Comscore Tracker

Selain Niacinamide, Ini 7 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk Kulit

Ternyata banyak lho

Buat para beauty lovers, kamu tentu gak asing dengan niacinamide atau vitamin B3 yang ampuh untuk memudarkan noda hitam di wajah. Ternyata selain niacinamide, terdapat jenis vitamin B lainnya yang juga ampuh untuk merawat kulit lho!

Dilansir dari press release Swissvita, merek skincare dari Taiwan, dermatolog dr. Ruri Pamela, SpKK menjelaskan bahwa vitamin B kompleks terbukti secara ilmiah ampuh mengatasi masalah kulit. Berikut pemaparannya!

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Selain Niacinamide, Ini 7 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk Kulitdok. Swissvita

Jenis vitamin B kompleks pertama adalah Vitamin B1 atau thiamin. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke sel tubuh, termasuk kulit. Hasilnya, sel kulit akan terus beregenerasi dan membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Selain Niacinamide, Ini 7 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk Kulitpexels.com/Andrea

Vitamin B2 atau Riboflavin merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Kekurangan vitamin B2 berhubungan dengan meradangnya jerawat.

Selain itu, vitamin B2 memiliki peran dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang membuat kulit tetap lembut. Vitamin ini bisa mencegah eksim dan dermatitis.

3. Vitamin B3 (Niacinamide)

Selain Niacinamide, Ini 7 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk KulitIDN Times/Anjani Eka Lestari

Vitamin B3 atau niacinamide adalah yang paling populer di antara vitamin B lainnya. Vitamin ini memperbaiki lapisan teratas kulit, yakni lapisan epidermis dalam menahan kelembapan. 

Vitamin B3 terkenal sebagai zat aktif untuk menghilangkan noda hitam di wajah. Selain itu, Dr. Ruri juga menjelaskan bahwa vitamin B3 mampu meningkatkan produksi kolagen untuk membuat semakin kenyal.

4. Vitamin B5 (Pantothenic acid)

Selain Niacinamide, Ini 7 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk KulitIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Apakah kulitmu berjerawat? Maka, kamu bisa mencoba perawatan kulit dengan kandungan vitamin B5 atau pantothenic acid. Asam pantothenat terbukti mampu mengurangi pembentukan minyak dan mengurangi pembentukan jerawat.

Selain itu, asam pantothenat memiliki efek melembapkan yang penting dalam memelihara barrier kulit. Dengan demikian, kulit terasa lebih kenyal, sehat, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Selain Niacinamide, Ini 7 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk Kulitpexels.com/Andrea

Selanjutnya adalah vitamin B6 atau pyridoxine. Vitamin ini membantu pembentukan asam amino yang penting untuk memelihara barrier kesehatan kulit. 

Namun, menurut dr. Ruri, vitamin B6 juga bisa menyebapkan kulit mengalami peradangan. Alhasil, pemilik kulit sensitif tidak disarankan menggunakan bahan aktif ini.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Butuh Skincare Berbahan Niacinamide

6. Vitamin B9 (Folic Acid)

Selain Niacinamide, Ini 7 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk Kulitunsplash.com/Park Street

Vitamin B9 atau folic acid  cocok untuk kamu yang ingin terhindar dari penuaan dini. Vitamin ini mengandung antioksidan yang terbukti mampu mencegah akumulasi radikal bebas.

Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang bisa menyebabkan kerusakan pada DNA kulit, sehingga menyebabkan sel-sel baru kita tumbuh dengan tidak tepat. Hal inilah yang akhirnya berdampak pada penuaan dini.  

7. Vitamin B12 (Cobalamin)

Selain Niacinamide, Ini 7 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya untuk KulitIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Vitamin B12 atau cobalamin sering kali digunakan oleh mereka yang kekurangan darah (anemia). Pasalnya vitamin ini befungsi untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Dalam dunia perawatan kulit, vitamin ini cocok untuk pemilik kulit sensitif. Vitamin B12 mampu mencegah kemerahan atau peradangan pada kulit melalui mekanisme menghambat pembentukan radikal bebas. 

Kalau kamu ingin memasukkan vitamin B kompleks dalam rangkaian perawatan wajah, ada tips penting yang perlu kamu perhatikan. Hindari penggunaan skincare berbahan vitamin B kompleks secara bersamaan dengan kandungan AHA, BHA, retinol atau vitamin C. Pemakaian bersamaan dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, serta mengurangi efektivitas dari vitamin B kompleks itu sendiri. 

Sebagai tips, dr.Ruri menyarankan pengaplikasian skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada pagi hari. Lalu, skincare dengan kandungan AHA, BHA, retinol, dan vitamin C bisa dipakai di malam hari

Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin B12 bagi Tubuh, Mencegah Anemia hingga Osteoporosis

Topic:

  • Klara Livia
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya