Comscore Tracker

5 Fakta Bunga Melati untuk Perawatan Kecantikan, Bisa Obati Jerawat!

#IDNTimesLife Banyak banget manfaatnya

Bunga melati merupakan salah satu jenis tumbuhan yang cukup populer di Indonesia. Flora ini dikenal memiliki wangi yang harum dan tampilan cantik sehingga cocok sebagai penghias taman.

Selain sebagai penghias, ternyata bunga melati juga memiliki manfaat untuk kecantikan lho! Berikut fakta bunga melati untuk perawatan kecantikan.

1. Melembapkan kulit

5 Fakta Bunga Melati untuk Perawatan Kecantikan, Bisa Obati Jerawat!Pexels.com/Jaspereology

Bunga melati dipercaya mampu melembapkan kulit. Hal ini karena bunga memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga kulit terlihat lebih lembap.

Oleh karena itu, bunga melati sangat cocok untuk membantu perawatan kulit kering atau iritasi. Bunga melati mampu membuka pori-pori kulit yang tertutup, kemudian melembapkannya agar lebih sehat.

2. Mencegah penuaan dini

5 Fakta Bunga Melati untuk Perawatan Kecantikan, Bisa Obati Jerawat!Pexels.com/Maya Anggraeni

Antioksidan juga dikenal sebagai kandungan yang ampuh mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, bunga melati pun dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen dan memperlambat munculnya garis halus pada kulit.

Untuk melakukan perawatan ini, kamu bisa mengoleskan beberapa tetes minyak bunga melati ke wajah dan leher setiap malam. Dijamin, wajahmu bakal tetap kencang dan bebas kerutan!

3. Menguatkan rambut

5 Fakta Bunga Melati untuk Perawatan Kecantikan, Bisa Obati Jerawat!pixabay/socialbutterflymmg-5413276

Apakah kamu memiliki masalah rambut rontok? Bunga melati bisa menjadi solusi masalahmu ini. Bunga melati dipercaya mampu menguatkan rambut agar tak mudah rontok.

Kamu bisa menciptakan racikan herbal dengan bahan dasar bunga melati. Oleskan racikan tersebut ke area kulit kepala setiap hari, maka rambutmu akan menjadi lebih kuat.

Baca Juga: Ini 5 Khasiat Minum Teh Melati secara Rutin bagi Tubuhmu

4. Mengobati jerawat

5 Fakta Bunga Melati untuk Perawatan Kecantikan, Bisa Obati Jerawat!freepik.com/wayhomestudio

Siapa yang punya masalah dengan jerawat? Ternyata, kamu bisa mengobatinya dengan bunga melati lho! Kamu cukup mengolahnya menjadi masker dan memakainya secara rutin.

Untuk membuat masker bunga melati, kamu hanya perlu membersihkan bunga, lalu tumbuk secara halus. Setelahnya, oleskan masker ke bagian yang berjerawat. Cukup mudah, kan?

5. Menghaluskan kulit

5 Fakta Bunga Melati untuk Perawatan Kecantikan, Bisa Obati Jerawat!pexels.com/Andrea

Bunga melati juga memiliki kandungan asam benzoat dan benzil benzoat yang merupakan antiseptik alami. Oleh karena itu, bunga melati mampu membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.

Apabila ada bagian kulitmu yang terasa gatal atau terluka, oleskan bunga melati untuk meredakannya. Langkah ini juga bisa mencegah infeksi lebih lanjut di kulit.

Demikian fakta bunga melati untuk kecantikan. Ternyata, bunga ini gak sekadar pengharum dan penghias taman aja kan?

Baca Juga: Termasuk Bunga Melati, 10 Aroma Ini Pertanda Ada Makhluk Halus Dekatmu

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya