Comscore Tracker

5 Efek Samping Masker Spirulina, Masker Hijau yang Lagi Hype

Jangan asal oles ke muka ya, ladies!

Akhir-akhir ini, masker spirulina kerap menjadi trendsetter di kalangan wanita. Masker ini dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik untuk kulit wajah. Mulai dari mencerahkan, melembapkan, mengatasi penuaan dan jerawat juga! Manfaat inilah yang membuat sebagian wanita beralih dari masker biasa ke masker spirulina.

Padahal di balik manfaat yang sudah disebutkan, masker spirulina juga memiliki efek samping yang patut diwaspadai oleh para wanita. Apa saja? Yuk, bahas satu per satu.

1. Dapat memperparah wajah yang berjerawat

5 Efek Samping Masker Spirulina, Masker Hijau yang Lagi Hypeneutrogena.com

Masker spirulina memang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Tapi sebelum jerawat ini hilang, produksi jerawat pada kulit wajah akan bertambah sehingga kulit wajah menjadi kurang enak dilihat. Hal ini terjadi karena masker spirulina akan bekerja untuk mendetoks racun-racun yang ada pada wajah, tapi dalam bentuk jerawat.  

Nah, buat kamu yang kulitnya lagi berjerawat sebaiknya berhati-hati bila ingin menggunakan masker spirulina ini. Awas wajahmu makin berjerawat, lho!

2. Terjadinya alergi pada ibu hamil

5 Efek Samping Masker Spirulina, Masker Hijau yang Lagi Hypespirugrow.com

Sebenarnya sah-sah saja bila ibu hamil ingin memakai masker spirulina, tapi harus dalam anjuran dokter ya! Penggunaan yang tidak tepat dapat memicu terjadinya alergi karena masker spirulina mengandung vitamin, protein, dan mineral tinggi yang sudah terkonsentrasi. Apalagi buat ibu hamil yang sebelumnya pernah mengidap gagal ginjal dan memiliki alergi terhadap yodium.

3. Gatal-gatal pada kulit

5 Efek Samping Masker Spirulina, Masker Hijau yang Lagi Hypehealth.com

Pemakaian masker spirulina untuk pertama kalinya dapat memicu rasa gatal pada kulit wajah. Hal ini disebabkan karena wajah sedang beradaptasi dengan bahan-bahan yang terkandung pada masker spirulina.

Apabila efek gatal yang dirasakan sudah berlebihan, coba cek produk masker yang digunakan. Sebab saat ini masker spirulina palsu sudah banyak beredar di pasaran. Harus hati-hati, ya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Masker Wajah Lokal, Harganya Nyaman di Kantong!

4. Memicu mual

5 Efek Samping Masker Spirulina, Masker Hijau yang Lagi Hypekaleandcaramel.com

Berbeda dari masker pada umumnya, masker spirulina memiliki aroma yang khas dan menusuk ke hidung. Bagi yang tidak terbiasa mencium bau-bau seperti ini mungkin akan merasa mual saat mencoba masker spirulina untuk pertama kalinya.

5. Permasalahan pada kulit wajah

5 Efek Samping Masker Spirulina, Masker Hijau yang Lagi Hypeunsplash.com/Ayo Ogunseinde

Bagi yang tertarik menggunakan masker spirulina, sebaiknya perhatikan intensitas penggunaan masker. Jangan sampai terlalu sering dipakai karena dapat menimbulkan berbagai permasalahan bagi kulit wajah. Misalnya saja iritasi, kulit kering, dan kusam. So, gunakan dalam batasan yang wajar yaitu 1-2 kali per minggu.

Tertarik menggunakan masker spirulina dalam waktu dekat? Well, ketahui kondisi wajahmu terlebih dahulu dan perhatikan tata cara penggunaan masker ya! Jangan sampai salah untuk menghindari efek sampingnya.

Baca Juga: 5 Racikan Masker Alami Buat Cowok, Bikinnya Praktis!

Louisa Gabe Photo Verified Writer Louisa Gabe

Just a regular girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya