untuk remaja? Keep scrolling!

1. First cleansing

Kamu Harus Tahu, Ini 5 Tahapan CTMP untuk Basic Skincare Para Remajapexels.com/Shiny Diamond

ika kamu sudah beranjak remaja, ada baiknya kamu melakukan tahapan C ini sebanyak dua kali. Yakni dibagi menjadi first cleansing dan second cleansing.

Pada tahapan first cleansing ini dilakukan untuk membersihkan kotoran debu/ polusi yang menempel di wajah setelah beraktivitas seharian dan juga untuk membersihkan sisa-sisa makeup yang telah dipakai di wajah. Ada tiga jenis cleanser berdasarkan bahan dasarnya yang dapat kamu gunakan untuk tahap ini, yaitu milk cleanser, oil cleanser, dan water cleanser.

2. Second cleansing

Kamu Harus Tahu, Ini 5 Tahapan CTMP untuk Basic Skincare Para Remajapexels.com/Vitória Santos

Setelah melakukan tahapan first cleansing, kamu juga harus melakukan tahapan second cleansing agar wajahmu dapat dibersihkan secara maksimal. Tujuannya untuk membantu membersihkan wajahmu lebih mendalam dan juga membersihkan sisa-sisa dari first cleanser yang kamu pakai.

Gunakanlah face wash atau facial foam yang cocok untuk jenis kulit kamu. Jangan lupa, cuci muka dua kali dalam sehari saat akan memulai hari dan setelah melakukan aktivitas. Hati-hati, kalau kamu cuci muka terlalu sering dapat menimbulkan masalah kulit baru di wajahmu.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Ini 5 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif yang Benar

3. Toning

Kamu Harus Tahu, Ini 5 Tahapan CTMP untuk Basic Skincare Para Remajapexels.com/Andrea Piacquadio

Apa sih toning itu? Tahapan yang ketiga ini merupakan tahapan yang bertujuan untuk menyeimbangkan pH kulit wajah setelah melakukan aktivitas cuci muka. Tentu saja, toning dilakukan dengan menggunakan skincare yang namanya toner.

Gak cuma itu, lho. Setelah kamu menggunakan toner di wajah, kulitmu akan terasa lebih segar. Untuk lanjut ke tahap berikutnya, tunggu toner yang kamu gunakan sampai menyerap dengan baik di wajahmu ya!

4. Moisturizing

Kamu Harus Tahu, Ini 5 Tahapan CTMP untuk Basic Skincare Para Remajapexels.com/cottonbro

Di tahapan ini, moisturizer bertujuan untuk melembapkan kulit wajahmu. Penggunaan pelembap gak pandang bulu lho, guys! Entah kamu memiliki jenis kulit berminyak, kering, normal, sensitif, dan bahkan kombinasi, kamu tetap harus pakai pelembap.

Kamu bisa pakai pelembap yang berbahan aloe vera jika kulitmu kering. Kalau kulitmu berminyak, cobalah untuk mencari pelembap dengan kandungan yang baik dan tepat untuk kulitmu, misalnya lemon. Ingat ya, gunakan pelembap sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kamu.

5. Protecting

Kamu Harus Tahu, Ini 5 Tahapan CTMP untuk Basic Skincare Para Remajapexels.com/RF._.studio

Setelah kamu melakukan tahapan C, T, dan M, ibarat sayur tanpa garam jika kamu meninggalkan tahapan yang terakhir ini. Yup, P alias protecting. Pada tahapan protecting yang terakhir ini, gunakan sunscreen dengan kadar SPF yang tepat sesuai kebutuhan.

Sunscreen berguna untuk mengurangi efek samping dari pancaran sinar UV, terlebih lagi saat beraktivitas di luar rumah, baik UVA maupun UVB. Gak cuma itu, penggunaan sunscreen juga bertujuan untuk menghindari masalah kulit menjadi belang akibat sinar matahari. Tapi, meskipun kamu berada di dalam rumah, ada baiknya kamu tetap menggunakan sunscreen ya!

Nah, itu tadi lima tahapan basic skincare untuk para remaja, yaitu C (cleansing), T (toning), M (moisturizing), dan P (protecting). Pastikan produk-produk skincare yang kamu gunakan sudah tepat sesuai dengan jenis kulit kamu dan lakukan perawatan kulit secara rutin, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Merawat Wajah, Awas Malah Jerawatan!

Indy Mabarroh Photo Verified Writer Indy Mabarroh

02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya