Comscore Tracker

Mudah Berjerawat, Ini 5 Penyebab Skin Barrier Kamu Rusak

Jaga skin barrier-mu, Girls

Kulit merupakan bagian terluar kulit yang berhadapan langsung dengan lingkungan. So, kamu perlu banget memberikan perhatian ekstra, terlebih untuk kulit wajah. Kalau skin barrier kamu rusak, berbagai masalah kulit akan cepat datang. Hal tersebut dikarenakan perlindungan terluar kulit sudah lemah. Namun tenang saja, skin barrier bisa dikembalikan, kok.

Biar skin barrier-mu terjaga, hindari lima hal di bawah ini ya yang jadi pemicu kerusakannya.

1. Mencuci wajah terlalu sering

Mudah Berjerawat, Ini 5 Penyebab Skin Barrier Kamu Rusakyoubeauty.com

Sebel karena wajah berminyak lalu mencucinya? Eits, padahal minyak pada wajah bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap seimbang. Mencuci wajah sehari maksimal dua kali saja, pada saat bangun tidur dan sebelum tidur. Bahkan ada yang menyarankan untuk mencuci wajah sehari sekali saja pada malam hari dan hanya membasuh dengan air saat pagi hari. Semuanya tergantung kondisi kulitmu, ya.

Terlalu sering mencuci wajah justru akan mengirimkan sinyal ke kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak lho. Kontak tangan dan wajah yang terlalu sering juga bisa mengakibatkan skin barrier bisa rusak.

2. Sering terpapar cuaca panas

Mudah Berjerawat, Ini 5 Penyebab Skin Barrier Kamu Rusakunsplash.com/Marie-Sophie Tékian

Pernah iri dengan kulit orang yang di negara empat musim? Memang cuaca di negara empat musim akan lebih sedikit terkena cuaca panas. Berbeda dengan kita yang tinggal di negara tropis, secara fisik pori-pori kulit akan tampak lebih besar. Gunakan shooting gel untuk menenangkan kulitmu saat berada di cuaca yang ekstrem panasnya. Cuaca panas bisa menyebabkan kulitmu berontak dan memicu kerusakan skin barrier.

Baca Juga: 5 Produk Kecantikan Ini Bagus untuk Merawat Skin Barrier, Wajib Coba!

3. Terkena polusi dan sinar matahari

Mudah Berjerawat, Ini 5 Penyebab Skin Barrier Kamu Rusakunsplash.com/Kouji Tsuru

Polusi di jalan dan sinar matahari adalah dua hal jahat untuk kulitmu. Untuk mengatasinya kamu perlu rajin-rajin menggunakan sunscreen dan mengaplikasikannya kembali guna melindungi dari dampak buruk sinar matahari. Ingat, penggunaan sunscreen bukan hanya untuk mencegah kulitmu jadi gelap ya. Polusi juga menjadikan kulitmu cepat menua dan mengikis pertahanan kulit. Kamu bisa menggunakan masker yang dikhususkan untuk detoks.

4. Mencuci wajah dengan air panas

Mudah Berjerawat, Ini 5 Penyebab Skin Barrier Kamu Rusakunsplash.com/ricke 76

Yang satu ini wajib kamu hidari ya. Selain kulit wajahmu membenci suhu yang panas, mencuci wajah dengan air panas akan menghilangkan kelembapan alaminya. Suhu yang terlalu ekstrem dari air pencuci wajah akan membuat kulit 'menjerit'. Jaga selalu kulit wajahmu agar tetap pada suhu normal ya.

5. Sering mengeksfoliasi kulit

Mudah Berjerawat, Ini 5 Penyebab Skin Barrier Kamu Rusakneutrogena-me.com

Semakin tua umur kulit, semakin lambat pula regenerasinya. Untuk itu eksfoliasi kulit diperlukan untuk membantu regenerasi kulit lebih maksimal. Namun, jika kamu terlalu sering melakukannya, lapisan terluar kulit justru akan terkikis dan memudahkan berbagai iritan hinggap di kulit. Ikuti anjuran yang ada di label kemasan perawatan kulitmu atau konsultasikan ke ahlinya.

Jika skin barrier-mu kuat, kulitmu akan jarang dihinggapi masalah. Tapi bukan berarti bebas masalah ya! Bisa jadi kamu sedang stres, makanan, atau pengaruh hormon, akan menyebabkan masalah pada kulitmu.

Baca Juga: Jangan Diusap, Ini 5 Manfaat Menggunakan Skin Care dengan Cara Ditepuk

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya