5 Urutan Night Skincare Routine Remaja, Coba Terapkan Sekarang!

Mudah dan murah

Melalukan perawatan kulit bisa dibagi menjadi dua waktu, yakni pagi dan malam hari. Meski tak jauh berbeda, namun urutan yang dilakukan tetap tidaklah sama. Maka dari itu, penting bagi kamu mengetahui urutan night skincare routine agar tercipta hasil yang maksimal.

Khususnya untuk remaja, gak perlu ragu memulai perawatan kulit di malam hari, sebab memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan kulit wajahmu. Simak di bawah ini urutan night skincare routine yang bisa kamu ketahui.

1. Mencuci muka

5 Urutan Night Skincare Routine Remaja, Coba Terapkan Sekarang!ilustrasi perempuan sedang mencuci muka (pexels.com/Miriam Alonso)

Sama seperti tahapan morning skincare, saat perawatan kulit di malam hari pun harus diawali dengan membersihkan muka menggunakan sabun pencuci muka andalanmu. Mengingat sepanjang hari kamu sibuk beraktivitas, maka tentu saja kondisi wajah di malam hari akan penuh dengan kotoran dan minyak. 

"Alih-alih mengelupaskan kulit, membersihkan wajah bisa menghilangkan kotoran tanpa merusak lapisan. Untuk kulit berminyak, akan mengurangi produksi minyak dan mencegahnya timbul lebih banyak," jelas Alexandra Accardo, seorang ahli kecantikan dan pendiri Alexandra Accardo Studio, dikutip Byrdie.

2. Eksfoliasi

5 Urutan Night Skincare Routine Remaja, Coba Terapkan Sekarang!ilustrasi perempuan sedang memakai skincare (pexels.com/cottonbro)

Tahap selanjutnya yang bisa dilakukan adalah eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Ini merupakan langkah penting yang perlu diaplikasikan dalam rutinitas perawatan wajahmu di malam hari.

Dilansir Beautymone, sang penulis di laman tersebut, yakni Simone De Vlaming, menyarakankan agar melakukan eksfoliasi untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Tak hanya itu saja, langkah satu ini pun berguna meningkatkan pergantian sel.

3. Memakai serum

5 Urutan Night Skincare Routine Remaja, Coba Terapkan Sekarang!ilustrasi perempuan sedang memakai skincare (pexels.com/Andrea Piacquadio)
dm-player

Seperti perawatan di pagi hari, kamu juga perlu memakai serum kembali di malam hari. Adapun, pemakaian serum dilakukan untuk mengatasi masalah kulit yang menganggu dan bisa bermanfaat baik.

Simone menjelaskan, bahwa permasalahan kulit yang bisa diredakan dengan serum ialah jerawat dan hiperpigmentasi. Selain itu, pada produk serum biasanya memiliki kandungan aktif konsentrasi tinggi yang berfungsi sebagai alat menutrisi kulit ketika kamu tertidur lelap.

Baca Juga: 5 Eye Skincare Buatan Lokal, Ada Retinol Cream hingga Serum Mascara 

4. Memakai pelembap

5 Urutan Night Skincare Routine Remaja, Coba Terapkan Sekarang!ilustrasi perempuan sedang memakai skincare (pexels.com/cottonbro)

Pelembap sejatinya selalu menjadi urutan terakhir dalam setiap perawatan kulit, baik pagi hari dan malam hari. Pemakaian pelembap dilakukan dengan kondisi yang berbeda. Namun yang pasti, sesuaikan pemakaiannya dengan kondisi kulitmu.

"Krim pelembap anti penuaan membantu melawan tanda penuan, seperti garis halus, kerutan, dan bintik-bintik akibat sinar matahari. Sifatnya menghidrasi dan mengandung bahan-bahan yang menghaluskan serta mencerahkan kulit," jelas Accardo dikutip laman Byrdie.

5. Memakai krim mata

5 Urutan Night Skincare Routine Remaja, Coba Terapkan Sekarang!ilustrasi perempuan sedang memakai skincare (pexels.com/Miriam Alonso)

Urutan perawatan di malam hari bagi remaja yang penting lainnya adalah memakai krim mata. Tidak hanya berfokus pada kulit wajah dan segala permasalahannya, kamu juga harus memerhatikan area mata agar tetap tampil segar nan memesona.

Penggunaan krim mata sendiri bisa diaplikasikan pada area bawah kelopak mata untuk menghindari kantung mata. Dengan begitu, krim mata akan melembapkan sekaligus menutrisi area tersebut ketika kamu tidur.

Demikian penjelasan urutan memakai night skincare routine untuk para remaja. Langkahnya sangat mudah dan bisa disesuaikan untuk para pemula, bukan?

Baca Juga: 5 Tanda untuk Tahu Kapan Harus Mengganti Produk Skincare

Mitha Aullia Photo Verified Writer Mitha Aullia

Mengisi kesibukan dengan tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya