Comscore Tracker

7 Menteri Wanita di Era Jokowi yang Terima Penghargaan Internasional

Kartini masa kini yang hadir untuk menyalakan Indonesia

Belum lama kita mendengar kabar bahwa Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indriwati mendapat penghargaan internasional. Namun, jauh-jauh sebelumnya juga terdapat penghargaan internasional yang diberikan kepada menteri-menteri lainnya di era kabinet kerja Presiden Joko Widodo. Yang lebih membanggakan lagi, ada total tujuh wanita dengan empat penghargaan yang diterimanya.

Penghargaan apa saja kah itu? Lalu siapa saja kah yang menerimanya? Berikut tujuh menteri wanita di kebinet kerja Jokowi yang terima penghargaan internasional.

1. Sri Mulyani (Menteri Keuangan)

7 Menteri Wanita di Era Jokowi yang Terima Penghargaan Internasionalinstagram.com/smindrawati

Sri Mulyani Indrawati meraih penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit. Sri Mulyani mendapatkan gelar tersebut di Dubai, Uni Arab Emirates, Minggu (11/2/2018). Penghargaan diserahkan langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Penghargaan ini diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia pada setiap tahunnya. Proses seleksinya pun ketat dan penentuannya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh Wolrd Government Summit.

Sebelum mendapat penghargaan menteri terbaik, putri dari guru besar Unnes yakni Prof Drs Satmoko dan Prof Dr Retno Sriningsih Satmoko ini sudah banyak mendapat prestasi tingkat dunia yang lain.

Globe Asia pada 2017 menempatkan Sri Mulyani sebagai salah satu tokoh asal Indonesia paling berpengaruh. Globe Asia mengapresiasi keberhasilan Sri Mulyani dalam menjalankan program tax amnesty yang sukses mengembalikan pajak yang seharusnya dibayarkan oleh beberapa orang Indonesia di luar negeri.

Majalah Keuangan Hong Kong, Finance Asia, menobatkan Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan terbaik pada 2017. Penghargaan ini diberikan atas penilaian kerja Sri Mulyani yang dianggap memiliki reputasi bintang dan etos kerja yang gigih. Keberhasilan Sri Mulyani yaitu memperbaiki sistem perpajakan Indonesia lewat program pengampunan pajak atau tax amnesty dan dinilai mampu memperbaiki kondisi keuangan Indonesia yang menurun pada enam bulan pertama 2016.

2. Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri)

7 Menteri Wanita di Era Jokowi yang Terima Penghargaan Internasionalmediaindonesia.com

Retno mendapatkan penghargaan dari Badan PBB. Menteri Luar Negeri Indonesia menerima penghargaan dari UN Women (Badan PBB Urusan Perempuan), pada salah satu dari berbagai agenda terkait Indonesia di sela-sela sidang tahunan Majelis Umum PBB ke-72.

Penghargaan itu diberikan sebagai pengakuan atas upaya yang telah dilakukan Menlu Retno khususnya untuk memajukan agenda bagi Pembangunan Berkelanjutan 2030 dan juga dalam menangani isu-isu global melalui kemanusiaan dan diplomasi damai.

Berbicara di depan para tokoh perempuan dunia seusai menerima penghargaan itu Menlu Retno Marsudi mengemukakan perempuan punya kekuatan yang ampuh untuk menjadi bagian dari solusi terhadap berbagai tantangan dihadapi dunia. 

3. Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

7 Menteri Wanita di Era Jokowi yang Terima Penghargaan Internasionaldishut.kalselprov.go.id

Siti Nurbaya mendapat penghargaan International Women of Change dari International Film Festival For Women, Social Issues, and Zero Discrimination (IFFWSZ) hari ini, Senin (7/3/2016). Penghargaan ini diberikan dalam rangka peringatan Hari Anti Diskriminasi Internasional yang diperingati 1 Maret tersebut diserahkan oleh Dewan Kreatif Rakyat (DKR).

Siti Nurbaya dipilih karena dianggap memberikan ruang demokrasi kepada perempuan di lembaga struktural kementerian dan memberikan komitmen serta aksi tanggal yang luar biasa dalam membantu korban, terutama anak-anak yang terdampak asap kebakaran hutan dan lahan di Sumatra dan Kalimantan. Siti Nurbaya juga bersikap tegas kepada perusahaan-perusahaan yang melakukan kebakaran baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan)

7 Menteri Wanita di Era Jokowi yang Terima Penghargaan Internasionaltempo.co

Nila Moeloek menerima dua penghargaan penyelenggaraan kesehatan ibadah haji dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi atas keberhasilan penyelenggaraan kesehatan haji Indonesia 2017 atau 1438 Hijriah.

Penghargaan pertama yang diterima Menkes ialah "Health Awareness Ambassador Program in Hajj Season 1438 H for Indonesia Hajj Medical Mission 2017". Penghargaan kedua ialah penghargaan atas keberhasilan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah dalam mendukung Program Kesehatan Haji tahun 1438 H.

Penghargaan ini diterima Indonesia mengingat sejumlah keberhasilan program penanganan kesehatan jemaah haji oleh KKHI, antara lain kegiatan promotif preventif oleh Tim Promotif Preventif, pelayanan kuratif di KKHI, dan pelayanan gerak cepat di lapangan.

5. Yohana Yambise (Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak)

7 Menteri Wanita di Era Jokowi yang Terima Penghargaan Internasionalkompas.com

Yohana menorehkan prestasi besar bagi Indonesia karena menerima penghargaan “Outstanding Alumni 2017” dari Simon Fraser University (SFU) di Kanada. Wanita asli Papua ini menerima penghargaan pada kategori “Public Service Achievement”, yang terpilih dari 150,000 alumni SFU lain dari 141 negara, melalui rangkaian seleksi dari Dewan Direksi Asosiasi Alumni.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Alumni SFU yang memiliki prestasi luar biasa dibidangnya, yang dilakukan secara konsisten dan kerja keras, serta keberanian, inovasi, dan pendekatan efektif serta bermanfaat bagi sebanyak mungkin masyarakat.

Yohana mengatakan bahwa penghargaan “Outstanding Alumni 2017” tersebut dipersembahkannya untuk Indonesia, agar dapat memotivasi perempuan Indonesia khususnya di Papua untuk berprestasi. Yohana berterima kasih kepada SFU yang telah memberinya ilmu sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini dan kepada Presiden Jokowi yang selalu mendukung kebijakan dan program pembangunan yang ditujukan untuk memberdayakan perempuan, memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak-anak Indonesia, yang jumlahnya hampir 70% dari total penduduk Indonesia.

6. Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial)

7 Menteri Wanita di Era Jokowi yang Terima Penghargaan Internasionalinstagram.com/khofifah.ip

Khofifah mendapat penghargaan International Women of Change dari International Film Festival For Women, Social Issues, and Zero Discrimination (IFFWSZ) hari ini, Senin (7/3/2016). Penghargaan ini diberikan dalam rangka peringatan Hari Anti Diskriminasi Internasional yang diperingati 1 Maret tersebut diserahkan oleh Dewan Kreatif Rakyat (DKR).

Ibu Khofifah dipilih karena dianggap memberikan ruang demokrasi kepada perempuan di lembaga struktural kementerian dan memberikan kontribusi yang besar untuk perubahan dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan sosial di Indonesia. Bersama Program Keluarga Harapan (PKH), Khofifah ia menyebutkan bahwa program tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan anak-anak dari keluarga penerima dalam menempuh pendidikan, serta membantu meningkatkan gizi pada anak.

Media massa asal Amerika Serikat Bloomberg pernah memberikan pujian melalui artikel kepada Khofifah yang dianggap sebagai simbol kesuksesan perempuan di kancah politik nasional. Pujian tersebut disampaikan Bloomberg lewat artikel yang diturunkan akhir Juli lalu berjudul "Worlds Biggest Muslim Country Puts More Women Into Senior Roles". Menteri di Kabinet Kerja dinilai berperan penting dalam upaya pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan sosial di Indonesia. 

7. Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan)

7 Menteri Wanita di Era Jokowi yang Terima Penghargaan Internasionalinstagram.com/susipudjiastuti115

Menteri yang memiliki ketenaran lewat motto “Tenggelamkan!” ternyata sudah meraih dua penghargaan internasional. Penghargaan itu antara lain dari WWF dengan kategori Leaders for a Living Planet dan Benchley Ocean Award atas visi dan kebijakannya dalam pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia.

Penghargaan dari WWF ini diberikan pada September tahun 2016. Leaders for a Living Planet Award diberikan kepada individu-individu di dunia yang berkontribusi signifikan terhadap pelestarian alam dan pembangunan berkelanjutan.

Selama karirnya, Ibu Susi telah menerbitkan kebijakan-kebijakan untuk melindungi kesehatan laut, termasuk meratifikasi Port State Measures Agreement, memperkenalkan ukuran tangkap minimum untuk beberapa biota, melarang penggunaan alat tangkap perikanan yang merusak lingkungan, menetapkan kawasan konservasi perairan, dan mendorong perlindungan spesies laut. Menteri yang dikenal nyentrik dan gaul ini juga tak segan menenggelamkan kapal nelayan asing yang mencuri hasil laut dengan menggunakan alat tangkap yang merusak lingkungan di wilayah laut Indonesia

Sedangkan penghargaan dari Benchley Ocean Award diberikan pada Mei 2017 silam. Penghargaan ini diterima Susi di Washington DC dan diserahkan langsung oleh Eva Mazrieva. Diketahui, Peter Benchley Ocean Awards ini adalah penghargaan maritim tertinggi di dunia. Penghargaan ini sekaligus memiliki dua ketegori yakni mengakui prestasi yang dicapai pembuat kebijakan publik dan juga warga masyarakat yang menyelamatkan laut.

Para wanita di atas menjadi sumber inspirasi bagi siapapun, khususnya wanita, bahwa wanita dapat menjadi apapun selagi percaya bahwa perbedaan gender bukanlah penghalang untuk meraih cita-cita.

Ismet Maulana Photo Community Writer Ismet Maulana

Lagi belajar menulis. Ingin menjadi jurnalis, reporter atau presenter berita tv.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 17:30:05

Progress: 768.639 dari 813.350 TPS (94.50286%)

Just For You