Comscore Tracker

Apa Warna Foundation-mu Sudah Sesuai dengan Warna Kulit? 

Harus sesuai nih, biar nggak dempul

IDN Times yakin banget sebagian dari kamu suka nggak pede kalau menggunakan foundation. Alasannya cuma satu, takut terlihat terlalu dempul, benar nggak? Tahu nggak sih kalau hal itu terjadi karena kamu nggak memahami shade dari foundation yang cocok dengan kulitmu. Tapi tenang aja, IDN Times bakalan membantu kamu menyelesaikan masalahnya!

Sebelum kita membahas lebih jauh soal shade dari foundation, cek dulu skin tone kamu yuk. Caranya gampang kok. Cuci wajahmu hingga bersih dan biarkan kulit mengering dengan sendirinya selama 15 menit. Jangan gunakan pelembap/toner agar kulit tetap dalam kondisi netral.

Setelah itu, berdirilah di bawah sinar matahari yang netral tanpa bayangan dan pantulan warna lainnya. Sediakan kertas putih polos dan cermin, pegang kertas dan sejajarkan dengan wajah, amati warna kulit melalui cermin. Bandingkan dengan warna putih yang kontras pada kertas. Jika kulit kamu tampak kekuningan, maka kamu memiliki warm skin tone. Namun, jika kulit terlihat pinkish maka kamu memiliki cool skin tone. Nah, jika tidak ada perubahan apa pun, berarti kulitmu netral.

Nah, untuk mengetahui lebih jelas warna kulitmu, bisa gunakan baju cerah seperti kuning muda dan pink. Jika warna baju dan kulitmu nge-blend dengan salah satunya, itu artinya warna kulitmu sesuai dengan warna baju yang kamu gunakan ya.

1. Fair neutral skin

Apa Warna Foundation-mu Sudah Sesuai dengan Warna Kulit? IDN Times/MAKE OVER

Kata orang, kulit jenis ini nggak perlu menggunakan foundation lagi. Soalnya mereka memiliki kulit yang sangat diidam-idamkan perempuan. Tapi, memiliki kulit netral bukan berarti memiliki wajah yang mulus lho. Makanya, pemakaian foundation juga diperlukan oleh jenis kulit ini. Selain bisa menutupi bintik-bintik merah, penggunaan foundation juga diperlukan untuk memaksimalkan riasan wajah kamu.

Gimana sih caranya pakai foundation yang nggak terlihat dempul? Penggunaan foundation tipis bukan berarti nggak dempul lho. Efek dempul diciptakan dari kontrasnya tone wajahmu dengan tone foundation kamu. Nah, IDN Times menyarankan kamu untuk menggunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation N10 Marble.

2. Light skin

Apa Warna Foundation-mu Sudah Sesuai dengan Warna Kulit? IDN Times/MAKE OVER

Ada dua tipe kulit cerah guys yaitu light yellow dan light pink. Biasanya, cewek-cewek akan membeli foundation dengan tone light saja. Padahal, foundation yang mereka butuhkan jelas berbeda lho. Sebelum kita membahas foundie apa yang cocok untuk kamu, pastikan dulu nih kamu tau tone kulitmu dulu. Kalau sudah tahu, yuk kita bahas!

Untuk si light yellow skin, kamu bisa menggunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation W22 Warm Ivory. Soalnya, kulit jenis ini cenderung dengan warna hangat, guys. Nah, untuk si light pink skin, kamu bisa menggunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation C21 Pink Ivory. Kalau kamu membeli foundation sesuai dengan warna kulitmu, nggak akan terlihat dempul deh.

3. Light to medium

Apa Warna Foundation-mu Sudah Sesuai dengan Warna Kulit? shutterstock.com/Atstock Productions

Sekarang kita beralih ke kulit light to medium. Sama dengan tipe light skin, tipe ini juga memiliki dua shade lho. Ada light medium yellow dan light medium neutral. Tipe kulit ini cenderung lebih gelap daripada light skin. Yah, bisa dibilang kulit Indonesia banget.

Untuk tipe kulit light medium yellow, kamu bisa menggunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation W33 Honey Beige. Dari namanya saja, sudah terlihat jelas ya kalau kulit ini ‘hampir sama’ dengan warna madu, yakni kuning cerah. Sedangkan untuk tipe kulit light medium pink, kamu bisa gunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation N30 Natural Beige.

4. Medium skin

Apa Warna Foundation-mu Sudah Sesuai dengan Warna Kulit? shutterstock.com/halayalex

Kebanyakan cewek yang memiliki shade kulit ini nggak akan pede saat menggunakan foundation. Mereka akan menggunakannya hanya pada acara-acara tertentu. Saat mereka membeli foundation dan mencobanya, mereka merasa nggak worth it. Malah banyak juga yang menjual kembali foundation-nya karena nggak cocok. Setuju nggak?

Padahal, bukan foundation-nya yang salah, tapi kamunya saja yang salah memilih. Ada dua tipe kulit medium yaitu medium yellow dan medium peach undertone. Hati-hati ya, jangan karena kulitmu gelap, kamu asal beli foundation. Buat kamu yang memiliki tipe kulit medium yellow, coba deh gunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation W42 Warm Sand. nah, buat kamu yang warna kulitnya cenderung medium peach undertone, bisa gunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation W41 Coral Sand.

5. Dark skin

Apa Warna Foundation-mu Sudah Sesuai dengan Warna Kulit? IDN Times/MAKE OVER

Shade kulit terakhir yang akan IDN Times adalah dark with red undertone skin. Buat kamu yang memiliki kulit gelap, nggak perlu repot-repot beli skin care mahal untuk mencerahkan. Bersyukur dengan warna kulitmu aja guys. Soalnya, jenis kulit ini nggak mudah terkena jerawat atau bintik-bintik. Soalnya pigmen yang terdapat dalam kulit akan mencegah iritasi kulit.

Hebatnya, sekarang kamu bisa leluasa menggunakan foundation kapan pun kamu mau tanpa takut terlihat dempul. MAKE OVER sudah sangat mengerti masalah kamu guys. Mau mencobanya? Kamu bisa menggunakan MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation C62 Rich Cocoa.

Kenapa sih IDN Times menyarankan kamu menggunakan foundation dari MAKE OVER? Selain pas dengan warna kulitmu, liquid foundation ini juga long lasting lho sampai 12 jam penuh. Produk ini juga memberi kesan matte dan natural serta dapat mengontrol minyak dan kondisi kulit. Eits, kayaknya nggak lengkap kalau nggak melindungi kulit dari sinar matahari ya? Tenang aja, MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid Foundation ini sudah mengandung SPF 30, PA+++ lho. Yakin nggak mau coba?

Topic:

  • Vika Widya Alfianti

Berita Terkini Lainnya