Comscore Tracker

Perjalanan Najwa Shihab Meniti Karier dan Pesannya untuk Perempuan

Mbak Nana berbagi rahasia suksesnya berkarier

Siapa sih yang gak kenal dengan Najwa Shihab? Pembawa acara Catatan Najwa yang pada 22 Septmber kemarin hadir di Gesibu Blambangan, Banyuwangi ini memang dikenal cerdas dan kritis dalam membawakan acara tersebut. Terlebih lagi, Nana, panggilan akrabnya, tidak jarang membuat bintang tamunya salah tingkah dengan pertanyaan maupun pernyataan yang blak-blakan dan mendesak.

Kemampuannya dalam menginvestigasi dan menggali opini para bintang tamu membuat Nana mampu menyajikan percakapan yang sedikit banyak menegangkan. Di balik citra seorang pembawa acara yang fenomenal tersebut, Nana menyimpan kisah perjalanan karier hingga posisinya kini sebagai founder Narasi TV.

Berikut kisah perjalanan karier Nana dan pesannya untuk para anak muda dikutip dari buku The Alpha Girl's Guide karya Henry Manampiring.

1. Sudah banyak berprestasi sejak duduk di bangku sekolah hingga sekarang

Perjalanan Najwa Shihab Meniti Karier dan Pesannya untuk PerempuanInstagram.com/najwashihab

Saat duduk di bangku SMA, Nana terpilih untuk mengikuti pertukaran pelajar ke AS. Sebelum bergabung dengan Metro TV, ia juga sempat berkarier di RCTI. Dengan sepak terjangnya di dunia jurnalistik, dan mendapat penghargaan karenanya.

Seperti Panasonic Awards, Young Global Leader 2011 dari World Economic Forum, dan berbagai nominasi penghargaan lainnya. Kini seperti yang kita ketahui, Nana juga aktif mengadakan road show Mata Najwa di berbagai kampus di Indonesia.

Yang terakhir, ia dinobatkan sebagai Duta Baca Indonesia periode 2016-2020. Artinya Nana mengemban tugas baru untuk mengajak anak muda gemar membaca.

2. Meskipun keluarga menentang, orangtua tetap mendukung Nana studi di AS

Perjalanan Najwa Shihab Meniti Karier dan Pesannya untuk PerempuanInstagram.com/najwashihab

Terlahir dari orangtua yang sangat memprioritaskan pendidikan, sejak kecil Nana selalu mengikuti berbagai kompetisi dan lomba. Ibunda pun aktif di sekolah dengan bergabung di Persatuan Oang Tua Murid dan Guru (POMG) agar selalu dekat dengan kegiatan belajar mengajar Nana.

Orangtua Nana tidak pernah berkompromi dengan masalah pendidikan. Ketika diterima program pertukaran pelajar ke AS selama setahun, keluarga besar begitu menentang karena merasa remaja perempuan sulit untuk tinggal di luar negeri sendirian.

Baca Juga: Inilah 5 Pesan Najwa Shihab untuk Menjadi Orang Luar Biasa!

3. Kakak perempuannya yang menjadi inspirasi selama ini

Perjalanan Najwa Shihab Meniti Karier dan Pesannya untuk PerempuanInstagram.com/najwashihab

Selama ini yang menjadi inspirasi bagi Nana untuk berkarier dan berprestasi ialah kakak perempuannya. Sang kakak kini menjalankan beberapa perusahaan seperti usaha penerbitan, sekolah, dan banyak lagi. Di saat yang sama, sang kakak juga berperan sebagai ibu dan istri.

Sejak kecil, Nana merasa sang kakak ialah sosok yang luar biasa dan memiliki banyak prestasi sehingga Nana ta mau ketinggal dan mengejar sang kakak.

4. Rahasia sukses dalam berkarier bagi perempuan muda

Perjalanan Najwa Shihab Meniti Karier dan Pesannya untuk PerempuanInstagram.com/najwashihab

Nana teringat dengan sebuah artikel yang pernah dibacanya. Artikel tersebut berisi tentang hasil penelitian yang dilakukan di AS, ketika pelajar perempuan diminta memprediksi hasil ujian yang mereka baru selesaikan. Hasilnya, mereka cenderung memprediksi lebih rendah dari nilai sebenarnya.

Saat negosiasi gaji, pekerja perempuan cenderung pasrah dan menyerahkan kepada perusahaan. Sebaliknya, para pekerja pria akan percaya diri menuntut gaji yang tinggi. Mengapa kita harus merasa bahwa kemampuan kita lebih rendah, atau kita tidak layak meminta gaji yang kita inginkan hanya karena kita seorang perempuan?

Nana berpendapat bahwa faktor inisiatif dari perempuan muda menjadi faktor yang penting dalam membangun karier. Sehingga untuk menjadi seorang profesional, kamu tidak boleh pasif dan berdiam diri di pojokan. Ketika mendapat tugas, jangan ragu mengajukan diri untuk tugas tersebut. Inilah yang membuat para profesional sukses.

Mereka tidak malu-malu dan sigap merebut kesempatan yang ada. Dan perempuan yang berhasil harus membantu perempuan lainnya untuk berhasil.

Baca Juga: 8 Kutipan Tegas Najwa Shihab yang Bikin Melek Millennial

jcnd Photo Community Writer jcnd

Terima kasih sudah membaca artikel saya. Instagram: @jcnd

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You