Comscore Tracker

Skincare 101: 5 Cara Kulit Tetap Lembap dan Sehat Selama Puasa

Karena kamu gak bisa minum setiap saat

Selama puasa, jadwal makanmu gak bisa sembarangan. Kamu hanya diperbolehkan manak dan minum di waktu tertentu. Akibatnya, kulit kamu menjadi lebih kering dari biasanya. Terlebih jika sekarang kamu berada di rumah dan ruangan yang ber-AC, kulitmu perlu nutrisi lebih.

Bagaimana menyiasati agar kulit tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya? Coba lima cara di bawah ini agar kulit senantiasa lembap.

1. Cukupkan minum air

Skincare 101: 5 Cara Kulit Tetap Lembap dan Sehat Selama Puasaunsplash.com/Dylan Alcock

Setelah berbuka, kamu bisa meningkatkan konsumsi air putih agar memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Bisa masing-masing segelas sebelum dan sesudah bersantap, dan setiap satu jam sebelum menjelang tidur. Saat sahur kamu juga bisa mengonsumsi air putih 2 hingga 4 gelas. Tipsnya, kamu bisa minum sedikit demi sedikit daripada langsung meminum dalam jumlah banyak. Hal ini bakal bikin kamu sering buang air dan mengurangi cairan tubuh saat puasa.

2. Kurangi konsumsi gula

Skincare 101: 5 Cara Kulit Tetap Lembap dan Sehat Selama Puasaunsplash.com/Allison Shaw

Gula bisa membuat tubuhmu kehausan. Jika memungkinkan batasi atau tidak sama sekali konsumsi gula pasir. Kamu bisa menggantinya dengan madu atau alternatif pemanis lainnya yang lebih menyehatkan. Bisa juga dengan mengonsumsi yang manis-manis dari kurma atau buah-buahan lainnya. Tetap utamakan buat mengonsumsi air putih.

3. Gunakan hydrating toner pada wajah

Skincare 101: 5 Cara Kulit Tetap Lembap dan Sehat Selama Puasahudabeauty.com

Gak bisa minum air setiap saat bisa berpengaruh pada wajah. Bisa aja bikin wajahmu kering dan malah gatal. Solusinya gunakan toner yang berfungsi untuk meningkatkan kadar air dalam kulit wajah. Kulit jadi lebih sehat dan ternutrisi dengan baik. Contoh toner yang menghidrasi kulit adalah dengan kandungan air mawar di dalamnya. Kandungannya akan melembapkan, menenangkan, mengurangi iritasi, dan kemerahan pada kulit.

Baca Juga: Skincare 101: Jerawat atau Eksim, Gimana Cara Membedakannya?

4. Pakai sabun mandi yang melembapkan

Skincare 101: 5 Cara Kulit Tetap Lembap dan Sehat Selama Puasaunsplash.com/The Honest Company

Kulit tubuh juga ikutan kering, nih. Apalagi bagian kaki dan tangan yang terbuka dan terpapar udara. Solusinya adalah mandi dengan sabun yang memiliki kandungan moisturiser yang tinggi. Misalnya susu atau argan oil dipercaya dapat melembapkan kulit kering dan menjaganya agar tetap halus. Hindari menggunakan sabun yang bikin kulitmu terasa kaku setelah memakainya.

5. Oleskan lotion yang mengandung minyak

Skincare 101: 5 Cara Kulit Tetap Lembap dan Sehat Selama Puasaunsplash.com/deanna alys

Untuk merawat kulit tubuh, selain dengan sabun juga wajib pakai lotion. Fungsinya untuk mengunci kelembapan yang telah didapat sebelumnya. Sebagai pilihan, aplikasikan lotion yang mengandung jojoba oil atau wild argan oil. Kandungan minyaknya akan membuat kulit lebih lembap daripada kandungan lainnya. Umumnya lotion dengan kandungan minyak memiliki tekstur yang lebih kental.

Meskipun Ramadan dan di rumah aja, kamu wajib menjaga kesehatan kulit kamu. Jika kulit kering, biasanya akan menimbulkan masalah lain yang lebih parah, misalnya saja dermatitis. Duh, jangan sampai ya!

Baca Juga: Skincare 101: Ini 5 Rekomendasi Micellar Water Untuk Kulit Sensitif

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya