Comscore Tracker

Wajib Tahu, Begini Cara Memilih Sunblock yang Pas Sesuai Jenis Kulitmu

Jangan salah lagi ya, girls!

Ketika beraktivitas di luar ruangan, memakai sunblock adalah sesuatu yang wajib kamu lakukan. Karena terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari, dapat memberi efek yang buruk bagi kulit. Seperti munculnya flek hitam, kulit terbakar, hingga dapat menyebabkan kanker kulit.

Karena kulit setiap orang berbeda-beda jenisnya, maka kamu perlu hati-hati memilih sunblock yang pas sesuai dengan jenis kulitmu.

1. Kulit normal

Wajib Tahu, Begini Cara Memilih Sunblock yang Pas Sesuai Jenis KulitmuPixabay.com/melancholiaphotography

Memilih sunblock untuk jenis kulit normal bisa dibilang cukup mudah. Para pemilik kulit normal bisa memilih sunblock dengan bentuk lotion, karena dapat memberikan kulit kelembaban yang pas. Tidak terlalu kering, namun juga tidak terlalu berminyak. Tapi pastikan sunblock tersebut mengandung SPF 15 atau lebih.

2. Kulit berminyak

Wajib Tahu, Begini Cara Memilih Sunblock yang Pas Sesuai Jenis KulitmuPexels.com/Izzuan Joelati

Pemilik kulit berminyak biasanya mengalami masalah di daerah T pada wajahnya, yakni hidung, pipi, dahi. Daerah ini biasanya mengalami kelebihan minyak ketika kepanasan. Sunblock yang tepat untuk kulit berminyak adalah sunblock berbahan dasar air, karena memiliki efek menenangkan kulit sehingga tidak membuatnya semakin berminyak.

Baca Juga: 5 Manfaat Sunblock bagi Kesehatan Kulit, Jangan Disepelekan Ya!

3. Kulit kering

Wajib Tahu, Begini Cara Memilih Sunblock yang Pas Sesuai Jenis KulitmuPexels.com/Alexandre Mattos

Kulit yang kering memiliki kadar minyak sangat sedikit, dan mudah sekali kehilangan kelembaban kulit. Oleh karena itu para pemilik kulit kering disarankan untuk memilih sunblock berbentuk krim, dan mengandung pelembab. Krim yang pekat pada sunblock, bisa melindungi kulit kering dari kerusakan.

4. Kulit sensitif

Wajib Tahu, Begini Cara Memilih Sunblock yang Pas Sesuai Jenis KulitmuPixabay.com/Pexels

Memilih sunblock untuk jenis kulit sensitif, bisa dibilang susah susah gampang. Karena kalau salah pilih, malah bisa menyebabkan alergi. Pemilik kulit sensitif bisa memilih pelembab berjenis lotion, gel, atau krim. Yang penting sunblock itu mengandung zinc oxide, karena bahan ini tidak menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit yang sensitif.

5. Kulit bermasalah

Wajib Tahu, Begini Cara Memilih Sunblock yang Pas Sesuai Jenis KulitmuPexels.com/Alexander Stemplewski

Untuk para pemilik kulit bermasalah, seperti penderita lupus misalnya. Sebaiknya memilih sunblock yang ringan, yang biasanya dipakai oleh anak-anak karena tidak mengandung banyak bahan kimia. Sedangkan untuk para pemilik kulit berjerawat, hindari memakai sunblock berbentuk krim. Lebih baik memakai sunblock berbahan dasar air, atau berbentuk gel.

Itulah beberapa tips memilih sunblock yang tepat sesuai jenis kulit. Harus diingat, sunblock yang baik adalah yang dapat menangkal UV A dan UV B. Pada umumnya sunblock dengan SPF 15 sudah cukup baik, namun untuk para pemilik kulit bermasalah lebih baik memilih sunblock dengan SPF 30 atau lebih.

Baca Juga: Ini 7 Kesalahan yang Sering dilakukan Ketika Memakai Sunblock

Ayana Photo Verified Writer Ayana

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You